x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 21 Mei 2024 13:58 WIB

Lima alasan Pekerja Perlu Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Tujub dari 10 pensiunan di Indonesia mengalami masalah keuangan di hari tua. Inilah 5 alasan pentingnya pekerja siapkan dana pensiun sejak dini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin banyak pekerja lupa bahwa masa pensiun atau hari tua cepat atau lambat pasti tiba. Banyak perusahaan atau kantor hari ini menerapkan usia pensiun normal di usia 56 tahun. Artinya, mau tidak mau, si pekerja akan pensiun ketika usia pensiunnya tiba. Karena itu, pensiun sejatinya bukan soal waktu, bukan pula soal umur. Tapi soal keadaan, mau seperti apa kita di masa pensiun?

Masa pensiun, bisa jadi kian mengkhawatirkan. Karena usia harapan hidup orang Indonesia terus bertambah. Saat ini berada di kisaran 72 tahun. Bila usia pensiun di 56 tahun, maka masih ada 16 tahun masa kehidupan di hari tua tanpa memiliki gaji lagi. Pertanyaan, dari mana pensiunan dapat membiayai kebutuhan hidupnya di masa pensiun?

Belum lagi inflasi dari tahun ke tahun yang terus meningkat. Akibat naiknya harga barang dan jasa sehingga menyebabkan nilai uang pun menurun. Tentu, uang Rp. 1 juta hari ini akan menurun nilainya dibandingkan Rp. 1 juta pada 10 tahun yang akan datang. Ilustrasinya, bila pekerja hari ini pensiun dan memiliki gaji terakhir sebesar Rp. 10 Juta. Maka dibutuhkan dana sebesar Rp. 2,7 miliar untuk 15 tahun ke depan setelah pensiun. Lagi-lagi, dari mana dana sebesar itu bisa didapatkan?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Bekerja puluhan tahun sejak muda, tidak menjamin akan Sejahtera di masa pensiun. Gaji besar saat bekerja pun belum tentu menjamin tenang di hari tua. Maka masa pensiun atau hari tua harus dipersiapkan sejak dini. Bahkan sejak mulai bekerja, seharusnya siapapun sudah menabung untuk masa pensiunnya sendiri. Tentu, untuk memenuhi biaya hidup di masa pensiun dan memelihara gaya hidup di hari tua seperti saat masih bekerja.

 

Faktanya hari ini, 9 dari 10 pekerja di Indonesia sama sekali tidak siap pensiun. Bahkan 7 dari 10 pensiunan pada akhirnya mengalami masalah keuangan atau “terpaksa” bergantung kepada anak-anaknya. Kondisi itu terjadi akibat  tidak tersedianya dana yang cukup untuk masa pensiun atau saat tidak bekerja lagi. Atas alasan itulah, setiap pekerja memang harus mempersiapkan dana pensiun sejak dini.

 

Masa pensiun yang sejahtera itu tidak akan pernah datang dengan sendirinya. Karenanya, masa pensiun harus dipersiapkan sejak dini. Bila mau disadari, setidaknya ada 6 (enam) alasan pentingnya mempersiapkan dana pensiun sejak dini, yaitu:

  1. Laju inflasi yang terus meningkat dari tahun ke tahun harus diantisipasi dengan “menabung untuk hari tua” yang konsisten.
  2. Terhindar dari perilaku konsumtif dan potensi perilaku utang yang makin membuat kondisi ekonomi pribadi kian memburuk.
  3. Terhindar dari gaya hidup modern yang tidak perlu sehingga menambah “beban biaya hidup” yang akhirnya “lebih besar pasak daripada tiang”.
  4. Besarnya hasil investasi dana pensiun bila didanakan dalam waktu yang lama (di atas 20 tahun) sehingga akumulasi uang pensiun bisa tumbuh signifikan.
  5. Agar tidak “jatuh miskin” atau kesulitan keuangan di masa pensiun, akibat terlambat menabung untuk hari tua atau masa pensiun.

 

Maka, tidak ada solusi lain untuk bisa lebih siap di masa pensiun. Selain “bertindak dari sekarang untuk mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera”. Berani menyisihkan sebagian gaji, apapun kondisinya, untuk hari tua di saat tidak bekerja lagi. Mulai menabung untuk hari tua, mulai memiliki dana pensiun dari sekarang, tanpa ditunda lagi. Caranya, tentu dapat dilakukan melalui program pensiun DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Karena DPLK adalah program yang dirancang khusus untuk mempersiapkan masa pensiun pekerja. Untuk memenuhi kebutuhan hidup di hari tua saat tidak bekerja lagi.

 

Yuk siapkan masa pensiun sejak dini. Janga nada lagi alasan klasik, bahwa gaji hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Sehingga tidak ada yang bisa ditabung untuk masa pensiun. Cara pandang “gaji tidak cukup”, tidak sepenuhnya benar. Harus ada ikhtiar untuk mempersiapkan masa pensiun. Karena masa pensiun sama pentingnya dengan masa pekerja. Agar tercipta “kerja yes, pensiun oke”. Salam #EdukasiDanaPensiun #YukSiapkanPensiun #MasaPensiun #DanaPensiun

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler