x

Ramainya metro indah mall bandung

Iklan

Dede Ariyanto

Menyukai sekali dunia gadget, traveling, dan kuliner.
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 20 September 2023 14:46 WIB

Gaet Komunitas, Metro Indah Mall Bandung Bakal Jadi Pusatnya Komunitas di Bandung

Mengusung jargon Your Hobbies & Community Mall, MIM berkolaborasi menggandeng berbagai komunitas kreatif di Bandung dan sekitarnya, diantaranya Komunitas Tamiya, Komunitas kebudayaan Jepang, Komunitas kebudayaan Korea, komunitas zumba, komunitas kesenian jaipong, komunitas vespa dan lain-lain.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dua tahun pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan pada kebiasaan dan gaya hidup masyarakat. Gaya hidup virtual yang dibangun selama pandemi, menciptakan kebiasaan baru dalam berbelanja dari offline menjadi online. Selain lebih mudah dan praktis serta pilihan produk yang beragam, belanja online juga diakui lebih memberikan tawaran harga yang kompetitif.  Kondisi ini tentunya membuat fungsi mal yang notabene sebagai pusat belanja, menjadi kalah pamor dengan toko-toko dan marketplace yang tumbuh masif.

Menjawab realitas ini, Metro Indah Mal yang pada 24 September 2023 ini menginjak usia 16 tahun tidak berhenti berinovasi dan berkreasi mencari diferensiasi yang membuat pengunjung tetap merasakan kesan mendalam (memorable) berkunjung ke mal.

Hampir 3 tahun pandemi, masyarakat sudah banyak melakukan kegiatan virtual, pastinya merindukan tempat berkumpul dan bersosialisasi yang nyaman. Di sinilah peluangnya,  peritel mal bisa memainkan peranan. Tidak lagi berperan sekedar pusat perbelanjaan, melainkan sebagai wahana sosialisasi (social connection hub) yang mampu memberikan costumer journey dan experience kepada konsumen yang tidak diperoleh ketika berbelanja online.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, diakui General Manager Metro Indah Mall (MIM) Wilson Yulius, mal juga harus berhadapan dengan selera masyarakat  yang kini lebih selektif menentukan prioritas  dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup bersosialisasi. Sementara di sisi lain, tak dipungkiri Wilson, kompetisi mal untuk menarik perhatian pengunjung pun semakin ketat.

“Untuk itu kami fokus mencari keunggulan komparatif Metro Indah Mall yang tidak dimiliki mal-mal lain di kota Bandung. Situasi sekarang mengilhami kami untuk lebih mengenali target market, memahami gaya hidup mereka dan memaksimalkan dalam menjamu dan melayani kebutuhan mereka,” papar Wilson Yulius.

Menempati lokasi strategis  di atas lahan seluas 73.500 m2 di Bandung Timur, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta nomor 590, Sekejati, Buahbatu,  MIM terlihat menjulang megah. Bangunan  seluas 48.440 m2 setinggi lima lantai ini memiliki kapasitas parkir di dalam dan luar ruang sebanyak 600 kendaraan roda empat, dan 1000 kendaraan roda dua.

Berkonsep One Stop Shopping & Entertaining, MIM yang membidik segmen keluarga ini ingin menyuguhkan pengalaman berbelanja yang berkesan, terutama kesan akan kelengkapan produk dan layanan yang disuguhkan,  kemudahan, kenyamanan dan keamanan.

 Lebih dari 700 tenant disuguhkan di MIM saat ini dengan beragam kategori produk mulai dari Food & Beverage, fashion, aksesoris, kebutuhan rumah tangga, produk kesehatan, furniture, elektronik dan gadget, produk kecantikan, toko buku dan perlengkapan sekolah, pusat kebugaran, optic, toko alat musik, bimbingan belajar, gerai SIM Online, Disdukcapil,  hingga  layanan hiburan diantaranya  karaoke keluaga, Cinema, billyard, dan playground.

Sederetan anchor tenant seperti Hypermart, Informa, ACE, CGV, Justus steakhouse, Jco, Solaria, KFC, Raacha,  Kopken, Chatime, Mr.DIY, Nav Family Karoke, Masterpiece Billyard, Timezone, Idachi Fitness menjadi magnet tersendiri yang selalu diburu  konsumennya.

Untuk menjawab kebutuhan pengunjung yang lebih dari sekedar belanja, costumer journey juga dihidupkan dengan menyuguhkan berbagai acara dan event menarik. Mengusung jargon Your Hobbies & Community Mall,  MIM berkolaborasi menggandeng berbagai komunitas kreatif di Bandung dan sekitarnya, diantaranya Komunitas Tamiya, Komunitas kebudayaan Jepang, Komunitas kebudayaan Korea, komunitas zumba, komunitas kesenian jaipong, komunitas vespa dan lain-lain.

 “Kami memberikan ruang seluas-luasnya kepada teman-teman komunitas untuk berkegiatan. Dalam sebulan, setidaknya ada 10 event kami selenggarakan,” ujar Promotion Manager Metro Indah Mall, Rd. Handy Eka Lesmana.

Spesial dalam rangkaian merayatakan HUT Metro Indah Mall ke-16, selama satu bulan penuh, pengunjung dimanjakan dengan berbagai keseruan event bertajuk Wonderful Celebrition MIM, menampilkan mulai dari festival musik, kuliner, communities space, carnaval, art performance, Rumah Hantu dengan konsep Drive Thru, dan  sebagai pamungkas diadakan pesta Kembang Api. 

Gelaran ini, kata Sales Manager MIM Ade Satriana menjadi ajang strategis bagi pelaku industri kreatif, UMKM dan komunitas terkait untuk saling berkolaborasi dan berelasi menggerakkan roda perekonomian. Apalagi selama HUT MIM, memberikan promo spesial bagi yang ingin menyewa di MIM, mendapatkan gratis sewa selama tiga bulan. Untuk harga sewanya, tergolong kompetitif pada kisaran Rp 60.000/m2 sampai degan Rp 300.000/m2 per bulannya.

Diakui General Manager MIM Wilson Yulius, dampak pandemi sangat dirasakan oleh pengelola mal terutama pada trafik pengunjung dan grafik pertumbuhan bisnis. Karena itu momen HUT ke-16 di era paska pandemi pertama kalinya ini memiliki arti penting lahirnya kembali MIM dengan konsep yang baru, yaitu mal dengan pusat komunitas terbesar di Bandung, sesuai jargonnya saat ini Your Hobbies & Community Mall.

Membidik komunitas dengan penyelenggaraan event memang memberikan pengaruh signikan terhadap jumlah pengunjung. Rata-rata sebuah event yang digelar di MIM, menurut Rd. Handy Eka Lesmana sedikitnya dikunjungi minimal sebanyak 1000 orang. Paska pencabutan PPKM, dan seiring dengan bermunculannya event-event di MIM, jumlah pengujung mengalami kenaikan.

 “Januari 2023, jumlah pengunjung kami sebanyak 99.437 orang. Sedangkan pada bulan Agustus ini pengunjung kami telah mencapai 119.643 orang. Ada kenaikan jumlah pengunjung sebanyak 83,3 %,” tutur Handy. Promotion Manager Metro Indah Mall ini optimis jumlah pengunjung akan terus mengalami peningkatan melalui stimulasi event-event menarik dari komunitas.

Metro Trade Centre (MTC) juga berkonjungi dengan Hotel Luminor Metro Indah Bandung yang baru saja di rebranding tanggal 22 september 2023,  memiliki ballroom dengan kapasitas hingga 1000 orang dan 6 ruang meeting dengan kapasitas 10 – 50 orang saja. Ditambah lagi dengan cita rasa makanan menu Nusantara yang disuguhkan, GM Hotel Luminor Rika Budiawati optimis dapat menjadi pilihan yang solutif untuk berbagai kebutuhan acara dan event.

Ikuti tulisan menarik Dede Ariyanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

15 jam lalu

Terpopuler