Dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang Berbagi Pengetahuan Keamanan Siber di SMA Nurul Fikri Sukabumi

Sabtu, 15 Juni 2024 19:24 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menyadari maraknya penipuan online yang mengincar berbagai kalangan, dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan PKM di SMA Nurul Fikri, Sukabumi.Tujuannya membekali siswa dengan pengetahuan perlindungan terhadap penipuan online.

Menyadari maraknya penipuan online yang mengincar berbagai kalangan, dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Nurul Fikri Sukabumi pada tanggal 25 April 2024. Kegiatan ini mengangkat tema "Workshop Kesadaran Keamanan Siber Membekali Siswa SMA Nurul Fikri dengan Pengetahuan Perlindungan Terhadap Penipuan Online".

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa SMA Nurul Fikri tentang berbagai modus penipuan online yang marak terjadi. Para dosen Unpam, dengan keahlian mereka di bidang informatika, berbagi tips dan trik untuk menghindari penipuan online, seperti mengenali ciri-ciri email atau pesan phising, menjaga kerahasiaan data pribadi, dan berhati-hati saat bertransaksi online.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Antusiasme para siswa terlihat jelas selama workshop berlangsung. Mereka aktif bertanya dan mengikuti simulasi yang diberikan oleh para narasumber. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para siswa dalam meningkatkan kewaspadaan dan keamanan mereka di dunia digital.

Selain workshop, dosen Unpam juga memberikan materi tentang pentingnya menjaga privasi di media sosial dan bagaimana menggunakan internet dengan bijak. Para siswa diajak untuk menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan tidak menyebarkan informasi yang tidak benar atau hoaks.

Kepala Sekolah SMA Nurul Fikri, Bapak Kamal Ambari S.Pd., M.M., menyambut baik kegiatan PKM ini dan memberikan apresiasi kepada dosen Unpam atas kepedulian mereka dalam memberikan edukasi tentang keamanan siber kepada para siswa. Beliau berharap agar kegiatan serupa dapat diadakan kembali di lain waktu dengan tema yang lebih beragam.

Kegiatan PKM ini merupakan salah satu bentuk komitmen Universitas Pamulang dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Unpam terus berupaya untuk berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa dan membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan di era digital.

Bagikan Artikel Ini

Baca Juga











Artikel Terpopuler