x

Iklan

Jayana Setu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2023

Rabu, 20 September 2023 14:56 WIB

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot yang Benar

Sekarang pasti Anda sedang bertanya-tanya apa itu blogspot dan bagaimana cara membuat blog yang benar?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sekarang pasti Anda sedang bertanya-tanya apa itu blogspot dan bagaimana cara membuat blog yang benar? Jangan khawatir karena disini kami akan mengulasnya selengkap mungkin beserta panduan beserta gambarnya.

Cara Membuat Blog Gratis di blogger.com sangatlah mudah bagi yang sudah mengetahui langkah-langkahnya, sedangkan bagi yang belum pernah menyentuhnya sama sekali pasti akan merasa sangat bingung.

Apa Itu Blogspot?

Blogspot merupakan subdomain yang dimiliki oleh penyedia layanan blog atau Blogger. Banyak orang menyebut blog ini Blogspot atau Blogger. Blogger yaitu sebuah platform dengan penerbitan gratis, sedangkan BlogSpot ini suatu penyedia layanan domain gratis.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keduanya digunakan bersama-sama di platform Blogger milik Google. Saat Anda membuat blog di Blogger, otomatis Anda akan mendapatkan domain BlogSpot. Namun Anda tidak harus menggunakan domain BlogSpot, Anda juga bisa menambahkan domain custom dengan biaya tertentu.

Mengenai Blogspot

Berbicara mengenai dunia blog tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Berawal dari kisah sukses Raditya Dika, seorang pawang bebek dan beberapa blogger lainnya, kita yang hobi menulis berambisi menjadi blogger.

Cara membuat blog gratis sangatlah mudah. Hal tersulit dalam dunia blogging adalah ketika harus dipaksa untuk konsisten menyajikan konten tulisan terbaik dan unik tentunya.

Pembahasan kali ini tentu tidak sekedar menjelaskan tentang kerja keras membangun sebuah blog dan menjadi seorang blogger sejati. Kami juga pernah menulis artikel tentang alasan berhenti menjadi blogger. Jika penasaran, Anda bisa membaca postingannya melalui link di atas.

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Membuat blog gratis benar-benar 100% gratis menggunakan Blogspot. Pengguna Blogspot yang wajib membayar adalah pengguna yang ingin mengupgrade alamat blognya menjadi custom TOP LEVEL DOMAIN. Disini kami akan memberikan informasi yang dapat anda baca tentang Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot. Berikut langkah-langkahnya:

Buat Akun Gmail

Sangat penting sekali untuk anda membuat akun email baru saat akan membuat blog. Hal ini bertujuan untuk tetap profesional dalam hal notifikasi di blog. Rasanya risih saja kalau misalnya email blog Anda harus bertepatan dengan email media sosial atau akun toko online Anda. Apalagi amit-amit, kalau misalnya email Anda diretas, semuanya akan hilang dalam sekejap.

Buka Halaman Blogspot

Di pencarian Google, ketik saja blogger atau blog. Kemudian klik untuk melanjutkan proses pembuatan blog di hasil pencarian utama.

Buat Blog

Jika Google Chrome Anda menggunakan bahasa Inggris, klik tombol buat blog berwarna oranye seperti pada gambar di bawah ini. Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman email yang akan dijadikan blog. Gunakan email baru yang sudah dibuat atau bisa juga menggunakan email lama untuk melanjutkan.

Buat Nama Blog

Langkah selanjutnya adalah membuat nama blog. Anda juga dapat menggunakan nama pribadi atau nama merek Anda sendiri. Tipsnya, buatlah nama blog yang sederhana agar memudahkan orang lain menemukan blog Anda di hasil pencarian Google.

Buat Tautan Alamat Blog

Selanjutnya buatlah alamat link khusus untuk membuka blog anda. Sebagai contoh anda bisa buat contoh blogbasith.blogspot.com. Anda dapat membuat alamat blog menggunakan nama pribadi Anda atau nama merek apa pun yang Anda inginkan. Kalau sudah, langsung saja klik berikutnya.

Buat Nama Profil Publik

Nama profil publik adalah nama yang akan ditampilkan ketika Anda membuat postingan nantinya. Untuk contoh ini kami menyediakan nama profil. Anda dapat gunakan nama apapun, baik nama panggilan, nama samaran ataupun nama merek yang digunakan. Jika semuanya sudah dilakukan dari langkah 1 hingga langkah 6 maka klik finish dan Anda akan diarahkan ke halaman dashboard blogger.

Hingga saat ini, Anda telah berhasil membuat blog baru secara gratis tanpa mengeluarkan investasi sepeser pun. Apa langkah selanjutnya setelah blog selesai? Hal berikutnya yang masih harus Anda selesaikan adalah melakukan perubahan pada setting blog Anda untuk SEO yang lebih baik.

Setting Blogspot Pertama Kali Dibuat

Selanjutnya setting SEO Blogspot baru dibuat agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari Google, setelah belajar membuat blog sendiri secara gratis. Bukan cuma Google, bahkan SEO juga mencakup semua jenis mesin pencari lainnya misalnya seperti Bing, Yandex dan Yahoo.

Demikian penjelasan dari saya tentang Cara Membuat Blog Gratis dengan blogspot yang benar seperti yang dilansir Indobet88, semoga bermanfaat, terimakasih.

Ikuti tulisan menarik Jayana Setu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu