x

Pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan jelang Final Piala Presiden di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 17 Oktober 2015. Laga Final akan berlangsung pada Ahad, 18 Oktober besok. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

Iklan

Gusrowi AHN

Coach & Capacity Building Specialist
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Latihan Saja Tidak Serius, Apalagi Maen Beneran!

Memperoleh hasil “ekselen” dalam segala hal adalah dambaan kita. Namun, untuk mencapainya tidaklah mudah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“Latihan saja kamu tidak serius, gimana jika main di dalam pertandingan beneran!!!". ini adalah kalimat seorang pelatih sepak bola di kampung saya kepada pemainnya ketika latihan. Kalimat ini sangat kuat memotivasi pemainnya. Bahwa, jika latihan saja sudah tidak serius dan sungguh-sungguh, jangan harap di dalam pertandingan beneran akan mendapatkan hasil yang ekselen. 

Memperoleh hasil “ekselen” dalam setiap hal yang kita lakukan adalah dambaan kita. Namun, kita sadar, untuk mencapainya tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang harus kita taklukkan.

Mulai dari sulitnya memunculkan pikiran “sepenuh hati” ketika hal yang kita kerjakan tidak berdampak langsung pada diri kita; hingga sulitnya berpikir tentang hasil yang ‘ekselen’ ketika berada di lingkungan yang “tidak sehat”, dan begitu lemah level ‘kerjasama’ antar ‘tim’-nya. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apakah kita akan rugi jika selalu berusaha berpikir “hasil yang ekselen”?, meskipun kita berada di lingkungan yang “tidak kondusif” mendukung apa yang kita kerjakan. Menurut saya, sama sekali tidak ada ruginya. Saya yakin, jawabnya adalah "Tidak Rugi".

Ketika kita menetapkan hati untuk selalu berusaha mencapai hasil yang ekselen, maka kita tidak lagi berpikir, siapa yang akan mendapatkan manfaat 'lebih besar' dari apa yang kita kerjakan. Menjadi ekselen adalah pembuktian diri kita terhadap apa yang mampu kita lakukan sesuai dengan apa yang kita yakini. Ini juga sebuah totalitas terhadap apa yang kita kerjakan. 

Apapun hasilnya, sesuai harapan ataupun tidak, bukanlah prioritas. Namun, proses yang berkualitaslah yang menjadi fokus utamanya. Dengan menjalani proses yang berkualitas, maka peluang untuk mendapatkan hasil yang ekselen tentunya jauh lebih besar. Dan ini juga membuktikan komitmen dan usaha sungguh-sungguh yang kita lakukan demi menghasilkan sesuatu yang ekselen. 

Berpikir ekselen adalah "motivator handal” yang bisa kita ciptakan di dalam diri kita sendiri. Tidak saja berdampak positif terhadap diri kita, namun manfaatnya juga bisa menjangkau siapapun di sekitar kita. #gusrowi.  

Ikuti tulisan menarik Gusrowi AHN lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB