x

Iklan

Kata Teman Saya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 November 2023

Kamis, 21 Desember 2023 07:46 WIB

Guru IPA MTsN 9 Bantul Dapat Surat Cinta, Refleksi dari Siswa


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bantul (MTsN 9 Bantul)—MTs Negeri 9 Bantul merayakan Hari Guru Nasional dengan mengadakan beberapa kegiatan untuk menghargai dan menghormati para guru yang telah berjuang keras dalam mendidik siswa-siswi mereka. Salah satu kegiatan yang diadakan adalah menyurati para guru.

 

Siswa dan siswi diberikan kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada para guru dengan cara menuliskan surat cinta untuk mereka. Pada jam terakhir pembelajaran di kelas masing-masing, siswa-siswi yang diawasi oleh guru beserta satu anggota OSIS menulis surat cinta untuk guru yang mereka pilih. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sikap apresiasi serta kecintaan terhadap para guru.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Salah satu guru IPA yang mengajar di MTsN Bantul, Sinta Herahamwati, sangat terharu karena mendapatkan sembilan surat cinta dari siswa-siswinya. Di dalam surat tersebut, siswa-siswi mengucapkan terima kasih karena Sinta telah memberikan pengajaran yang cukup baik dan mudah dipahami. Hal positif lain yang dituliskan oleh siswa-siswi adalah bahwa Sinta adalah guru yang ramah, baik hati, sabar, mudah diajak bercanda seperti teman sebaya, tidak mudah tersinggung, tidak memilih-milih siswa, memberikan semangat bagi siswa-siswinya dan membolehkan siswa-siswinya makan di kelas, serta suka menghibur siswa-siswinya dengan menonton film ketika mereka sudah tidak fokus belajar.

 

Ada pula hal negatif yang diungkapkan siswa-siswi di dalam surat cinta mereka. Beberapa di antaranya adalah bahwa Sinta kurang tegas, kurang peka terhadap lingkungan di sekitarnya, dan sering datang terlambat ke sekolah, serta tidak memberikan jam tambahan pagi bagi siswa kelas 9. Namun, Sinta telah menyadari kesalahannya dan akan memperbaiki diri ke depannya.

 

“Saya terlambat karena rumah saya jauh di Magelang dan tempat kerja saya juga berada di Bantul, jadi saya harus menempuh perjalanan sekitar satu jam. Saya memohon maaf jika sering terlambat sampai ke sekolah. InsyaAllah, ini akan menjadi refleksi saya sehingga saya bisa memperbaiki diri,” kata Sinta.

 

Siswa-siswi juga memberikan pesan kepada Sinta agar selalu sehat, sabar dalam menghadapi siswa-siswinya, dan tidak memberikan terlalu banyak tugas kepada mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mempererat hubungan antara siswa-siswi dengan para guru mereka serta menghargai kinerja guru dalam mendidik siswa-siswi selama ini. (sh)

Ikuti tulisan menarik Kata Teman Saya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler