x

Podcast Bocor Alus. Tangkapan layar dari YouTube

Iklan

Nathan nevito

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Senin, 26 Februari 2024 18:16 WIB

Hubungan Media Sosial dan Media Arus Utama di Indonesia

Media sosial telah mengubah lanskap media arus utama di Indonesia dengan cara yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Analisis

 

       
       

 

       
       
 
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sumber : https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

 

Media sosial telah mengubah lanskap media arus utama di Indonesia dengan cara yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum adanya media sosial, media arus utama seperti televisi, surat kabar, dan radio merupakan sumber informasi utama bagi masyarakat. Namun, sekarang ini media sosial menjadi semakin populer dan menjadi salah satu sumber informasi utama bagi masyarakat.

 

Kecepatan dan Akses Informasi

Media sosial memiliki keunggulan dalam memberikan akses informasi secara cepat dan mudah. Informasi dapat disebarkan dengan cepat dan mudah melalui platform media sosial seperti TikTok, Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube. Hal ini berbeda dengan media arus utama seperti televisi dan surat kabar, yang membutuhkan waktu untuk memproduksi dan menyiarkan informasi.

Kredibilitas Informasi

Salah satu kelemahan media sosial adalah kredibilitas informasi yang disebarkan. Karena siapa saja dapat membuat akun dan memposting konten, maka informasi yang tersebar di media sosial tidak selalu dapat dipercaya. Di sisi lain, media arus utama seperti televisi dan surat kabar memiliki reputasi yang lebih baik dalam memberikan informasi yang akurat dan terpercaya.

Dampak pada Industri Media

Kehadiran media sosial telah mengubah industri media arus utama di Indonesia. Surat kabar dan stasiun televisi terpaksa harus menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Mereka harus memperluas kehadiran mereka di media sosial dan meningkatkan interaksi dengan pengguna media sosial.

Perubahan Konsumsi Media

Perubahan besar yang terjadi dalam industri media di Indonesia akhirnya mempengaruhi cara masyarakat mengonsumsi media. Masyarakat kini cenderung mencari informasi dari media sosial sebagai sumber informasi utama mereka, terutama untuk berita yang lebih cepat dan lebih aktual. Namun, masih banyak orang yang mengandalkan media arus utama untuk informasi yang lebih mendalam dan terpercaya.

Interaksi Antar Pengguna

Media sosial memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berinteraksi dengan media dan sesama pengguna. Masyarakat dapat membagikan pendapat mereka tentang berita dan isu-isu penting, serta dapat memperoleh informasi yang lebih cepat melalui diskusi online. Interaksi ini tidak terjadi pada media arus utama yang hanya mengirimkan informasi ke pemirsa atau pembaca.

Dalam kesimpulan, media sosial telah memiliki pengaruh besar dalam mengubah media arus utama di Indonesia. Meskipun media sosial telah mengubah cara masyarakat mengonsumsi media, media arus utama masih memiliki peran penting dalam memberikan informasi terpercaya dan mendalam. Media arus utama juga masih menjadi pilihan bagi banyak orang untuk mengonsumsi berita dan informasi yang lebih terstruktur dan terorganisir.

*) Artikel in merupakan tugas mata kuliah Komunikasi Digital dari program studi Produksi Media. Dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.

 

Ikuti tulisan menarik Nathan nevito lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB