x

Laman Tempo.co

Iklan

Sabiya Nazneen

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 20 Februari 2024 10:34 WIB

Konten Berat dan Konten Receh di Tempo.co

Namun salah satu kelemahan dari akun Twitter @tempodotco ini adalah mereka juga mengunggah banyak konten yang receh. Ini menyebakan konten berita yang penting menjadi tertimbun

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu media daring yang menjadi favorit saya adalah akun Twitter @tempodotco. Akun Twitter resmi dari Tempo Media Group itu merupakan salah satu media berita yang mengunggah berita terbaru dalam waktu yang cepat sehingga akun ini dapat dibilang merupakan portal berita ter-up to date di media sosial Twitter. Konten-konten yang mereka unggah juga tidak terkesan berat sebelah atau hanya menonjolkan salah satu pihak. Mereka pun juga tidak segan untuk memuat kritik dan menguak fakta yang sebenarnya dalam konten-konten yang mereka unggah. 

Namun salah satu kelemahan dari akun Twitter @tempodotco ini adalah mereka juga mengunggah banyak konten yang ‘receh’ sehingga konten berita yang penting menjadi tertimbun, ini juga merupakan salah satu akibat dari tidak adanya fitur dari media sosial Twitter sendiri yang tidak menyediakan fitur sortir atau menyemat lebih dari satu postingan, sehingga konten-konten lama yang bersifat penting dapat tertimbun dengan konten-konten baru.

Netflix merupakan media daring favorit yang sering saya gunakan selain platform media sosial Twitter. Melalui Netflix, saya dapat mengakses serta menonton konten-konten berupa vidio atau film, terutama film dokumenter. Saya sering sekali menonton film dokumenter kriminal di Netflix, karena menurut saya setiap film dokumenter yang dimuat di Netflix dikemas dalam sinematografi yang baik, alurnya yang rapi, serta durasinya yang dibuat singkat namun dapat memuat keseluruhan dari kasus yang dibahas. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tentunya Netflix juga menyediakan berbagai genre film lainnya seperti action, horror, sci-fi, thriller, dan masih banyak lagi.

Satu-satunya kelemahan yang dimiliki media daring Netflix ini adalah seluruh kontennya bersifat premium atau terbatas. Dimana seluruh penggunanya diharuskan untuk berlangganan terlebih dahulu sebelum dapat menikmati film-film yang disediakan Netflix.

 

Bagaimana cara membuat media daring yang dapat menarik perhatian banyak khalayak?

Menurut saya, banyak cara untuk membuat media daring yang bisa menarik perhatian banyak khalayak. Salah satunya adalah mengenal target audiens kita terlebih dahulu. Dengan mengenal target audiens, kita dapat mengetahui konten apa dan media daring apa yang dapat kita buat berdasarkan referensi, hobi, kesukaan, atau bahkan gaya hidup dari target audiens kita. Selanjutnya, kita dapat melakukan berbagai langkah untuk mempromosikan, mengenalkan, dan menyebarluaskan media daring yang telah kita buat agar sampai dan terdistribusi kepada target audiens yang telah kita pilih. Seperti menayangkan cuplikan dari media daring di media sosial atau bisa juga dengan aktif mengunggah konten untuk meningkatkan engagement.

 

*)Ini adalah tugas mata kuliah Komunikasi Digital dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.

Ikuti tulisan menarik Sabiya Nazneen lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler