Menggali Peluang Pasar Baru, Strategi Ekspansi dalam Kewirausahaan

Selasa, 10 Oktober 2023 09:30 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melakukan Ekspansi bisnis dapat meningkatkan keuntungan. Setiap bisnis pasti memiliki keunikannya masing-masing, oleh karena itu strategi ekspansi bisnis dapat berbeda-beda pada setiap perusahaan.

Ekspansi bisnis adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini dapat membantu perusahaan menemukan peluang baru serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Melakukan Ekspansi bisnis tersebut juga dapat meningkatkan keuntungan.

Kapan Saat yang Tepat untuk Mengembangkan Bisnis Anda?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam mengembangkan bisnis tidak bisa dilakukan tanpa rencana dan strategi yang matang. Prosesnya akan menjadi berbahaya jika dilakukan pada waktu yang tidak tepat. Paerusahaan perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk mengembangkan bisnisnya. Berikut ini beberapa faktor yang menentukan kapan Anda dapat mengembangkan bisnis anda.

Basis Pelanggan Setia

Faktor yang utama yaitu perusahaan perlu memiliki Basis Pelanggan Setia. Faktor ini penting bagi perusahaan untuk memiliki pelanggan yang akan selalu membeli dan menggunakan produknya. Memiliki pelanggan loyal menjadi landasan kuat bagi mereka untuk terus berkembang.

Bisnis ini Telah Menguntungkan Lebih dari 3 tahun

Meskipun suatu perusahaan telah mengalami peningkatan, hal tersebut belum cukup membuat perusahaan mengembangkan bisnisnya. Keuntungan perusahaan bisa meningkat secara drastis tetapi hanya bersifat sementara (musiman). Namun, jika keuntungan stabil dalam jangka panjang misalnya selama 3 tahun bisa dikatakan bahwa anda mengelola bisnis tersebut dengan baik.

Pasarnya Semakin Berkembang

Suatu bisnis dengan pasar yang berkembang dapat memperluas produksinya. Perkembangan pasar tersebut menandakan banyaknya calon konsumen yang ingin membeli produk tersebut. Tanpa adanya perluasan pasar, perluasan bisnis akan sulit untuk dilakukan.

Bisnis yang Stabil dan Arus Kas Positif        

Perusahaan harus memiliki dana stabil dan arus kas positif. Meskipun suatu bisnis memiliki banyak pelanggan tetapi tidak dapat mengelola dana dengan baik pasti akan menghadapi ketidakstabilan dana. Sebelum melakukan Ekspansi Bisnis, sebaiknya perusahaan tersebut memiliki kondisi yang stabil terlebih dahulu.

Menjalankan bisnis tidak sekedar hanya menjual banyak produk saja, tetapi meliputi aspek lain yang perlu diperhatikan agar perusahaan terus berkembang. Setiap bisnis pasti memiliki keunikannya masing-masing, oleh karena itu strategi ekspansi bisnis dapat berbeda-beda pada setiap perusahaan. Berikut beberapa jenis Strategi Ekspansi Bisnis.

  1. Berikan Penawaran Baru

Memberikan penawaran baru bisa berupa produk atau layanan baru. Untuk dapat memberikan hal tersebut, kita perlu melakukan riset pasar atau berinteraksi dengan pelanggan agar memahami produk atau jasa seperti apa yang pelanggan inginkan dari bisnis anda. Tetapi perlu diingat bahwa ketika anda menghasilkan produk baru, anda juga harus membuat sesuatu yang serupa atau yang melengkapi produk utama.

  1. Mengoptimalkan Pasar yang Ada

Untuk menerapkan strategi ini, anda memerlukan segmentasi pasar untuk mengidentifikasi pelanggan yang paling ingin membeli. Setelah menemukan segmentasi pasar yang paling menguntungkan, perusahaan akan fokus pada penjualan dan pemasaran pada segementasi yang dipilih dan kemudian mengembangkan bisnisnya. Dalam strategi ini dijelaskan bahwa memperluas bisnis tidak selalu untuk mendapatkan pelanggan baru, tetapi bisa juga tentang menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah ada.

  1. Ekspansi Internasional

Perusahaan mungkin takut dengan langkah ini karena penuh dengan tantangan. Tetapi peluang dalam strategi ini lebih besar karena anda bisa menjual produk atau jasa ke banyak pelanggan. Ekspansi Internasional bisa dimulai dengan bermitra dengan pihak lokal untuk mengelola operasional bisnis. Perusahaan perlu bermitra karena mereka memiliki pemahaman yang luas tentang Sumber Daya Manusia (SDM), penggajian, dan hukum setempat.

  1. Melakukan Waralaba

Melakukan Waralaba merupakah salah satu strategi terbaik dalam mengembangkan bisnis. Waralaba ini merupakan proses ketika anda membuka bisnis di lokasi yang berbeda dengan orang yang bersedia menginvestasikan uang dan tenaga ke dalamnya. Waralaba menyediakan lingkungan terkendali untuk perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya tanpa mengkhawatirkan pesaing. Perusahaan tersebut harus merencanakan sistem waralabanya agar mitra dapat menjalankan strategi tersebut dengan sukses.

  1. Dapatkan Bisnis Baru

Sebuah ukuran bisnis dapat dilipatgandakan dengan membeli bisnis yang sudah ada. Untuk melakukan strategi ini, anda harus menemukan bisnis yang melengkapi bisnis anda yang sudah ada. Membeli bisnis baru memakan biaya yang cukup besar sehingga anda harus kuat secara finansial.

Anda dapat memilih beberapa strategi yang terbaik untuk bisnis anda. Namun harus tetap diperhatikan bahwa sebelum melakukan strategi ekspansi bisnis, anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti kondisi finansial, jenis produk, peluang dan tantangan yang ada dalam bisnis tersebut.

Raisya Nurul Fidillah Manajemen Universitas Pembangunan Jaya.

Bagikan Artikel Ini
img-content
raisa Fidillah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua