x

Peyerahan buah tangan sebagai bentuk penutup kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa

Iklan

Fitriyah Ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Februari 2024

Rabu, 21 Februari 2024 06:13 WIB

Mahasiswa PMM UMM Bantu Kembangkan UMKM Dusun Sengkaling Melalui Ekonomi Digital

Program-program untuk pelaku UMKM ini mencakup sosialisasi dan pelatihan e-Commerce, pendampingan dan monitoring penggunaan media sosial, hingga pemetaan sebaran pengusaha,

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mahasiswa PMM UMM Bhaktiku Negeri Kelompok 24 Gelombang 3 mengangkat judul Mendorong Kreativitas Inovasi dan Ekspansi Digital pada Pelaku UMKM Dalam Industri Kreatif. Kelompok mahasiswa ini beranggotakan Ferdinda Azzahra, Fitriyah Ayu Mawarni, Monica Zahwa Salsabila, Arstia Huurunain Bamna, dan Wahyu Priacane Agara yang berlatar belakang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen dan Ekonomi Pembangunan . Kegiatan PMM telah berlangsung satu bulan lamanya yakni (19/01) hingga (17/02) yang berlokasi di Dusun Sengkaling RT 01 / RW 07, Desa Mulyoagung, Kec. Dau, Kabupaten Malang di bawah bimbingan Bapak Zainal Arifin, M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

PMM Bhaktiku Negeri adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dan fokus dari PMM ini berupa edukasi dan pendampingan pada para pelaku UMKM, khususnya di Dusun Sengkaling RT 01 / RW 07. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian  (UMM).

Dengan terlaksananya rangkaian kegiatan PMM melalui program-program digitalisasi pada beberapa pelaku UMKM, diharapkan mampu memberikan dampak positif. Ini mencakup peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital, bantuan dalam pembuatan logo dan pemasaran produk secara online, serta pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya media sosial dalam pemasaran digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, juga memberikan solusi dan pendampingan untuk pengembangan bisnis UMKM. Dengan terselenggaranya kegiatan PMM UMM Kelompok 24 Gelombang 3 ini, diharapkan para pelaku UMKM di Dusun Sengkaling dapat meningkatkan kreativitas, inovasi, dan ekspansi digital mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya saing, pendapatan, dan mendorong kemajuan ekonomi di Dusun Sengkaling.

Pembukaan kegiatan PMM ini dilaksanakan pada (19/01) yang diawali dengan pengenalan warga dengan anggota PMM yang dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua Perkumpulan UMKM, dan Ketua RT 01 / RW 07 Dusun Sengkaling Desa Mulyoagung, serta warga RT 01 / RW 07 Dusun Sengkaling Desa Mulyoagung. Dalam hal ini Kelompok 24 Gelombang 3 berharap dengan sambutan yang baik dari warga RT 01 / RW 07 Dusun Sengkaling dapat menjadi awal yang baik untuk terlaksananya kegiatan PMM selama satu bulan kedepan.

Program-program untuk pelaku UMKM ini mencakup Sosialisasi dan Pelatihan E-Commerce, Pendampingan dan Monitoring Penggunaan Media Sosial, Pendampingan Packaging Produk, Pendampingan Campaign Videography dan Photography dan Pemetaan Peta Sebaran Pelaku UMKM RT 01 / RW 07 Dusun Sengkaling.

Dari rangkaian kegiatan di atas telah tuntas dilaksanakan oleh PMM Kelompok 24 Gelombang 3 pada (19/02) dengan melakukan penyerahan buah tangan kepada perwakilan Desa yakni Sekertaris Desa Mulyoagung dan Ketua RT 01/ RW 07 Dusun Sengkaling. Melalui program-program tersebut diharapakan dapat membawa hal-hal yang bermanfaat dan menjadi sebuah pengalaman baru bagi anggota PMM, para pelaku UMKM dan warga Dusun Sengkaling RT 01 / RW 07 yang turut berperan aktif dalam membantu mensukseskan sampai berakhirnya semua rangkaian kegiatan.

Tentu, dengan memanfaatkan potensi kreativitas, inovasi, dan teknologi digital sehingga Malang dapat menjadi kota yang menginspirasi, berdaya saing, dan berkontribusi secara aktif pada pertumbuhan industri kreatif secara nasional maupun global.

 

 

Ikuti tulisan menarik Fitriyah Ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler