x

Iklan

Tarisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Februari 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 07:02 WIB

Pesona di Balik Kisah Mistis Pantai Batu Nona, Kupang

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki sejumlah keindahan alam yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Pantai Batu Nona yang terletak di Kupang, yang menawarkan pemandangan bebatuan karang yang memukau.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki sejumlah keindahan alam yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Pantai Batu Nona yang terletak di Kupang, yang menawarkan pemandangan bebatuan karang yang memukau.

Pantai ini dinamai berdasarkan legenda yang dikenal di masyarakat, yang mengisahkan tentang seorang wanita yang disebut Nona. Konon, ia jatuh cinta dan merasa patah hati setelah hubungannya putus dengan kekasihnya, sehingga memutuskan untuk melompat ke laut dan berubah menjadi batu. Cerita ini memberikan nuansa mistis yang melingkupi keindahan pantai ini.

Batu Nona berada tepat di tepi pantai; namun, saat ini, kondisinya tidak terlihat lagi karena terkikis oleh gelombang laut. Pihak pengelola kini sedang membangun kembali patung perempuan tepat di lokasi di mana Nona dikatakan melompat. Jika Anda penasaran dengan keindahan pantai dan misterinya, mari langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Nona

1. Mistis Namun Asri

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari namanya saja, Pantai Batu sudah memiliki nuansa mistis, apalagi dengan cerita dari penduduk sekitar yang mengisahkan tentang seorang wanita yang terlihat menangis di atas karang di tepi pantai.

Meskipun ceritanya terbilang memiliki unsur mistis yang dapat dipercaya atau tidak, pengunjung diimbau untuk meninggalkan Pantai Batu Nona sebelum jam 6 sore waktu setempat.

Masyarakat meyakini bahwa setelah petang, arwah sering berkeliaran di sekitar pantai. Namun, meskipun memiliki misteri tersebut, pantai indah ini tetap banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keaslian pantai dan keindahan alamnya secara langsung.

2. 3 Kolam Renang

Daya tarik utama Pantai Batu Nona adalah keberadaan kolam renang yang terbagi menjadi tiga bagian. Wisatawan dapat bersantai di kolam yang menghadap langsung ke keindahan pantai yang memukau ini. Kedalaman kolam bervariasi antara 2 hingga 1 meter.

Terdapat juga kolam khusus untuk anak-anak yang selalu ramai digunakan untuk bermain. Sambil menunggu anak-anak bermain air di kolam, orang tua dapat menikmati pemandangan indah pantai. Keuntungan utama dari kolam renang di sini adalah bahwa harga tiket masuk ke area pantai sudah termasuk biaya masuk ke kolam renangnya, sehingga pengunjung dapat menghemat lebih banyak.

3. Ditemani Makan dan Minuman Khas

Pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman khas dari Kupang saat berkunjung ke pantai yang populer ini. Salah satu hidangan yang terkenal adalah pisang epe, yang terbuat dari pisang raja atau pisang kepok yang dipipihkan, dibakar, dan disajikan dengan gula aren. Rasanya manis dan gurih, sempurna untuk menemani saat bersantai. Pisang epe ini umumnya ditemukan di daerah Makassar.

Sementara itu, buah lontar adalah buah yang menyerupai kelapa namun berisi seperti kolang-kaling yang berukuran cukup besar. Teksturnya mirip dengan kolang-kaling yang kenyal, dan airnya menyegarkan layaknya air kelapa, cocok untuk melepaskan dahaga.

Buahnya dapat diolah menjadi minuman, sedangkan airnya, yang dikenal sebagai air Nira, dapat digunakan untuk membuat gula aren atau bahkan digunakan oleh warga setempat untuk pembuatan arak.

4. Ombak Pantai yang Tenang

Keindahan Pantai Batu Nona yang eksotis semakin diperkaya dengan ombak yang sangat tenang, karena terletak di sebuah teluk yang menenangkan. Namun, ombak di pantai ini dapat menjadi besar ketika angin barat bertiup.

Pengunjung akan menikmati semilir angin sepoi-sepoi dan ombak laut yang tenang, membuat kegiatan bersantai menjadi semakin menyenangkan. Namun, kadang-kadang angin berhembus kencang dan membawa butiran pasir, jadi pastikan untuk membawa kacamata ketika bermain di pantai.

5. Penginapan Dekat dengan Pantai

Kota Kupang, di Provinsi Nusa Tenggara Timur, memiliki banyak destinasi alam yang tidak mungkin dieksplorasi dalam satu hari. Setiap pantainya memiliki daya tarik unik. Pengunjung dari luar pulau atau bahkan mancanegara yang mencari penginapan dapat menemukan pilihan di sekitar pantai.

Fasilitas yang disediakan sudah memenuhi standar, dan harganya disesuaikan dengan jenis kamar dan fasilitas yang disediakan. Lokasinya yang dekat dengan Kota membuat penginapan di tepi pantai yang indah ini menjadi tujuan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Batu Nona terletak di Jalan Timor Raya Km 10, di Kelurahan Oesapa, yang termasuk dalam Kecamatan Kelapa Lima. Pantai yang penuh misteri ini merupakan salah satu daya tarik wisata utama di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Warga Kupang sering mengunjungi Pantai Menawan ini untuk melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Pengunjung dari luar kota dapat mencapainya dengan menggunakan transportasi umum, seperti angkutan jurusan Kupang ke Tarus, yang akan membawa mereka ke Jalan Timor Raya. Kemudian, mereka bisa turun di pertigaan jalan Nunsui.

Dari Nunsui, perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik ojek yang tersedia di sekitar pertigaan. Para pengemudi ojek akan membawa wisatawan sampai ke gerbang masuk Pantai Menawan.

Untuk pengguna kendaraan pribadi, cukup arahkan kendaraan ke Jalan Timor Raya di Kilometer 10, lalu belok ke arah pantai. Terdapat papan penunjuk jalan yang mengarah ke pantai.

Bagi wisatawan yang datang dari luar Pulau Nusa Tenggara Timur, di sekitar pantai tersedia berbagai tempat penginapan. Harga sewa per malamnya terjangkau, dengan pemandangan langsung menghadap ke pantai. Harga kamar disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Nona

Akses ke pantai sebenarnya gratis; namun, biaya akan dikenakan bagi wisatawan yang ingin menikmati fasilitas kolam renang. Harga tiket masuk ke kolam renang bervariasi berdasarkan usia. Untuk anak-anak, harga tiket masuknya Rp 10.000,- per orang, sementara untuk orang dewasa Rp 15.000,- per orang.

Catatan: Harga tiket masuk sudah mencakup biaya berenang di kolam renang. Namun, biaya parkir kendaraan tidak termasuk dalam harga tiket masuk.

Biaya parkir kendaraan sepeda motor adalah Rp 2.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,-. Harga tiket masuk dapat mengalami kenaikan pada hari libur nasional dan saat musim liburan, tergantung kebijakan dari pihak pengelola.

Jam operasional adalah dari pagi hingga sore setiap hari. Kami berharap pengunjung mematuhi kepercayaan masyarakat setempat untuk tidak berada di pantai setelah pukul 18.00 waktu setempat guna mencegah insiden yang tidak diinginkan.

Aktivitas Seru di Pantai Batu Nona

1. Berenang di Kolam

Berenang di kolam renang sambil menikmati pemandangan laut, siapa yang bisa menolak kesempatan ini? Kolam renang tersedia dalam tiga kedalaman: 2 meter, 1 meter, dan kolam khusus untuk anak-anak. Pengunjung yang mahir berenang dapat mencoba kedalaman 2 meter, sementara yang masih pemula dapat berenang di kedalaman 1 meter. Di sini, anak-anak juga memiliki area berenang yang khusus untuk mereka.

2. Bersantai di Pinggir Pantai

Pantai dengan terumbu karang dan tebing di pinggirannya merupakan tempat yang ideal untuk bersantai. Angin yang bertiup kencang, dipadukan dengan deburan ombak yang tenang, menambahkan suasana kedamaian bagi pengunjung.

3. Makan Pisang Epe dan Minuman Lontar

Salah satu kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan di Pantai Batu Nona adalah menikmati makanan Pisang Epe dan minuman dari buah Lontar. Kombinasi antara rasa manis pisang bakar dengan kesegaran minuman buah lontar menjadi hidangan yang nikmat di tepi pantai yang indah ini.

4. Hunting Foto Jangan Lupa

Setelah puas berenang, menikmati keindahan pantai, dan mencicipi kuliner, jangan lupa untuk berburu momen foto. Pantai yang indah ini memiliki spot utama, yaitu Batu Nona yang terletak di atas tebing. Berfoto dengan latar belakang laut yang memesona akan menambah koleksi feed Instagram Anda.

5. Bermain Air

Pantai yang dikelilingi oleh air laut berwarna biru ini memiliki tebing dan karang di sekelilingnya, yang memungkinkan pengunjung untuk bermain pasir di tepi pantai. Selain itu, mereka juga dapat bermain air; aliran air yang tertinggal di antara karang-karangnya membentuk genangan air yang indah, seolah-olah menciptakan kolam kecil dengan keberagaman ikan dan kerang.

6. Menyaksikan Sunset Indah

Pantai Batu Nona menawarkan pemandangan sunset yang indah saat senja tiba, disertai dengan semilir angin yang menambah nuansa syahdu. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai yang menawan ini adalah menjelang matahari terbenam di sore hari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pantai Batu Nona dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk lahan parkir, kolam renang, toilet, gazebo, penginapan, dan warung makan.

Kolam renang menjadi daya tarik utama karena jarang terdapat pantai yang menyediakan fasilitas seperti ini. Pengunjung menyatakan bahwa kolam renang ini sangat cocok untuk anak-anak yang mencari keseruan.

Warung makan di sini menawarkan pengalaman unik dengan menyajikan Pisang Epe dan minuman hangat, bukan makanan berbahan dasar seafood seperti yang umumnya ditemui di pantai. Menu ini menjadi pilihan ngemil yang sempurna di sore hari sebelum makan malam.

Demikianlah pesona Pantai Batu Nona yang misterius seperti yang dilansir slot online, Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Tarisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB