Analisis Hubungan Media Sosial dan Media Arus Utama

Selasa, 27 Februari 2024 12:32 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ini adalah tugas mata kuliah Komunikasi Digital dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.

Hasil Survei APJII 2023

Dilihat dari data diatas, dapat dilihat bahwa adanya kenaikan pengguna media sosial Youtube pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak masyarakat yang menunjukkan antusiasme mereka terhadap informasi disampaikan dan disebarkan dalam bentuk audio visual. Hal ini juga didukung dengan adanya 26.80% pengguna yang mempunyai akun media sosial TikTok yang menjadikan media sosial ini masuk ke dalam peringkat 5 teratas media sosial yang sering digunakan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Media sosial yang banyak digunakan seperti Facebook, Instagram dan Twitter banyak memainkan peran dalam menyampaikan informasi kepada khalayak banyak. Hal ini tentu akan mempengaruhi opini publik dengan cepat dan secara langsung. Konten yang diunggah ke media sosial pun dapat menciptakan tren dan membentuk pandangan masyarakat terhadap suatu isu atau peristiwa. Melalui media sosial pula, para penggunanya dapat menyampaikan tanggapan dan kritik terhadap suatu isu yang sedang ramai diperbincangkan.

Berita atau konten yang viral di media sosial dapat menjadi sorotan utama dalam pemberitaan media arus utama dan sebaliknya. Banyak media arus utama juga menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan berita mereka, memperluas jangkauan, dan berinteraksi dengan pemirsa.

Karena mudahnya seseorang mengunggah suatu konten di media sosial, tentunya hal ini banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita palsu atau hoax. Bahkan tidak sedikit yang dengan sengaja menyebarkan propaganda atau memanipulasi narasi yang mengakibatkan masyarakat sulit untuk membedakan antara berita yang valid dan tidak valid.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Sabiya Nazneen

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Analisis Periklanan di Indonesia

Minggu, 12 Mei 2024 11:30 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler