x

Suasana dalam rumah. Foto: Denise Husted/Pixabay.com

Iklan

Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Hamba Allah dan Umat Muhammad Saw. Semakin besar harapan kepada Allah melebihi harapan kepada makhluk-Nya, semakin besar pula potensi dan kekuatan yang kita miliki.
Bergabung Sejak: 28 Mei 2022

Selasa, 26 September 2023 12:13 WIB

Melihat Potensi yang Dimiliki Individu dari Keadaan Rumah Kediamannya

Menggunakan ilmu dalam referensi Kitab Suci Bhagavad gita untuk melihat potensi yang dimiliki sebuah individu dilihat dari keadaan rumah kediamannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penulis menggunakan referensi dari Kitab Suci Bhagavad Gita (Veda) untuk mengetahui potensi yang dimiliki rumah tangga dari apa yang dimilikinya di rumah kediamannya.

Potensi Sattvam (Kebaikan), dilihat dari berapa banyak tanaman dan pepohonan yang ada di kediamannya. Tanaman dan pepohonan memproduksi udara segar saat berfotosintesis, sehingga mampu menyegarkan pikiran kita, dan membuat pikiran kita dipenuhi pemikiran yang baik dan benar. Dengan adanya tanaman dan pepohonan di kediaman kita lalu kita rawat sepenuh hati, membuat kita berpotensi menjadi orang berhati baik dan senang berbagi dalam kebaikan.

Potensi Rajas (Nafsu), potensi ini memberikan kekuatan dan kekayaan bagi yang memilikinya. Bisa dilihat dari banyaknya ragam hewan yang dipeliharanya, seperti burung, ikan, ayam, bahkan kucing liar yang mendatangi kediaman tersebut untuk meminta makanan lalu membersihkan kotorannya yang ada (sebagai catatan, inilah alasan Baginda Rasul Muhammad mencintai kucing dan memperhatikan kesejahteraannya).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Semakin sejahtera kondisi hewan yang dipelihara karena keinginannya untuk memenuhi rasa lapar dan dahaga terpenuhi, maka mengalirlah doa dari hewan-hewan yang kita pelihara agar kita berkekuatan dan segera meraih kekayaan untuk dapat mensejahterakan mereka kembali. Karena hal inilah yang membuat keinginan luhur menyerta pada diri kita.

Potensi Tamas (Kegelapan), potensi ini memberikan kemampuan berpikir dan membuat orang yang memiliki potensi menjadi analitis dan pintar. Bisa dilihat berapa banyak benda berteknologi yang ada di kediaman tersebut, seperti gawai, kendaraan bermotor, dan lainnya yang merupakan benda berteknologi yang memiliki kegunaan. Benda berteknologi ini sejatinya melatih kita guna menjadi seorang yang berfikir dengan rasional, sehingga kepintaran mudah diraihnya.

Maka dapat disimpulkan, kita dapat mengetahui karakter dan potensi yang dimiliki oleh individu hanya dengan mengamati 3 potensi diatas, apakah lengkap dan seimbang, atau hanya beberapa potensi saja yang ada di kediaman tersebut?

Sejatinya manusia lengkap dengan potensi kebaikan hati, keinginan luhur dan kepintaran semenjak ia dilahirkan. Kondisi kediaman rumah diatas hanya dipersepsikan meningkatkan potensi manusia yang ada.

Cimahi, 26 September 2023.

Ikuti tulisan menarik Indrian Safka Fauzi (Aa Rian) lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler