x

Pecihitam.org

Iklan

Bening Larasati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juni 2023

Kamis, 17 Agustus 2023 19:35 WIB

Kita dipanggil untuk Kemerdekaan, Dempoers!

SMA Dempo merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia dengan pesan membawa para siswa untuk mengabdi pada sesama dalam cinta kasih

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kita sering bertanya-tanya mengenai arti kemerdekaan yang sesungguhnya. Sekitar 78 tahun yang lalu, tepatnya pada 17 Agustus 1945, para pahlawan telah mengusir penjajah dari kemerdekaan. Dengan pertumpahan darah yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, kita akhirnya bisa mendapatkan hasil dari suatu kemerdekaan Indonesia di tahun 2023 ini. Lantas, apakah arti dari semua itu? Apakah kita sesungguhnya dipanggil untuk kemerdekaan?

Kamis, 17 Agustus 2023 adalah tonggak kemerdekaan yang telah dirayakan di SMA Katolik Santo Albertus (Dempo), Malang. Dengan upacara, para siswa mengenang seluruh jasa pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia. Dengan pasukan pengibaran bendera (Paskibra), para siswa memberikan rasa hormat kepada bendera merah putih. Dengan nyanyian lagu “17 Agustus” dan “Api Kemerdekaan” oleh Dempo Choir (Paduan suara SMA Dempo), para siswa diharapkan bisa memberikan semangat api menyala kepada para siswa di hari kemerdekaan ini.

Bruder Antonius Sumardi. O,Carm, Kepala SMA Dempo, memberi pesan mengenai panggilan kita untuk kemerdekaan. “Kita dipanggil untuk kemerdekaan! Abdilah kepada sesama dalam cinta kasih,” ucap Bruder yang kerap disapa Bruder Mardi dalam amanat upacara. SMA Dempo ingin memberi pesan kepada para siswa bahwa kita sepatutnya menjaga toleransi kepada sesama lewat cinta kasih. Meski dalam perkembangan jaman manusia telah dipenuhi dengan rasa intoleransi dan memilih untuk mementingkan diri sendiri, tetapi semangat kemerdekaan dalam cinta kasih membawa kita pada kebersamaan. Selamat merayakan hari ulang tahun Negara Republik Indonesia ke-78. MERDEKA! VIVA DEMPO!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Ikuti tulisan menarik Bening Larasati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu