x

Sumber gambar: Alinea.ID

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 19 April 2024 08:32 WIB

Sindrom Patah Hati

Kesedihan emosional yang mendalam tidak hanya membebani pikiran Anda, tapi berdampak signifikan pada tubuh . Sakit hati yang menyertai depresi dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kesedihan emosional yang mendalam tidak hanya membebani pikiran Anda.

Kesedihan emosional yang mendalam tidak hanya membebani pikiran Anda. Ini berdampak signifikan pada tubuh Anda. Keputusasaan yang mendalam dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung – dan menyebabkan kelemahan otot yang signifikan, dan masih banyak lagi.

Stres akibat kesedihan dapat membanjiri tubuh dengan hormon, khususnya kortisol, yang menyebabkan rasa pegal-pegal di area dada.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sakit hati yang menyertai depresi dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa seseorang dengan gangguan depresi dan penyakit jantung lima kali lebih mungkin meninggal dibandingkan orang yang hanya menderita depresi atau penyakit jantung saja.

Istilah medis sebenarnya untuk pengalaman pikiran/tubuh yang sangat emosional ini disebut kardiomiopati stres. Anda mungkin lebih mengenal istilah sehari-hari: Patah hati.

Tips untuk Sindrom Patah Hati

Jika Anda sedang sakit hati dan putus asa, pertimbangkan tips berikut ini:

1. Jangan menahan rasa sakit emosional Anda. Penelitian menunjukkan bahwa mengekspresikan emosi sangat mengurangi respons tubuh terhadap stres.

2. Jangan memberi batasan waktu pada kesedihan Anda. Dan jangan biarkan orang lain menetapkannya untuk Anda juga.

3. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan fisik Anda. Kelembutan, kehangatan dan sentuhan bisa menjadi penyembuhan.

4. Jangan abaikan rasa sakit atau nyeri kronis. Hubungi dokter Anda.

5. Makanlah dengan baik, pastikan Anda memilih makanan sehat agar Anda tetap bergizi selama masa-masa sulit.

6. Pertahankan jadwal tidur yang rutin. Jika Anda memerlukan obat untuk membantu Anda tidur, mengatur suasana hati, atau untuk manajemen jantung, jangan merasa malu. Anda sedang melalui masa-masa yang sangat menegangkan.

7. Patah hati membuat banyak orang merasa tertegun dan mandek. Bergerak. Bangun dari tempat tidur. Mandi. Jalan-jalan. Rasakan sinar matahari di wajah Anda.

8. Jika Anda merasa rapuh, batasi paparan Anda terhadap peristiwa yang didorong secara emosional. Itu tidak berarti menjauhkan diri dari orang lain. Putuskan hubungan sosial mana yang akan memberi Anda dukungan, dan mana yang mungkin terlalu membebani.

9. Jangan lupakan sisi spiritual Anda. Doa, bahkan meditasi jika Anda bukan penganut agama, dapat memberikan penghiburan bagi hati yang patah.

10. Pertimbangkan untuk mencari ahli kesehatan mental jika Anda memerlukan bantuan penyembuhan dari patah hati Anda.

***

Solo, Kamis, 18 April 2024. 7:46 pm

Suko Waspodo

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini