x

Iklan

Ulfa Dewiyanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2024

Selasa, 30 April 2024 09:05 WIB

Mahasiswa UMM Memberi Edukasi Budidaya Tanaman Kangkung pada Siswa SDN 02 Tunggulwulung, Kota Malang

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa PMM memberikan edukasi terkait budidaya tanaman yaitu kangkong hidroponik dan mensosialisasikan berbagai manfaatnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).  Suatu proses pembelajaran bagi mahasiswa yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian. Dalam pengabdian ini mahasiswa diberikan pengalaman belajar untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus.

Mahasiswa secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara. Tujuannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan masyarakat yang sebenar-benarnya.

Tujuan dari pelaksanaan PMM ini ialah untuk menjalankan konsep Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). Gerakan ini dilakukan dengan dasar lingkungan sekolah dimana hal ini ialah suatu kegiatan untuk meningkatkan mutu sekolah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tim PMM UMM Bhaktiku Negeri gelombang 3 kelompok 40 yang beranggotakan M. Andika Alfitra, Lailatul Amalia, Ulfa Dewiyanti, Muna Nahda A, Difhahari S didampingi oleh dosen pembimbing lapang (DPL) Cholidah, S.H., M.H telah berhasil melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung pada 19 Januari -- 19 Februari 2024 di SDN 02 Tunggulwulung, Kota Malang.

Mengusung tema Peran Edukasi Pengaruh Buruk Lingkungan Dalam Meningkatkan Wawasan Siswa Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan, kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi kelas 5 SDN 2 Tunggulwulung.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa PMM memberikan edukasi terkait budidaya tanaman yaitu kangkong hidroponik. Kepada siswa-siswi diterangkan berbagai manfaatnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan menjaga kesehatan mata.

Wujud dari Edukasi tersebut mahasiswa PMM realisasikan dengan mengajak siswa/I kelas 5 untuk Menanam kangkung hidroponik  dengan peralatan murah dan sederhana seperti memanfaatkan botol minuman bekas , karena Langkah menanam yang  mahasiswa PMM berikan  sangat mudah dilakukan secara mandiri.

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan siswa siswi, sehingga wawasan yang mereka dapatkan juga dapat di bagikan kepada lingkungan sekitarnya.

Ikuti tulisan menarik Ulfa Dewiyanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler