x

Iklan

Junedi Enggar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 September 2023

Jumat, 29 September 2023 07:14 WIB

Contoh Ide Bisnis Kekinian Buat Anak Pesantren

Setiap orang mempunyai kesempatan dan peluang yang sama untuk mempunyai usaha sendiri

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap orang mempunyai kesempatan dan peluang yang sama untuk mempunyai usaha sendiri, begitu pula dengan santri atau anak pesantren. Di pesantren, santri tidak hanya mempelajari ilmu agama saja, namun juga dibekali ilmu lain seperti bisnis. Tujuannya tak lain agar para siswa mampu lebih mandiri. 

Ternyata bisnis ini bisa kamu mulai jalankan saat masih bersekolah di pesantren lho. Mau tahu apa saja contoh Ide Bisnis anak pesantren yang bisa dijalankan dan menghasilkan keuntungan? Jadi, langsung saja kita baca artikel dibawah ini. 

Ide Bisnis Kekinian Buat Anak Pesantren

Jualan Baju Muslim

Jualan baju muslim bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi para pelajar. Apalagi mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan bisnis ini cukup relevan dengan latar belakang pelajar, sehingga lebih mudah dijalankan dan peluangnya cukup menjanjikan. Salah satu caranya adalah dengan menjual produk busana muslim kepada teman-teman di lingkungan pesantren. Atau, Anda bisa menjadi reseller produk pakaian muslim.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menjadi reseller bisa dilakukan tanpa memerlukan modal yang besar, sehingga bisa lebih mudah dilakukan oleh mahasiswa. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, pastikan mencari supplier yang terpercaya.

Jual Buku

Berikutnya, ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa menghasilkan pendapatan adalah berjualan buku. Khususnya untuk buku pelajaran atau kitab penunjang pembelajaran yang sangat dekat dengan siswa. Penjualan buku ini dapat dilakukan secara langsung dengan menawarkannya kepada siswa lain yang memang membutuhkan buku tersebut. Cara ini dapat menjadikan mahasiswa lebih mandiri dengan memulai usaha sendiri.

Panduan Membaca Al-Qur'an

Kemampuan membaca Al-Quran juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya saja dengan menawarkan jasa bimbingan belajar membaca Al-Quran kepada anak-anak yang membutuhkan. Apalagi saat ini cukup banyak orang tua yang mulai sadar dalam mendidik anaknya membaca Al-Quran sejak dini.

Sebagai seorang pelajar tentunya sudah memiliki keterampilan membaca Alquran yang cukup sehingga memberikan bimbingan belajar Alquran tidaklah sulit. Untuk mendapatkan pelanggan, mahasiswa dapat menawarkan jasanya kepada orang-orang disekitarnya atau juga dapat dilakukan secara online. Dengan begitu, siswa bisa memanfaatkan waktunya untuk mencari uang, sehingga bisa lebih mandiri secara finansial sejak dini.

Jualan Snack Atau Makanan Ringan

Berjualan jajanan juga bisa menjadi ide bisnis yang potensial untuk dilakukan oleh para pelajar. Pasar produk ini juga cukup luas, mulai dari sesama pelajar hingga berjualan online. Apalagi produk makanan ringan yang dijual juga sangat beragam seperti basreng, kerupuk tempe dan lain sebagainya. 

Daripada memproduksi jajanan yang mungkin memakan banyak waktu, mahasiswa bisa memilih menjadi reseller. Jadi Anda tinggal menjual jajanan dari penjual besar dan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan.

Jual Karya Kaligrafi

Punya kemampuan menciptakan karya kaligrafi yang estetis? Ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan oleh anak-anak pesantren. Apalagi bila karya kaligrafi yang ditawarkan mempunyai nilai estetika yang cukup besar. Sehingga peluang mendapatkan keuntungan besar bisa lebih mudah.

Banyak sekali kolektor kaligrafi yang berani membayar harga mahal untuk karya yang bernilai seni tinggi lho. Sebab tidak banyak orang yang mempunyai keterampilan menulis kaligrafi secara estetis.

Bahkan untuk satu kaligrafinya bisa terjual hingga jutaan rupiah tergantung nilai seni dan pembuatnya. Jika Anda memang mempunyai kemampuan menulis kaligrafi secara estetis, tak ada salahnya Anda mulai menekuninya lebih intens. Sebab karya kaligrafi bisa menjadi ide bisnis yang cukup menjanjikan bagi para santri di pesantren.

Menjadi Konten Kreator

Tak sedikit kaum milenial yang ingin menjadi konten kreator, khususnya di platform YouTube. Hal ini tentunya tidak lepas dari peluang yang tidak hanya menjanjikan namun sangat menguntungkan.

Berada di lingkungan pesantren yang religius, tentunya banyak hal yang bisa dijadikan konten untuk dibagikan di channel YouTube. Seperti belajar mengaji, membaca ayat suci Alquran, kehidupan sehari-hari di pesantren dan lain sebagainya.

Penulis Blog

Ide bisnis lain yang juga cukup menjanjikan dan bisa dilakukan dengan mudah oleh para pelajar adalah menjadi penulis blog atau blogger. Ide ini cocok bagi anak-anak pesantren yang mempunyai hobi menulis dan kreatif. Pertama, mulailah dengan membuat blog pribadi yang berisi tulisan-tulisan terkini dan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Selanjutnya blog tersebut akan dimonetisasi sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Untuk itu, penting untuk menjaga kualitas dan keakuratan konten yang dibuat. Usaha ini dapat dilakukan pada waktu istirahat dan tidak akan menyita waktu belajar atau kegiatan lainnya. Dengan menjadi penulis blog, hal ini juga akan membuat siswa lebih terlatih menjadi pemikir.

Ide bisnis untuk santri cukup banyak, semuanya memiliki peluang menjanjikan jika dijalankan dengan komitmen dan fokus. Dengan memulai usaha saat masih bersekolah di pesantren, santri bisa lebih mandiri secara finansial sejak dini.

Demikian ulasan artikel tentang Contoh Ide Bisnis Kekinian Buat Anak Pesantren seperti yang dilansir slot thailand, Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Junedi Enggar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu