x

Traveling Backpacker

Iklan

Arumi Fiyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Oktober 2023

Kamis, 5 Oktober 2023 09:37 WIB

Tip Ampuh Kumpulkan Dana untuk Travelling Keliling Dunia

Bisa melihat belahan dunia lain yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, jadi keinginan banyak orang. Terkendala biaya? Jangan khawatir, ada cara yang manjur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bisa melihat belahan dunia lain yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, tak sedikit orang yang hobi berlibur ke banyak tempat. Bahkan, sebagian dari mereka juga bermimpi untuk keliling dunia setidaknya sekali seumur hidup. Biasanya dimulai dengan membuat daftar tempat atau negara yang ingin Anda kunjungi.

Tentunya untuk bisa mewujudkan impian tersebut dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika kondisi finansial tidak dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, bukan tidak mungkin impian untuk bisa keliling dunia hanya akan menjadi impian yang tidak akan pernah tercapai. Nah, disini kami akan membahas mengenai beberapa tips mengumpulkan Dana Untuk Travelling Keliling Dunia. 

Tip Kumpulkan Dana Untuk Travelling

Kuatkan Tekad Dan Niat

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya perjalanan keliling dunia cukup besar dan cenderung sulit dijangkau oleh sebagian orang. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk mewujudkan impian tersebut, Anda harus mempunyai niat dan tekad yang kuat terlebih dahulu. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dengan begitu, Anda mempunyai landasan yang kuat untuk terus berusaha mewujudkan impian mengunjungi banyak negara dengan menyisihkan penghasilan secara rutin dari waktu ke waktu.

Mengatur Alokasi Pos Keuangan

Tak hanya menguatkan niat dan tekad, kamu juga perlu mempunyai strategi jitu agar bisa mewujudkan impian traveling keliling dunia. Salah satunya dengan menyusun alokasi pos keuangan secara akurat sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan. Biasanya barang keuangan yang wajib dimiliki setiap orang adalah kebutuhan pokok, hiburan, serta tabungan dan investasi. 

Persentase distribusi barang-barang keuangan tersebut pun bervariasi, misalnya 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan, dan 20 persen untuk tabungan dan investasi. Jadi, ketika hari gajian tiba, segera alokasikan 30 persen penghasilan Anda untuk mengisi pos keuangan ini.  

Jadikan Budget Keliling Dunia Sebagai Tujuan Finansial

Tips lainnya, jadikan anggaran jalan-jalan keliling dunia sebagai tujuan finansial. Hal ini dapat membantu Anda untuk lebih fokus dalam mencapainya, sekaligus memiliki acuan yang jelas dalam mencapainya. Misalnya, Anda bisa memperkirakan anggaran perjalanan keliling dunia sebesar Rp120 juta yang harus dikumpulkan dalam kurun waktu 5 tahun. 

Jadi, dalam perkiraan ini berarti ada waktu sekitar 60 bulan untuk mengumpulkan 120 juta yang bisa dicapai dengan rutin menabung 2 juta setiap bulannya. Jika ingin lebih cepat terjadi, Anda hanya perlu menyesuaikan jumlah dana yang dapat ditabung setiap bulannya, atau menyesuaikan jumlah uang yang harus dikumpulkan.

Pilih Investasi Sebagai Sarana Menabung

Nominal dana untuk liburan keliling dunia memang sangat besar. Jika dihimpun dengan cara tradisional, dalam hal ini hanya menabung di rekening bank, waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya bisa jadi terlalu lama. Nah, agar lebih optimal dan efisien, gunakanlah investasi sebagai sarana penggalangan dana di seluruh dunia.

Mengapa berinvestasi? Jawabannya jelas karena dana yang terkumpul dan disimpan di dalamnya dapat terus bertambah seiring berjalannya waktu sehingga beban menabung menjadi jauh lebih ringan. Tak hanya itu, investasi juga bisa menjadi solusi mengatasi risiko inflasi yang dapat menyebabkan anggaran liburan di seluruh dunia terus membengkak seiring berjalannya waktu. 

Tanam Modal Sesuai Profil Risiko

Investasi memang bisa menjadi solusi untuk mewujudkan rencana liburan Anda keliling dunia dan mengumpulkan dana lebih cepat. Namun investasi juga memiliki risiko yang perlu diantisipasi dengan menyesuaikan instrumen yang dipilih dengan profil investor. Misalnya, jika Anda memiliki profil risiko yang konservatif, alokasikan sebagian besar modal investasi pada instrumen yang berisiko rendah, seperti reksa dana pasar uang dan deposito. 

Di sisi lain, dengan profil risiko yang agresif dan tujuan investasi jangka panjang, berinvestasi pada reksa dana saham bisa menjadi pilihan ideal. Yang terpenting, cobalah untuk terus meningkatkan pengetahuan dan pengalaman investasi Anda untuk dapat meminimalkan risiko sekaligus memaksimalkan peluang keuntungan.

Tentukan Nominal Dana Yang Disisihkan Setiap Bulannya

Setelah mengetahui jumlah dana yang ingin dikumpulkan dan jangka waktunya, Anda tentu mengetahui berapa nominal dana yang harus Anda sisihkan setiap bulannya. Sesuai contoh yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda ingin mengumpulkan dana sebesar 120 juta selama 5 tahun, berarti setiap bulannya Anda harus bisa menyisihkan dana minimal 2 juta.

Namun dengan investasi, menyisihkan dana dengan jumlah nominal tersebut berpeluang memberikan tabungan yang lebih besar di seluruh dunia dalam jangka waktu yang sama, tergantung kinerja instrumen investasi yang dipilih. Oleh karena itu, investasi dianjurkan sebagai sarana menghimpun dana di seluruh dunia.

Demikian ulasan tentang Dana untuk travel seperti yang dilansir cuan123, semoga bermanfaat.

 

Ikuti tulisan menarik Arumi Fiyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler