x

Iklan

Sujadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Mei 2024

Senin, 20 Mei 2024 09:19 WIB

Daftar Menu Makanan Khas Sulawesi yang Perlu Anda Coba

Anda mungkin sudah familiar dengan makanan khas Sulawesi seperti coto Makassar, es pisang ijo atau jeruk nipis. Menu-menu ini sangat terkenal hampir di seluruh Indonesia lho.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Anda mungkin sudah familiar dengan makanan khas Sulawesi seperti coto Makassar, es pisang ijo atau jeruk nipis. Menu-menu ini sangat terkenal hampir di seluruh Indonesia lho. Sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, Pulau Sulawesi mempunyai beragam kuliner yang beragam sesuai dengan daerahnya masing-masing. Nah berikut ini kami akan membahas daftar menu Makanan Khas Sulawesi. 

Daftar Makanan Khas Sulawesi

Makanan Khas Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan memiliki tiga kota besar yaitu Makassar, Palopo dan Parepare. Selain memiliki jumlah penduduk yang besar, kawasan di dasar Pulau Sulawesi ini juga memiliki kuliner khas yang terkenal dan wajib untuk dicoba. Nah biar nggak makin penasaran, berikut daftar makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib kamu coba!

Coto Makassar

Salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang sangat enak yaitu Coto Makassar. Masakan ini terbuat dari isi perut (jeroan) sapi yang direbus dalam waktu lama dengan tambahan racikan bumbu khas Indonesia. Makanan khas Sulawesi Selatan ini biasanya disajikan dengan burasa atau lontong yang dibuat dari santan dan rempah-rempah.

Sop Konro

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hidangan khas ibu kota Sulawesi Selatan lainnya yang terkenal adalah sop konro. Menu ini sangat mudah Anda temukan bahkan di luar kota Makassar. Makanan khas Sulawesi ini berbahan dasar iga sapi atau daging sapi. Kemudian disajikan dengan kuah coklat dan disantap dengan ketupat.

Meski masakan aslinya dimasak dalam bentuk kuah yang kaya akan bumbu, namun belakangan ini muncul variasi kering bernama Konro Bakar yaitu iga sapi yang dipanggang dengan bumbu khas Konro.

Jalangkote

Kuliner khas Makassar lainnya yang tak kalah terkenalnya adalah jalangkote. Kue ini bentuknya mirip pastel, hanya saja kulitnya lebih tipis dan kering. Kulit jalangkote menggunakan tepung terigu, telur, santan, mentega, garam dan bahan tambahan lainnya dan dibuat encer. Tak hanya kulitnya saja, isinya pun berbeda-beda. Jalangkote biasanya hanya diisi sayur-sayuran saja.

Es Pisang Ijo

Selain makanan utamanya, Makassar juga memiliki sajian es yang terkenal yaitu Es Pisang Ijo. Sesuai dengan namanya, menu ini terdiri dari pisang raja yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Kuliner ini juga sangat cocok disantap saat cuaca panas karena perpaduan rasa manis dan dingin dari es serutnya.

Pallu Butung

Pallu Butung merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang sering dijadikan hidangan berbuka puasa. Menu ini hampir mirip dengan pisang ijo, hanya saja bahan baku yang digunakan sedikit berbeda. Pallu Butung terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang kemudian dimasak dan kental. lalu masukkan potongan pisang raja yang sudah matang dan aduk.

Kuliner khas Makassar ini juga bisa disajikan hangat atau dingin dengan menambahkan parutan es di atasnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit sirup pada Pallu Butung untuk menambah warna dan rasa manis. 

Makanan Khas Sulawesi Utara

Sulawesi Utara merupakan provinsi yang terkenal dengan kulinernya. Masih banyak kuliner khas ibu kota Sulawesi Utara yang sangat terkenal di Indonesia. Nah, buat kalian yang suka pedas, yuk cobain makanan khas Sulut berikut ini.

Cakalang Fufu

Makanan khas Sulawesi Utara yang wajib Anda coba adalah Cakalang Fufu. Hidangan ini terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui lalu diasapi dan dirangkai dalam bingkai bambu. Menu ini merupakan kuliner khas Minahasa. Cakalang fufu bisa dikonsumsi sendiri dengan cara dipanaskan dan digoreng sebentar dalam minyak panas dan langsung disantap bersama nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa), atau sebagai bahan memasak masakan lainnya. 

Dabu-Dabu

Sulawesi Utara juga memiliki sambal khas yang disajikan sebagai hidangan utama yaitu dabu-dabu. Kenikmatan kuliner khas Manado ini pasti akan Anda temukan saat menyantap masakan khas Manado. Cara membuatnya sambal dabu-dabu sangat mudah lho. Karena bahan yang digunakan masih segar dan hanya dicincang lalu diaduk jadi satu. Biasanya sambal ini sering digunakan sebagai penyedap masakan seafood khususnya ikan bakar.

Pangi

Selain ikan, Sulawesi Utara juga memiliki menu berbahan dasar daun kluwak atau biasa dikenal dengan sayur pangi. Kuliner yang dimasak dengan rempang dan bahan lainnya ini sering menjadi hidangan wajib pada acara-acara penting masyarakat Manado seperti pernikahan, ulang tahun, pembaptisan dan lain-lain.

Resep asli sayur pangi dibuat dengan menggunakan campuran daging, lemak dan darah babi. Namun belakangan ini banyak rumah makan di Manado yang menyajikan makanan ini dengan bahan baku ikan, daging sapi, atau ayam.

Klappertaart

Selain masakan pedas, Sulawesi Utara juga punya masakan manis yang cocok dijadikan hidangan penutup lho, namanya Klappertaart. Makanan khas Manado ini mempunyai pengaruh Belanda yang kuat, karena sudah ada sejak saat itu. Saat ini klappertaart banyak sekali macamnya menurut bahan dan cara pembuatannya.

Jika dipanggang dan menggunakan roti akan menghasilkan klappertaart berbentuk padat yang dapat dipotong seperti kue taart biasa. Sedangkan klappertaart yang dipanggang akan menghasilkan tekstur yang lembut. Kue ini paling enak disantap dalam keadaan dingin sehingga tidak boleh terlalu lama dikeluarkan dari lemari es.

Panada

Anda mungkin sudah familiar dengan kue Panada. Menu ini rupanya berasal dari Sulawesi Utara lho. Kue ini juga konon mendapat pengaruh kuliner Portugis karena bentuknya yang seperti pastel. Makanan khas Sulawesi ini mirip dengan pastel, hanya adonannya saja yang berbeda. Isiannya juga beda, panada biasanya diisi ikan cakalang dengan bumbu pampis. Pembuatan panada terdiri dari bahan dan isian, lalu digoreng dalam minyak hangat.

Demikian ulasan tentang Daftar Menu Makanan Khas Sulawesi seperti yang dilansir togel online. Semoga bermanfaat. 

Ikuti tulisan menarik Sujadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler