x

Mengurangi penggunaan media sosial terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dan kepuasan kerja

Iklan

Sabiya Nazneen

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024 12:32 WIB

Analisis Hubungan Media Sosial dan Media Arus Utama

Ini adalah tugas mata kuliah Komunikasi Digital dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hasil Survei APJII 2023

Dilihat dari data diatas, dapat dilihat bahwa adanya kenaikan pengguna media sosial Youtube pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak masyarakat yang menunjukkan antusiasme mereka terhadap informasi disampaikan dan disebarkan dalam bentuk audio visual. Hal ini juga didukung dengan adanya 26.80% pengguna yang mempunyai akun media sosial TikTok yang menjadikan media sosial ini masuk ke dalam peringkat 5 teratas media sosial yang sering digunakan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Media sosial yang banyak digunakan seperti Facebook, Instagram dan Twitter banyak memainkan peran dalam menyampaikan informasi kepada khalayak banyak. Hal ini tentu akan mempengaruhi opini publik dengan cepat dan secara langsung. Konten yang diunggah ke media sosial pun dapat menciptakan tren dan membentuk pandangan masyarakat terhadap suatu isu atau peristiwa. Melalui media sosial pula, para penggunanya dapat menyampaikan tanggapan dan kritik terhadap suatu isu yang sedang ramai diperbincangkan.

Berita atau konten yang viral di media sosial dapat menjadi sorotan utama dalam pemberitaan media arus utama dan sebaliknya. Banyak media arus utama juga menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan berita mereka, memperluas jangkauan, dan berinteraksi dengan pemirsa.

Karena mudahnya seseorang mengunggah suatu konten di media sosial, tentunya hal ini banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita palsu atau hoax. Bahkan tidak sedikit yang dengan sengaja menyebarkan propaganda atau memanipulasi narasi yang mengakibatkan masyarakat sulit untuk membedakan antara berita yang valid dan tidak valid.

Ikuti tulisan menarik Sabiya Nazneen lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler