x

Iklan

Indŕato Sumantoro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2020

Senin, 27 November 2023 09:39 WIB

Kalau Tujuan Sudah Jelas, Semua Energi Mendukung

Sugesti akan membangkitkan keyakinan dan kepercayaan kita yang sangat kuat di dalam hati dan pikiran kita, bahwa sejatinya kita pasti akan mampu meraih apa yang kita kita cita-citakan, selama cita-cita kita tersebut sudah sangat jelas dan rinci.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada motto yang mengatakan: Dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Dimana ada usaha, pasti ada hasil. Terus berjuang sampai akhir. Jangan mudah menyerah. Pepatah ini mengkiaskan, apabila seseorang yang mempunyai niat dan mau berusaha, pasti akan ada kemudahan jika ada kesulitan yang menghadang. Kata-kata bijak ini mengandung nasehat atau ajaran dari para orang-orang tua kita pada jaman dulu yang biasanya dipakai atau diucapkan untuk mematahkan lawan bicaranya.

Pada sekarang ini, dimana informasi sudah berkembang dengan pesatnya, apakah motto ini masih sering diucapkan orang? Atau, apakah sudah mulai dilupakan orang? Mungkin karena dianggap sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan jaman. Motto yang berlaku pada jaman millenial sekarang ini adalah: Dimana ada uang, di situ pasti ada jalan. Dimana ada uang, pasti ada hasil. Terus berjuang untuk mendapatkan uang. Uang adalah segalanya. Motto macam inikah yang akan kita nasehatkan kepada anak-anak dan cucu-cucu? Apakah kita merasa resah dan gelisah untuk membuat sebuah keputusan yang bijak?

Apakah benar uang adalah segalanya? Jawabannya adalah “Tidak”. Tetapi yang jelas, tanpa uang, segalanya akan sulit untuk didapatkan. Jadi apa kesimpulannya? Kita tidak perlu munafik dengan uang. Yang penting uang itu adalah halal. Uang hasil yang diperoleh dari keringat dan usaha diri kita sendiri. Bukan uang hasil dari menerima suap atau korupsi. Dan jangan dengarkan dan hiraukan kata-kata negatip yang mengatakan: “Mencari uang yang haram saja susah. Apa lagi mencari uang yang halal”. Mari kita dudukkan perkaranya dengan benar dan pada tempatnya, agar kita tidak akan mudah terperangkap masuk ke dalam permainan kata-kata yang menjerumuskan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ingat, bahwa rezeki manusia itu sudah tertulis di dalam kitab Lauhulmahfuz jauh hari sebelum kita dilahirkan. Rezeki itu tidak saja dalam bentuk uang dan harta. Tetapi sejatinya, rezeki itu adalah segala sesuatunya yang memberikan rasa nikmat; seperti kesehatan, anak yang sholeh dan sholeha, usia yang panjang, dll. AA Gym dalam salah satu tausyiahnya pernah mengatakan bahwa rezeki kita itu bukan dicari. Tetapi wajib dijemput. Karena rezeki kita itu sudah ada dan tersedia. Sekarang tinggal bagaimana cara kita memperolehnya, dan berapa cepat dan banyak yang akan mampu kita dapatkan? 

Salah satu cara untuk mendapatkan rezeki yang halal adalah dengan mengikuti motto sebagai berikut: Kalau tujuan sudah jelas, semua energi mendukung. Bagaikan matahari yang terbit di timur pada pagi hari. Tidak ada seorangpun yang akan mampu menghalang-halangi”. Motto ini harus diucapkan secara berulang kali dan terus menerus di dalam hati, sehingga akan masuk ke dalam alam bawah sadar kita dalam bentuk sugesti. Sehingga dengan demikian akan membangkitkan keyakinan dan kepercayaan kita yang sangat kuat di dalam hati dan pikiran kita, bahwa sejatinya kita pasti akan mampu meraih apa yang kita kita cita-citakan, selama cita-cita kita tersebut sudah sangat jelas dan rinci.

Kesalahan terbesar pada umumnya adalah kita tidak tahu apa yang kita inginkan sesungguhnya di dalam hidup. Kita hanya mengikuti arus. Kita hanya ikut-ikutan orang lain saja. Kita tidak mempunyai pendirian yang tetap. Kita cenderung lebih suka mendengarkan masukan, pendapat, dan nasehat dari orang-orang lain, daripada mau mendengarkan suara hati diri kita sendiri. Intinya, kita wajib percaya diri, bahwa sejatinya suara hati itu adalah sebuah hidayah. Tetapi untuk dapat mencapai ke tahap itu, kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar kita selalu diberikan petunjuk kepada jalan yang lurus.

Dalam upaya kita untuk mencapai sebuah cita-cita yang mulia, banyak sekali halangan dan rintangannya. Kita selama ini selalu berpikir bahwa masalah itu berada pada orang lain atau keadaan. Padahal masalah terbesar itu, sejatinya berada di dalam diri kita sendiri. Kesalahannya adalah karena kita tidak mampu mendefinisikan dengan jelas dan rinci apa sejatinya “mimpi” kita. Mimpi yang berdasarkan suara hati nurani kita sendiri. Dan bukan mimpi yang ikut-ikutan orang lain. Kita harus membuat “mimpi” kita itu sesuatu yang luar biasa dan berbeda dengan orang lain. Tetapi tentu saja, harus lebih spesifik, baik, dan unggul daripada mimpi-mimpi orang-orang lain.

Motto yang benar dan baik akan sangat membantu kita dalam menghadapi segala bentuk tantangan dan kendala yang menghadang di lapangan. Sebagian besar masalah yang kita hadapi adalah karena harapan tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Dan kadang-kadang kita merasa sangat jengkel, kecewa, dan putus asa, karena menurut pandangan dan perhitungan, kita pasti bisa berhasil. Tetapi tenyata faktanya, hasilnya malah justru sebaliknya. Oleh karena itu, kita harus berani melakukan evaluasi dan introspeksi diri atas semua masalah kegagal-kegagalan dalam meraih tujuan. Antara lain adalah dengan upaya menghayati dan merenungkan kata-kata bijak dari motto: “Kalau tujuan sudah jelas, maka semua energi mendukung. Bagaikan matahari yang terbit di timur pada pagi hari. Tidak ada seorangpun yang akan mampu menghalang-halangi”.

Kita perlu mengevaluasi diri apakah tujuan kita sudah jelas? Kalau sudah jelas, kita wajib mampu merinci dan mendefinisikannya secara lebih komprehensif, yang dapat dilihat dari segala sisi secara menyeluruh. Mungkin contoh yang paling sederhana adalah seperti seorang pelari 100 meter. Dia bisa lari secepat-cepatnya, karena dia bisa melihat dengan jelas garis finish yang berada di depannya. Semua tenaga dan energi sepenuhnya dikerahkan untuk mencapai garis finish. Ini bukan saja mengenai masalah kekuatan fisik, tetapi juga masalah kekuatan mental, dimana dia harus bertekad bulat untuk menang dengan mengalahkan para pesaingnya.

Pengertian energi dalam hal ini adalah sangat luas maknanya untuk dapat dipahami dengan baik. Energi adalah tenaga atau kekuatan. Bentuk dan jenisnya bermacam-macam. Kita harus bisa membayangkan bahwa energi yang akan mendukung kita untuk mencapai tujuan itu adalah jumlahnya tidak terhingga, saking banyaknya. Dan bentuk dan jenisnya pun juga tidak terhingga. Seolah-olah kita sedang membayangkan energi dan kekuatan yang datangnya dari Allah SWT, yang Maha Besar dan Maha Kuasa. Sejatinya, kalau kita sudah mendapatkan ridho Allah SWT, maka insya Allah, segala tujuan dan urusan, semuanya akan dapat diraih dengan mudah dan cepat.

Setelah kita yakin bahwa tujuan kita sudah jelas. Dan juga sudah yakin bahwa Allah SWT pasti akan meridhoi niat baik kita tersebut. Maka sekarang marilah kita membayangkan, bahwa kalau Allah SWT sudah mengendaki, maka pasti tidak ada sesuatu yang akan mampu menghalang-halanginya. Hal ini digambarkan dengan kiasan kata-kata, terbitnya matahari di timur pada pagi hari. Dan tidak mungkin akan ada seorang pun yang akan mampu menghentikan atau mencegahnya.

Seandainya kita sudah merasa sangat yakin dan percaya dengan kekuatan sugesti yang kita berikan kepada diri kita sendiri, akibatnya diri kita akan dipengaruhi untuk bergerak mengikuti pengaruh atau pandangan tersebut. Dan menerimanya secara sadar atau tidak sadar tanpa harus berpikir panjang lagi.  

Cara orang-orang jaman dulu untuk memberikan nasehat dan ajaran kepada anak-anaknya adalah dengan memberikan sugesti agar anak-anaknya mau berubah secara sadar maupun tidak sadar. Tetapi pada jaman sekarang ini, diri kita sendiri sudah dapat memberikan sugesti kepada diri sendiri, atau otosugesti, untuk merubah sikap dan prilaku kita, baik secara sadar maupun tidak sadar. Manfaat otosugesti ini adalah untuk memotivasi diri kita sendiri, sehingga potensi terbesar diri yang terpendam jauh di dalam alam bawah sadar kita, akan bisa muncul dan bangkit keluar dalam bentuk energi yang maha dahsyat. Silahkan mencoba.

Ikuti tulisan menarik Indŕato Sumantoro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB