x

Anak Binaan LPKA Kelas II Palu Menyimak Materi tentang 3 Lembaga Utama Negara Di Indonesia

Iklan

HUMAS LPKA PALU

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Desember 2023

Minggu, 31 Desember 2023 19:54 WIB

LPKA Palu Ajak Anak Binaan Mengenal Lembaga Negara


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PALU_Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Palu memberikan edukasi wawasan kebangsaan, dalam hal ini mengajak seluruh anak binaannya mengenal 3 Lembaga Negara  Utama di Indonesia, yakni Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif, Sabtu, (30/12) Pagi.

 

Dalam kesempatan tersebut kegiatan berpusat di ruang belajar, kelas dibawakan oleh Kasubsi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, Henny yang turut serta didampingi oleh 2 Stafnya I Made Nana dan Douglas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dalam penjelasannya, Henny menilai 3 lembaga tersebut perlu di ajarkan kepada seluruh anak binaan mengingat mereka adalah generasi penerus bangsa yang dipersiapkan untuk melanjutkan tongkat estafet sebagai calon-calon pemimpin nantinya.

 

“Keterbatasan bukan menjadi suatu alasan, mereka patut menerima seperti anak pada umumnya, mereka adalah anak-anak kita, mari kita persiapkan mereka demi masa depan yang cerah,” ujar Henny

 

Diketahui, dalam menjalankan sebuah negara pasti membutuhkan lembaga – lembaga tertentu agar negara berjalan sesuai dengan tujuan memajukan bangsa dan negara. Maka lembaga negara menjadi salah satu hal penting dalam sebuah negara.

 

Selain itu, Henny menambahkan Keberadaan lembaga negara di Indonesia  baik wewenang, tugas pokok dan fungsi tertuang dalam Undang – Undang Dasar 1945.

 

Pada kesempatan tersebut, kelas dihadirkan dengan menggunakan perangkat komputer, infocus, serta sound system yang dalam hal ini turut mendukung pemajuan transformasi digital. Disela-sela materi ada pemberian kuis dadakan serta diskusi bersama.

 

“Dengan menghadirkan susana seperti ini, saya berharap materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik oleh anak –anak sekalian, jadilah anak hebat dan berprestasi,” kata Henny

Membawakan materi dengan sangat menarik, Douglas menjelaskan secara rinci dan perlahan bagaimana susunan 3 unsur Lembaga Negara di Indonesia. Mulai dari tugas dan tanggungjawab, fungsinya, serta penjabaran lembaga-lembaga Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif.

 

“Kita jelaskan perlahan, cukup pelan-pelan saja, jangan terburu-buru, setiap pemahanan butuh proses,” ujarnya.

 

Dilain sisi, terlihat seluruh anak binaan sangat antusias mengikuti kelas tersebut, mereka dengan serius mendengarkan dan mencatat setiap poin-poin penting yang disampaikan, tidak heran semua anak dapat menjawab dari kuis-kuis yang diberikan.

 

“Tentu saja ini merupakan materi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat, terima kasih LPKA Palu dengan begini sya mendapatkan bekal yang sangat berharga, suasana yang dihadirkan sangat hangat seperti belajar di sekolah,” ungkap AF salah satu anak binaan yang memenangkan kuis dadakan

 

Seluruh anak binaan bertepuk tangan yang menandakan bahwa pembelajaran berakhir dengan penuh keceriaan.

 

HUMAS LPKA PALU

Ikuti tulisan menarik HUMAS LPKA PALU lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan