x

Ekspresi sejumlah pengunjung saat ditakut-takuti oleh hantu yang beradai di rumah berhantu The Asylum di Las Vegas, 25 Oktober 2014. AP/John Locher

Iklan

Erri Subakti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Hantu-hantu di Kepala Kita

Tanpa sadar selama ini bayangan 'hantu' itu telah ditanamkan di kepala kita semenjak kecil. 'Hantu' itu adalah sesuatu yang memang harus kita 'takuti' dan papun bentuknya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada salah satu film yang paling membuat takut saya sampai selalu terbayang-bayang sewaktu kecil itu judulnya “Pengabdi Setan”. Adegan yang terbayang adalah saat hantu-hantu itu nyari-nyari tokoh utamanya, “Den Tommy…, den Tommy…” wiih.. serem…!

Sekarang ini saya pikir, sebenarnya konsep hantu itu memang seperti ‘ditanamkan’di kepala kita semenjak kecil sebagai ‘alat’ untuk menakut-nakuti sehingga kita akan patuh terhadap ajaran-ajaran, entah itu ajaran agama ataupun ajaran yang sebenarnya mengajarkan kebaikan.

Di era-era lalu, cara menakut-nakuti itu memang sangat efektif untuk membuat seseorang itu tetap berperilaku sesuai dengan norma-norma sosial dan agama. Tapi di era modern sekarang, banyak orang tua yang sadar bahwa teknik menakut-nakuti anak itu sudah tidak relevan lagi, dan malah bisa menimbulkan ‘kelainan’ jiwa pada diri seseorang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sewaktu saya bekerja di tengah hutan Kalimantan Tengah, tidak pernah tuh muncul rasa takut akan adanya hantu. Mau tidur sendirian di pinggir hutan gak ada sama sekali rasa takut sama hantu. Bahkan suatu kali, tengah malam saat saya dengar suara lolongan anjing “auuuu….” Saya terbangun dan langsung melongok ke luar jendela, penasaran ada apaan sih, tanpa ada perasaan takut terhadap hantu.

Kenapa?

Karena konsep hantu yang selama ini tertanam di kepala saya, ya hantu-hantu seperti di film horror Indonesia di atas, Pengabdi Setan, yang lokasi cerita tersebut ada di kota Jakarta. Hantu-hantunya menghantui sebuah keluarga yang tinggal di dalam rumah besar. Tak berbeda jauh dengan film-film horror Indonesia lainnya, setting ceritanya kebanyakan ada di pulau Jawa. Kuntilanak dan pocong, ya itu di Jawa, karena setting cerita filmnya seperti itu.

Sementara di Kalimantan, mana ada hantu pocong? Lha wong di Kalimantan Tengah itu agama Islam bukan mayoritas kok. Jadi gak ada cerita hantu pocong. Hantu pocong kan ‘produk’ hantu yang beragama Islam, karena dalam Islam, seseorang jika meninggal dunia itu hanya dibungkus kain kafan saja dikuburkannya.

So banyak sekali hantu-hantu di kepala kita ini yang bergentayangan karena sudah tertanam semenjak kecil.

Jadi bisa dibayangkan efek yang luar biasa tertanam di kepala ratusan juta penduduk Indonesia ketika pemerintah selama 32 tahun menciptakan hantu yang wajib dienyahkan dari bumi Indonesia.

Saya tidak sedang membela ‘hantu’ tersebut. Hanya saja sayang sekali otak kita jika masih terdapat ‘hantu’ yang membayang-bayangi dan hanya bikin panas hati karena propaganda pemerintah selama 32 tahun.

Bagi kaum kapitalis, hantu adalah komunisme. Karena dalam pemerintahan komunis, sangat sulit bagi pengusaha untuk menjadi semakin kaya dan bertambah kaya dalam mengumpulkan modal pribadinya.

Sementara bagi komunis, kapitalisme adalah hantu. Karena penumpukan modal pada segelintir orang saja dan mengekploitasi tenaga manusia lainnya demi keuntungan pribadi, merupakan hantu yang harus dienyahkan.

ehehe… itulah hantu bagi masing-masing pemilik ideologi di atas.

Saya jadi teringat sebuah joke seperti ini, “apa sih beda komunisme dan kapitalisme?”

Bedanya adalah: “Kalau kapitalisme itu ekploitasi manusia oleh manusia lain.”

Lalu kalau komunisme?

“Komunisme itu sebaliknya….”

*silahkan mikir hehehe….

Maksud joke tersebut adalah komunisme, teori yang dibangun oleh Karl Marx yang mencita-citakan masyarakat tanpa kelas sosial, itu akhirnya juga menciptakan kelas-kelas sosial. Banyak manusia-manusia yang dirugikan demi untuk kepentingan atau segelintir kelas sosial atau elit politik lainnya.

Sementara selama 32 tahun, konsep hantu komunisme yang dikreasikan oleh pemerintah adalah bahwa komunisme itu “semacam tidak punya agama” hahahahaha… :D Konsep hantu tersebut ditanamkan agar masyarakat Indonesia yang beragama itu marah terhadap komunis. :p

Maka jadilah hantu itu merupakan konsep imajiner yang sengaja diciptakan untuk menakut-nakuti agar manusia memilih konsep lain yang dianggap baik.

Bagi mereka yang sakit hati karena kalah pilpres, hantu itu adalah Jokowi dan Ahok dan segala istilah seperti ‘antek asing dan aseng.’

Bagi kaum fanatik buta, hantu adalah orang kafir. Siapa aja yang dianggap gak sejalan, kafir!

Bagi penggemar teori konspirasi, hantu adalah 'wahyudi' dan ‘agen remason’. :p

Bagi orang-orang PKS, hantu mereka adalah sekularisme. Padahal saya bangga menjadi seorang sekuler. Kenapa?

Sejarah telah mencatat ketika siapapun yang sudah memiliki ‘kelas sosial’ yang tinggi di kalangan kaum agamis, sangat mudah tergelincir dalam kesombongan, keangkuhan, sehingga tanpa sadar ia bisa berbuat dzalim dengan menggunakan dalil-dalil sesuai kepentingannya sendiri.

Tak berbeda jauh dengan iblis. Sebelumnya iblis merupakan malaikat kesayangan Tuhan. Ia ada di jajaran elit malaikat. Iblis menjadi yang paling taat dan beriman pada Tuhan. Keimanan manusia dibanding iblis sih gak ada apa-apanya…. Tapi akhirnya iblis pun tergelincir pada kesombongan….

Itu sebabnya saya berpendapat bahwa berdirinya ‘negara agama’ hanya akan melahirkan ‘iblis-iblis’ baru yang bertopeng relijius. Jika dalil-dalil agama sudah ada di tangan ‘penguasa’ negara, maka apapun bisa sah dia lakukan, tinggal memilih dalil mana yang sesuai atau disesuaikan demi untuk memenuhi kepentingan atau keuntungannya (kelompoknya) sendiri.

Saatnya membersihkan pikiran kita dari hantu-hantu imajiner. Hidup terlalu singkat hanya untuk trauma dan memendam ketakutan yang cuma ada di kepala kita tentang hantu dan ‘hantu.’

(Erri Subakti)

Ikuti tulisan menarik Erri Subakti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler