x

Iklan

Rosnendya Wiguna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Mei 2024

Senin, 20 Mei 2024 20:21 WIB

Sabda Aji Nusantara, Estafeta Melestari Budaya

Sabda Aji Nusantara adalah sebuah sekolah pelestarian budaya yang diikuti oleh peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa serta kalangan umum dan tidak dipungut biaya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Minggu, 19 Mei 2024, baru saja digelar kembali kelas sesi materi pertama membuka Semester 2 Program Sabda Aji Nusnatara (Sekolah Budaya dan Tosan Aji Nusantara) bertempat di ruang kelas Museum Keris Nusantara, kompleks Sriwedari Kota Surakarta. 

Program ini telah resmi dibuka Semester 1-nya pada Desember 2023 lalu secara resmi oleh perwakilan dan pimpinan lembaga yang berkolaborasi sebagaipenyelenggara dan tokoh masyarakat. Mereka adalah Dr. Suparjito (Ketua Paguyuban Sutresna Tosan Aji Nunggak Semi), Bapak Budhi Hartanto (Pembina Pusat Studi Lontar Nusnatara ), Ibu Bonita Rintyowati (Kepala UPTD Museum Surakarta), dan Ustad Syamsudin (Kepala Bidang Program Dompet Dhuafa). Hadir ikut membuka kala Desember itunjuga Beliau Bapak Sugeng Riyanto, S.S, (Waka DPRD Surakarta). 

Sesi kelas pertama Semester 2 kali ini diisi oleh pemateri berkompetensi, yaitu beliau Bapak Hery Suryo Wibowo, A.K (Pembina PSTA Nunggak Semi yang juga Kurator Keris Terakreditasi BNSP) yang membagi ilmunya tentang adab-adab perkerisan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain materi tersebut, sejak semester 1 kemarin dan pada semester 2 ini para peserta mendapat kan materi-materi dasar dan tambahan tentang berbagai Budaya Indonesia, termasuk yang paling utama adalah tentang budaya perkerisan. 

Sabda Aji Nusantara adalah sebuah sekolah pelestarian budaya yang diikuti oleh peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa serta kalangan umum dan tidak dipungut biaya. Digelar setiap dua pekan sekali di akhir pekan, dengan kombinasi outing class kunjungan ke Besalen (tempat pembuatan keris) dan para mranggi (pembuat warangka). 

Para peserta yang didominasi generasi muda terlihat antusias dalam mengikuti program ini karena memiliki semangat yang sama dengan para penyelenggara yaitu mengestateta pelestarian budaya nusantara. 

Berbagai komunikasi interaktif dibangun untuk menghidupkan suasana selain pemberian materi dari para Mentor, antara lain yakni sesi diskusi di perpustakaan Museum Keris Nusantara, Kunjungan eksplorasi di tiap lantai Museum, pemberian game dan hadiah untuk para peserta. 

Rosnendya Yudha Wiguna, Sekretaris PSTA Nunggak Semi yang juga Koordinator Pelaksana Sabda Aji Nusantara mengatakan, bahwa sekolah ini digelar agar tumbuh lagi para perintis perintis dari generasi muda yang siap beramal melestarikan budaya negeri dan tanah air kita; Indonesia. Besar harapan tertanam seperti pesan Bung Hatta: "Hanya satu tanah yang bisa disebut sebagai tanah air, yaitu tanah yang berkembang dengan amal, dan amal itu adalah amal kita"

Ikuti tulisan menarik Rosnendya Wiguna lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler