x

suasana eazy passport di sma pradita dirgantara

Iklan

Indra Kusuma Atmaja

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2023

Rabu, 2 Agustus 2023 09:28 WIB

Imigrasi Baubau Goes To School, Berikan Sosialisasi dan Layanan Eazy Passport

Kali ini kegiatan dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelayanan Eazy Passport di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Baubau selama satu hari.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau kini menggelar kegiatan Goes To School. Kali ini kegiatan dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelayanan Eazy Passport ke Sekolah. Sosialisasi tersebut dilaksanakan ke Sekolah Menengah Atas Negeri 2 yang ada di Kota Baubau dan dilakukan selama 1 hari pada hari Selasa, 01 Agustus 2023.

Dalam kunjungan ini, Kantor Imigrasi Baubau dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi, Teguh Santoso, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Lingga Permana, dan Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Indra Kusuma.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta didik terkait kemigirasian, pendidikan TPPO dan layanan paspor serta sekolah kedinasan Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Pendidikan mengenai Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Non Prosedural merupakan tema utama yang diangkat dalam Imigrasi Goes To School. 

Pada kesempatan tersebut, Indra menjelaskan banyak modus yang dipakai oleh pelaku TPPO, seperti magang, duta budaya, iming-iming gaji besar dan lain sebagainya. "Teman-teman jangan mudah tergiur dengan iming-iming gaji besar bekerja di luar negeri," ucapnya.

Kemudian Indra menjelaskan persyaratan permohonan paspor bagi PMI maupun untuk keperluan magang di luar negeri. "Saya harap kepada adik-adik di SMAN 2 yang ingin bekerja di luar negeri agar mengikuti prosedur yang telah ditetapkan pemerintah dan jangan mau data-datanya dipalsukan," pesannya.   

Peran Imigrasi tentunya sangat vital dalam pencegahan TPPO. Oleh karenanya, dengan adanya Imigrasi Goes To School, diharapkan masyarakat, khususnya para siswa dapat semakin waspada akan adanya TPPO di sekitarnya. Selain itu dengan adanya Imigrasi Goes To School juga diharapkan para siswa lebih mengetahui tentang apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan bekerja di luar negeri sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Selain itu,  sosialisasi ini juga mengenai pengetahuan mengenai Sekolah Kedinasan Keimigrasian yang berada di bawah naungan kemenkumham melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia. Hal ini selain memberikan pengetahuan Keimigrasian yang cukup tetapi juga mempersiapkan para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas, khususnya siswa-siswi kelas 12 sedini mungkin untuk mengikuti seleksi Sekolah Kedinasan Keimigrasian.

“Seleksi Sekolah Kedinasan seperti Poltekim ini tentu harus melalui beberapa tahap, seperti yang sudah dijelaskan, dan akan menimbulkan persaingan yang ketat”, jelas Teguh saat menjadi moderator dalam kegiatan tersebut. “Oleh karenanya, kami dari pihak sekolah sangat berharap agar pihak keimigrasian semakin sering mengadakan kegiatan sosialisasi seperti ini dan bukan hanya ditujukan ke pada siswa-siswi kelas 12 saja tetapi juga kepada yang kelas 10 dan 11, sehingga persiapan anak-anak sangat matang, baik itu dari segi pengetahuan keimigrasiannya dan juga persiapan mengikuti tes masuk Poltekim”, ujar Wakasek Kesiswaan Amrin Diyni

Kegiatan selanjutnya dilaksanakannya pelayanan eazy passport yang dipimpin oleh Pak Lingga selaku Kasi Lantaskim. Dalam kegiatan Layanan Eazy Passort ini melayani  pembuatan paspor baru ataupun penggantian secara kolektif kali ini diberikan kepada 14 pemohon paspor yang merupakan para guru pengajar serta keluarga guru dari sekolah tersebut. Adapun dari 14 permohonan tersebut terdiri atas 6 permohonan baru dan 8 permohonan pergantian.

“Antusias para guru dan keluarganya dalam pembuatan paspor hari ini cukup besar, ya karena selain memudahkan mereka juga mereka menyambut baik mengenai masa berlaku paspor yang kini sudah lebih panjang masa berlakunya yakni 10 tahun,” ungkap Lingga.

Diakhir kegiatan Lingga menambahkan, tentunya dalam rangka menyambut Hari Kemenkumham RI ke-78 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau akan lebih melakukan pelayanan langsung yang dapat dirasakan oleh Masyarakat khususnya di Kota Baubau.

Ikuti tulisan menarik Indra Kusuma Atmaja lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu