x

Sabun mandi batang dibuat oleh Taufik Helmi, Usi Susila dan Tiwi Puspita Rini dengan menggunakan bahan dasar VCO. Selain berfungsi membersihkan kotoran dan bakteri pada kulit, pembuatan sabun ini juga sebagai salah satu upaya mahasiswa teknik kimia unpam dalam menjaga lingkungan.

Iklan

Usi Susila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Januari 2024

Selasa, 30 Januari 2024 10:41 WIB

Pembuatan Sabun Transparan Berbahan Dasar VCO

Ragam variasi dan merk sabun telah menjamur di pasaran, baik sabun padat batangan maupun cair dengan aroma-aroma yang harum menambah nilai jual. Tidak hanya itu, perkembangan sabun juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seiring dengan kebutuhan untuk mencukupi keperluan sehari-hari, dimulai dari hal terkecil seperti kebersihan diri tentunya penggunaan sabun sudah tidak bisa dilepaskan. Ragam variasi dan merk sabun telah menjamur di pasaran, baik sabun padat batangan maupun cair dengan aroma-aroma yang harum menambah nilai jual. Tidak hanya itu, perkembangan sabun juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Melihat dari berbagai permasalahan kulit yang menjamur menjadikan sabun semakin beragam jenisnya. Beberapa contohnya yaitu sabun susu kambing dan bengkuang yang digunakan sebagai sabun pemutih kulit, serta sabun yang mengandung antiseptik. Namun, apakah sabun antiseptik untuk membunuh berbagai kuman serta penyakit atau permasalahan jerawat kulit lainnya menjadi pilihan produk yang dipakai banyak orang?

Tidak seperti awal mula terbentuknya sabun di zaman Babilonia jauh sebelum masehi yang menggunakan lemak hewani dan direbus dengan abu untuk membersihkan wol serta kapas dalam pembuatan tekstil. Proses yang panjang dan harga nan relatif tinggi sehingga tidak semua orang bisa menggunakan sabun pada zamannya. Di Indonesia, sebelum mengenal sabun, nenek moyang kita menggunakan lempeng-lempeng batu halus yang digosokan ke badan lalu menambahkan mawar, melati, kenanga, sirih ataupun minyak zaitun pada air mandi untuk memberi bau harum dan menghaluskan kulit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam pembuatan sabun modern yang ditemukan salah satu warga Perancis, LeBlanc dengan proses kimia serta menjadikan biaya produksinya lebih murah membuat sabun mahal sebelumnya anjlok. Lebih dari 20 tahun perkembangannya, orang Perancis mencampurkan gliserin, lemak, dan asam yang dikenal dengan sabun modern saat ini. Perkembangan sabun terus berlanjut hingga abad pertengahan dimana sabun mandi ditemukan dan terpisah dari sabun cuci. Saat ini penggunaan sabun digunakan dalam segala jenis kegiatan pembersihan, bahkan jenis sabun mandi pun kian beragam dimulai dari sabun batangan, cair, cream, hingga body scrtnllkub dan lainnya.

Sabun yang kita pakai dapat dipilih sendiri sesuai kebutuhan, apakah sabun berbahan kimia sudah menjamur di pasaran ataupun sabun berbahan alami nan lebih ramah lingkungan. Banyaknya pilihan, juga dengan proses pembuatannya. Salah satunya pembuatan sabun dengan menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil) yang merupakan minyak hasil ekstraksi dari kelapa tanpa proses pengolahan kimia.

Penggunaan VCO dalam pembuatan sabun menghasilkan produk sabun transparan. Di mana jenis sabun bening ini lebih menarik dan lebih halus serta lembut di kulit. Pada pembuatannya diperlukan beberapa campuran bahan agar menghasilkan sabun yang baik, di antaranya ada VCO, asam stearat, NaOH, etanol, gliserin, gula, dan penambahan pewarna serta pewangi.

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam pembuatan sabun transparan ini dengan menyiapkan semua alat dan bahan. Dibutuhkan hotplate yang menyala untuk memanaskan 30 ml VCO dalam suhu panas 35° Celcius. Setelah VCO dipanaskan kemudian ditambahkan asam stearat sebanyak 15 gram. Kedua bahan tersebut diaduk hingga homogen. Selanjutnya, ditambahkan NaOH 7,5 gram yang telah dilarutkan dalam 25 ml aquades, diaduk benar-benar hingga padatan yang terbentuk larut dengan bahan lainnya.

Setelahnya ditambahkan kembali etanol sebanyak 50 ml serta gliserin dalam jumlah 30 ml. Kemudian dimasukkan juga gula putih sebanyak 15 gram hingga semua larut dalam gelas beaker yang dipanaskan di atas hotplate. Untuk menambahkan tampilan sabun lebih menarik bisa ditambahkan pewarna dan essential oil sebagai pewanginya. Hasil bahan yang sudah tercampur sempurna dapat dituangkan ke dalam wadah cetakan dan ditunggu hingga mengering. Sabun transparan yang halus dan lembut dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan dan pengerjaan seperti yang dijelaskan.

Penggunaan sabun diy ini sendiri bisa dipakai sebagai sabun mandi berbentuk batangan yang bisa dipastikan sendiri pembuatannya, jika dibandingkan dengan sabun pasaran beredar. Kita juga dapat membuat custom sabun dengan warna yang kita sukai serta bau harum yang disesuaikan. Tentunya menjadi hal menarik dengan meracik sabun sendiri sebagai pengalaman unik dan menambah wawasan mengenai hal-hal yang sering kita gunakan di sekitar kita.

Sebagaimana sabun telah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki serta digunakan semua orang. Dengan proses pembuatan sabun transparan menggunakan VCO merupakan salah satu proses pembuatan yang memakan waktu singkat dan tergolong mudah untuk dipraktekkan.

Ikuti tulisan menarik Usi Susila lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu