x

Ilustrasi (Freepik)

Iklan

Tirta Pakuan Bogor

Tirtapakuan
Bergabung Sejak: 11 Agustus 2023

Senin, 21 Agustus 2023 11:45 WIB

Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Setiap Hari?

Setiap orang memiliki kebutuhan air berbeda-beda setiap harinya, yang bisa dipengaruhi banyak faktor, termasuk kesehatan, aktivitas fisik, dan di mana mereka tinggal.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anda mungkin sering mendengar saran untuk minum air delapan gelas sehari. Ini adalah standar normal, tapi sebenarnya setiap orang memiliki kebutuhan air berbeda-beda, yang bisa dipengaruhi banyak faktor, termasuk kesehatan, aktivitas fisik, dan di mana mereka tinggal. Jadi, minum delapan gelas sehari mungkin sudah cukup bagi sebagian orang, tapi ada juga yang mungkin membutuhkan lebih banyak dari itu.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Cairan

Berbagai faktor dapat menambah atau mengurangi jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik, termasuk:

Jenis kelamin: Laki-laki dan perempuan memiliki kebutuhan air yang berbeda. Laki-laki umumnya membutuhkan lebih banyak cairan untuk mendukung peningkatan massa tubuh mereka, dan pembakaran kalori setiap hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berat badan: Kebutuhan hidrasi dipengaruhi oleh luas permukaan tubuh, tingkat metabolisme, dan berat badan. Itulah sebabnya saat berat badan bertambah, kebutuhan cairan juga meningkat.

Aktifitas fisik: Jika Anda melakukan aktivitas apapun yang membuat Anda berkeringat, Anda perlu minum lebih banyak air untuk menutupi kehilangan cairan.

Lingkungan: Cuaca panas atau lembab bisa membuat Anda berkeringat dan membutuhkan cairan tambahan. Dehidrasi juga bisa terjadi di dataran tinggi.

Kesehatan secara keseluruhan: Tubuh Anda kehilangan cairan saat Anda demam, muntah, atau diare. Kondisi lain yang mungkin memerlukan peningkatan asupan cairan termasuk infeksi kandung kemih dan batu saluran kemih.

Kehamilan dan menyusui: Jika Anda sedang hamil atau menyusui, Anda mungkin memerlukan cairan tambahan agar tetap terhidrasi.

Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan Dalam Sehari?

Air membuat setiap sistem dalam tubuh berfungsi dengan baik. Tapi, setiap hari kita kehilangan air melalui napas, keringat, urin, dan buang air besar. Oleh karena itu, Anda harus mengisi kembali persediaan airnya dengan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air.

Jadi, berapa banyak cairan yang dibutuhkan rata-rata orang dewasa sehat? US National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menetapkan bahwa asupan cairan harian yang cukup adalah:

  • Sekitar 15,5 gelas (3,7 liter) cairan sehari untuk pria
  • Sekitar 11,5 gelas (2,7 liter) cairan sehari untuk wanita

Perlu dicatat bahwa tidak semua cairan itu harus air, tapi bisa juga dari minuman lain dan makanan, seperti teh, kopi dan air kelapa, buah semangka, dll. Sekitar 20% asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman.

Cara Mengetahui Apakah Anda Sudah Cukup Terhidrasi

Jika Anda tidak minum cukup air setiap hari, Anda berisiko mengalami dehidrasi. Tanda-tanda peringatan dehidrasi termasuk urine berwarna kuning tua, lemas, tekanan darah rendah, pusing , atau kebingungan.

Sebaliknya, tanda bahwa Anda sudah cukup minum air dan terhidrasi adalah Anda jarang merasa haus, dan urin Anda bening atau berwarna kuning muda.

Jika kebutuhan air Anda sudah terpenuhi, sebaiknya jangan minum terlalu banyak air, karena itu juga tidak baik untuk kesehatan.

Ketika Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda tidak dapat membuang kelebihan air. Kandungan natrium darah Anda menjadi encer. Ini disebut hiponatremia dan bisa mengancam jiwa.

Ikuti tulisan menarik Tirta Pakuan Bogor lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler