x

Iklan

Djohan Chaniago

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Desember 2020

Selasa, 19 Desember 2023 16:40 WIB

Program UHC untuk Pemerataan Pengguna BPJS Kesehatan Masyarakat

Walaupun program Jamkeswatch baru saja diluncurkan, sosialisasinya terus dilakukan ke berbagai kalangan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Karawang,indonesian.id – Walaupun program Jamkeswatch baru saja diluncurkan, sosialisasinya terus dilakukan ke berbagai kalangan. Program kesehatan pubik ini ditujukan terrealisasi secara merata tanpa ada tebang pilih.

Sosialisasi Program Universal Healt Coverage (UHC) itu dilakukan dalam acara Dengar Pendapat bersama Anggota DPRD Komisi IV, kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Selasa (12/12/2023).    Ini demi terlaksananya layanan kesehatan masyarakat di kabupaten Karawang.

Dalam agenda di Aula DPRD kabupaten Karawang itu hadir Taman, anggota DPRD Komisi IV (Fraksi Partai Gerindra) dan sejumlah dokter, antara lain, Endang Suryadi, Mars (Kadinkes). Selain itu juga hadir Koordinator Jaminan kesehatan (Jamkes) Dokter Konni Kurniasih, serta Nani Maryani (Koor Pendataan Jamkes), Wisnu Sapto, dari Oprasional Dinas Sosial (Op-Dinsos), Torich H (Kabid Pemanfaatan Data), Elfan Yanuar (Kabid Pendaftaran Penduduk), M Dikry Alfin N (Koord. EP3RS), serta Niko Tanzillafitsi Relation Officer (RO).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam audiensi tersebut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jamkeswatch kabupaten Karawang Syehudin, dihadapan Dinas Kependudukan catatan sipil (Disdukcapil), serta dari pengurus BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan menjelaskan Jamkeswatch sebagai Tim Pemantau Jaminan Kesehatan Nasional (TPJKM).

“Kami punya beban sosial, jika masyarakat di Kabupaten Karawang belum punya Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Bagi kami, Sehat adalah hak rakyat. Untuk itu, Jika memang ada masyarakat Karawang belum punya Jaminan kesehatan, bisa menghubungi perangkat desanya, untuk mendapatkan  kartu BPJS Kesehatan,” kata Syehudin.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jamkeswatch kabupaten Karawang Syehudin, juga mengatakan. Dengan program UHC, masyarakat di Kabupaten Karawang, bisa meminta jaminan BPJS kesehatan secara gratis, dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dari itu, seluruh jajaran Tim Jamkeswatch Karawang, siap mengawal dan memantau, jalannya Jamkesmas untuk masyarakat Kabupaten Karawang.

Dalam acara itu, Syehudin juga mengatakan bahwa. Pertemuan yang diselenggarakan di Aula Gedung DPRD Kabupaten Karawang, dengan maksud dan tujuan Tim Universal Healt Coverage (UHC) dalam memantau kesehatan masyarakat. Dari sudut mekanismie, dan prosedur untuk mendapatkan jaminan BPJS kesehatan, secara gratis. Dan cara Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Untuk itu, menurut Syehudin. Guna memudahkan masyarakat di kabupaten Karawang, mendapatkan  jaminan BPJS kesehatan, secara gratis, dan Penerima Bantuan Iuran (PBI), membutuhkan pendamping, dan Advokasi, khususnya pada saat masuk Rumah Sakit, masyarakat bisa menghubungi anggota Tim Jamkeswatch di Kabupaten Karawang.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Jaminan Kesehatan, dari Dinkes kabupaten Karawang. Dokter Konny Kurniasih, dalam kesempatan dengar pendapat itu mengatakan. Bahwa perlu adanya Tim pendamping dari UHC di Kabupaten Karawang, agar layanan kesehatan bisa berjalan lancar, dan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat, secara merata.

“ Kami dari Dinas Kesehatan (Dinkes) punya orientasi yang sama dengan temen- temen Jamkeswatch, melalui pendampingan dari UHC, maka dapat meningkatkan layanan kesehatan masyarakat Kabupaten Karawang, lebih baik lagi,” ucap Dokter Konny Kurniasih, dalam acara dengar pendapat di Aula gedung DPRD Kabupaten Karawang. (Apih-Djohan)*  

Ikuti tulisan menarik Djohan Chaniago lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu