x

Ilustrasi Nongkrong. Gambvar: Stacksanp dari Pixabay.com

Iklan

Nurbaya Nuby

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 2 Maret 2024 16:17 WIB

Panduan Nongkrong Cantik dan Sehat

Nongkrong dan makan di luar rumah sah-sah saja bagi yang sedang berdiet. Kita tetap bisa menikmati waktu bersosialisasi dengan teman-teman atau keluarga tanpa mengorbankan kesehatan kita. Bagaimana caranya?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nongkrong bareng sama teman-teman tentu saja paling asyik sambil makan-makan di tempat favorit yang instagramable. Tempat ketemunya bisa di café atau di tempat nongkrong lain yang bukan hanya menawarkan tempat yang nyaman, tapi juga berbagai makanan yang enak dan tentu saja minuman kekinian beraneka rasa. 

Sering kali makanan dan minuman yang ditawarkan di café memiliki kandungan gula yang tinggi dengan porsi yang relatif besar. Ini tentu saja menjadi tantangan bagi kita yang sedang berdiet atau yang berusaha hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gula. Karena bisa dipastikan makanan dan minuman-minuman manis tersebut mengandung kalori yang tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Panduan Nongkrong Cantik dan Sehat

Di satu sisi, kita tidak mungkin hanya pesan air mineral saja saat janjian sama teman-teman. 
Nongkrong dan makan di luar rumah sah-sah saja bagi yang sedang berdiet. Kita tetap bisa menikmati waktu bersosialisasi dengan teman-teman atau keluarga tanpa mengorbankan kesehatan kita. Tapi harus diingat, selama makan di cafe, kita tetap harus memperhatikan apa yang dimakan dan berapa banyak kalori dari makanan dan minuman tersebut. 

Berikut ini beberapa tip yang dapat dilakukan saat makan di luar rumah agar asupan kalori kita tetap terjaga.

Pertama, carilah café atau restoran sehat. Hindarilah nongkrong bareng teman-teman atau keluarga di resto fastfood yang hanya menyajikan makanan cepat saji yang tinggi energi dan minuman bersoda yang tinggi kadar gula. Ini akan merusak pola makan kita. Cobalah memilih café atau restoran yang menawarkan makanan dan minuman sehat. Saat ini café yang menawarkan menu sehat sudah banyak dijumpai.

Namun jika tidak ada pilihan lain selain resto fastfood, maka pesanlah makanan dengan porsi kecil. Hindari memesan minuman bersoda. Untuk minuman, kita bisa memesan air mineral saja atau paling tidak es teh yang less sugar. 

Tip kedua, perhatikan porsi. Café atau restoran sering kali menyajikan makanan dan minuman dalam porsi besar. Saat makan di luar bersama teman dan keluarga, sering kali kita terbawa suasana hingga kalap dan menghabiskan semua makanan tersebut. Apalagi kalau makan sambil bergosip, pasti makin lahap makannya. Jadi, cobalah memesan porsi makanan yang lebih kecil. Atau jika tidak ada pilihan lain, cobalah berbagi makanan dengan teman-teman. Tips ini akan menjaga asupan kalori kita.

Tip yang ketiga ini cukup menantang. Perhatikan asupan gula, garam dan lemak pada makanan dan minuman yang kita pesan. Ingat, batasi GGL (Gula-Garam-Lemak). Saat makan di luar rumah, tetap perhatikan aturan GGL 4-1-5.

GGL 4-1-5 artinya asupan gula maksimal adalah 4 sendok, asupan garam 1 sendok teh, dan untuk lemak maksimal 5 sendok makan. Inilah batasan konsumsi GGL dalam sehari. Jadi saat memesan makanan, cobalah meminta kepada pelayan agar tidak menambahkan garam atau MSG dalam makanan yang kita pesan. Dan yang paling penting hindarilah memesan cemilan yang manis-manis, asin dan gorengan. Gantilah dengan memesan sayuran atau salad buah yang lebih segar. Kalau memesan jus atau minuman lainnya, lagi-lagi sebaiknya pesan yang less sugar. Jika sudah ada tambahan gula, jangan ditambah lagi dengan creamer atau susu kental manis.   

Nongkrong cantik, nongkrong sehat berarti kita berusaha menghargai kebersamaan dengan teman-teman atau keluarga. Kita tetap harus menghadirkan mindful eating. Kesadaran diri tentang apa yang sedang dikonsumsi saat ini. Konsep mindful eating membuat kita sadar dan benar-benar memperhatikan apa yang sedang kita makan.

Mindful eating akan membuat kita memperhatikan jumlah dan jenis makanan yang kita konsumsi serta bagaimana kita mengonsumsi makanan tersebut. Hal ini akan menghindarkan kita melakukan food craving atau keinginan mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang ditawarkan oleh café atau resto tempat kita nongkrong bersama teman-teman atau keluarga. Ketika kita telah menerapkan mindful eating, kita akan mulai memperhatikan dengan penuh kesadaran setiap aspek dari makanan yang kita makan, termasuk warna, tekstur, aroma, rasa, hingga manfaat makanan yang kita makan bagi tubuh dan kehidupan kita. Matikan ponsel dan hindari gangguan lainnya sehingga kita dapat fokus sepenuhnya pada interaksi sosial yang berkualitas dan menikmati momen makan bersama teman dan keluarga. 

Untuk menghadirkan mindful eating, cobalah untuk mulai memperhatikan warna, tekstur dan aroma makanan yang ada di hadapan kita. Fokuskan perhatian kita sepenuhnya pada makanan yang kita konsumsi. Makanlah secara perlahan. Berikan ruang bagi lidah untuk menikmati setiap sensasi rasa makanan tersebut.

Manfaat lain yang ditimbulkan dari mindful eating adalah memunculkan rasa bersyukur pada setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dengan mempraktikkan mindful eating yang sehat dan bergizi, kita dapat meningkatkan kesadaran kita untuk menerapkan pola sehat yang mendukung kesehatan kita secara menyeluruh. Jadi, dapat nongkrongnya, dapat juga sehatnya.

Ikuti tulisan menarik Nurbaya Nuby lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB

Terkini

Terpopuler

Menggenggam Dunia

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Selasa, 9 April 2024 13:46 WIB