x

Iklan

Sujadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Mei 2024

Senin, 20 Mei 2024 09:18 WIB

Apa Saja, sih, yang Dilakukan Auditor? Yuk Simak

Apa yang dilakukan auditor? Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin akan membayangkan seseorang mengenakan setelan jas sedang membaca spreadsheet di kantor.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa yang dilakukan auditor? Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mungkin akan membayangkan seseorang mengenakan setelan jas sedang membaca spreadsheet di kantor. Auditor memainkan peran penting dalam memastikan bahwa bisnis beroperasi dengan jujur dan transparan. Kali ini, Anda akan mempelajari apa yang dilakukan, bagaimana mereka melakukannya, dan bagaimana menjadi auditor ini. 

Apa Itu Auditor?

Auditor berspesialisasi dalam memeriksa dan memverifikasi laporan dan catatan keuangan bisnis serta organisasi. Tujuan utama adalah memastikan bahwa laporan keuangan akurat, lengkap, dan mematuhi undang-undang dan peraturan. Selain memverifikasi catatan keuangan, auditor akan memberikan saran untuk meningkatkan prosedur pelaporan keuangan dan juga mengidentifikasi area untuk penghematan.

Apa yang Dilakukan Auditor?

Auditor memastikan bisnis dan organisasi mematuhi peraturan keuangan dan prinsip akuntansi. Tugas utamanya adalah memeriksa laporan dan catatan keuangan untuk menilai apakah laporan dan catatan tersebut akurat, lengkap, dan mematuhi persyaratan hukum dan peraturan. Auditor juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi potensi penipuan atau salah urus dan membuat rekomendasi perbaikan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mereka juga harus berorientasi pada detail, analitis, dan terampil dalam berkomunikasi karena mereka bekerja erat dengan manajemen dan pemangku kepentingan untuk memberikan wawasan berharga ini mengenai kesehatan keuangan perusahaan. Singkatnya, auditor juga memastikan bahwa perusahaan ini beroperasi secara transparan dan juga demi kepentingan terbaik untuk para pemangku kepentingannya.

Dimana Auditor Bekerja?

Auditor dapat bekerja di berbagai lingkungan. Kantor akuntan biasanya ini akan mempekerjakan auditor untuk mengaudit klien, termasuk perusahaan besar, lembaga pemerintah, dan juga organisasi nirlaba. Instansi pemerintah juga akan mulai mempekerjakan auditor untuk mengaudit program dan lembaga pemerintah ini untuk mulai memastikan mereka mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Auditor yang bekerja di perusahaan swasta bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pencatatan keuangan akurat dan mematuhi undang-undang. Mereka juga dapat melakukan audit internal untuk mengidentifikasi area di mana perusahaan dapat meningkatkan pelaporan keuangan dan juga efisiensi.

Secara keseluruhan, pekerjaan auditor ini sangat penting untuk memastikan keakuratan dan keandalan informasi keuangan, yang penting dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Jika Anda tertarik untuk mengejar karir di bidang audit, banyak peluang tersedia di berbagai industri dan juga lingkungan.

Bagaimana Anda Menjadi Auditor?

Dengan dedikasi dan kerja keras, siapa pun dapat mengejar karir di bidang audit. Menjadi auditor adalah jalur karier menarik yang memerlukan kombinasi pendidikan, sertifikasi, dan juga keterampilan. Memilih program terakreditasi, mengejar sertifikasi yang selaras dengan tujuan karir Anda, dan mengembangkan keterampilan seperti perhatian terhadap detail, pemikiran kritis, dan juga komunikasi sangatlah penting. 

Sekolah

Sekolah adalah komponen penting dalam menjadi auditor. Gelar sarjana di bidang akuntansi atau bidang terkait diperlukan untuk memenuhi syarat untuk posisi audit tingkat pemula. Penting memilih program terakreditasi, karena pemberi kerja memprioritaskan kandidat dengan gelar dari lembaga terakreditasi.

Selain gelar sarjana, beberapa auditor yang memiliki gelar master di bidang akuntansi atau juga bidang terkait. Gelar master ini memberi Anda keunggulan kompetitif di pasar kerja, lalu menunjukkan dedikasi terhadap bidang tersebut dan mulai memberi Anda pengetahuan dan juga keterampilan tingkat lanjut.

Sertifikasi

Sertifikasi adalah komponen penting dari pengembangan profesional auditor ini. Sertifikasi yang paling dikenal luas dalam industri audit adalah sertifikasi (CPA). Untuk menjadi CPAini , Anda harus lulus ujian yang mencakup topik akuntansi, audit, dan perpajakan. Beberapa negara juga akan mengharuskan Anda memiliki pengalaman kerja di akuntansi atau juga audit agar bisa memenuhi syarat untuk sertifikasi CPA.

Sertifikasi lainnya termasuk (CIA) dan (CFE). Sertifikasi yang satu ini memberikan auditor pengetahuan dan keterampilan khusus yang sangat dihargai oleh pemberi kerja. Sertifikasi CIA berfokus pada audit internal, sedangkan sertifikasi CFE akan berfokus pada pencegahan, deteksi, dan investigasi penipuan.

Sertifikasi ini sendiri juga akan segera menunjukkan kepada para pemberi kerja bahwa Anda juga telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan ini untuk melakukan pekerjaan secara efektif. Mereka juga memberi keunggulan kompetitif di pasar kerja dan bisa meningkatkan potensi penghasilan.

Keterampilan

Keterampilan adalah dasar dari auditor sukses. Perhatian terhadap detail ini sangat penting dalam audit. Keterampilan berpikir kritis juga penting, karena auditor harus mampu menganalisis data keuangan dan mengidentifikasi potensi adanya masalah atau perbedaan. Keterampilan komunikasi kuat ini diperlukan agar auditor dapat menjalankan perannya secara efektif. Auditor ini harus mampu mengkomunikasikan informasi keuangan yang jauh lebih kompleks kepada pemangku kepentingan dengan jelas dan ringkas. 

Mereka juga harus dapat bekerja secara efektif dalam tim, karena audit sering kali melibatkan kolaborasi dengan kolega dan klien. Selain itu, auditor ini juga harus memiliki keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang kuat. Mereka harus mampu mengevaluasi informasi keuangan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan atau berisiko. Pemahaman secara menyeluruh tentang peraturan keuangan dan prinsip akuntansi juga sangat diperlukan agar auditor dapat melaksanakan pekerjaannya secara efektif.

Demikian ulasan tentang Apa Saja Sih yang Dilakukan Auditor seperti yang dilansir agen toto macau, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Sujadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler