x

Iklan

Andi Ansyori

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Akui Sang Ayah Mengemis, Marshanda Banjir Pujian

Sumber : Photo Hargatop.com

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 Akui Sang Ayah Mengemis, Marshanda Banjir Pujian

Pengakuan Artis cantik  Marshanda secara terbuka  dan tidak malu mengakui , bahwa Irwan Yusuf yang diciduk  petugas (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan  kedapatan sedang mengemis di pinggir Jalan Bangka Mampang Jakarta Selatan adalah papanya , menimbukan decak kekaguman dan banjir pujian dari publik  terutama di kalangan netter. Tidak semua pigur publik sanggup melakukan apa yang dilakukan Marshanda. Ini lebih menunjukan kebesaran jiwa Marshanda sekaligus sebagi bukti bakti seorang anak kepada orang tuanya.

 “Dari  photonya mameng benar dia,  papa aku“ Kata Marshanda menjawab kiriman link temannya tersebut.

Saat itu juga sontak instigram @Marshanda99  kebanjiran pujian dan sekaligus doa atas kebesaran jiwa  Marshanda yang mau mengakui pengemis gembel yang diciduk petugas P3S Sudin Sosial jakarta Selatan, akhir pekan lalu itu benar adalah  Papa nya.

Artis tenar Marshanda yang kerap dipanggil Ca Ca mengaku ia bertemu dengan papanya Irwan Yusuf  terakhir lima tahun yang lalu. Ketika itu ia baru tamat SMA dan  baru mulai kuliah. Walupun Irwan Yusuf tidak menceriterakan kondisi ekonominya, Namun  Marshanda menyadari tampilan papanya seperti orang yang tengah kesulitan ekonomi. Dikala itu sempat ia berniat untuk mengurus Irwan Yusuf, tapi keluarga besarnya kurang setuju dengan alasan Caca masih  kuliah dengan kesibukan yang bejibun, dikhawatirkan akan  menggangu karier Marshada.

Sejak itu,  Caca tidak penah jumpa lagi dengan Irwan Yusuf. Ketemu ketemunya , setelah Irwan diciduk Petugas P3S Sudin sosial akhir pekan lalu.

Kasus ini bermula ketika Petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Selatan melakukan operasi/ rahazia  Gelandangan dan pengemis (Gepeng) di wilayah Jakarta Selatan.  Ketika rahazia sampai  di Jalan Bangka Mampang , diantara Gepeng yang tertangkap ada seorang pengemis paruh baya berpakaian lusuh dan kumal yang tengah meminta minta dipingir jalan Bangka Mampang Jakarta Selatan

 Sebelumnya salah seorang petugas, Sutikno  yang turut mengamankan  Irwan, memang sudah menerima informasi dari warga sekitarnya, bahwa pengemis Irwan  yang ditangkapnya itu adalah Orang tua  artis ternama Marshanda.

“Nama Bapak siapa ? tanya Sutikno kepada Irwan Yusuf

“Irwan Yusuf “ Jawabnya.

 “Menurut warga sekitar sini bapak ini adalah orang tuanya Artis Marshanda. “  tambah Sutikno.

 Ketika itu , Irwan hanya tertawa. Mungkin Irwan berpikir kok tahu. Irwan masih berkelit. Ia masih berusaha merahasiakan hubungannya dengan  Marshanda. Kepada Sutikno,  Irwan hanya mengaku bahwa dulu dia pernah bekerja dengan ibunya Marshanda. Marshanda sudah diangapnya sebagai anak sendiri.

 Waktu itu, Irwan Yusuf sempat tidak mau diangkut  ke Panti Sosial di Cipayung Jakarta Timur.   Tapi  Petugas tidak bergeming.

 Berdasarkan prosedure tetap penangkapan, siapapun dia, entah keluarga siapa, guna keperluan pendataan.  harus dirujuk terlebih dahulu kepanti Sosial di Cipayung Jakarta Timur. Soal apakah si tertangkap dilepas lagi itu sudah urusan dan kewenangan Panti Sosial di Cipayung Jakarta Timur.

 Rahasia Irwan Yusuf  terbongkar .

 Di sanalah , Di Panti Sosial Cipayung itu ,  kisah hidup Irwan Yusuf mulai terbongkar. Kepada  petugas yang mendata Indetitasnya ia menuturkan bahwa  Andriani Marshanda atau yang lebih dikenal sebagai Marshanda atau kerap pula dipanggi "Caca". Lahir dari pasangan Irwan Yusuf dengan anak seorang pengusaha hotel ternama Riyanti Sofyan. Irwan Yusuf  berasal dari Kampung Guguak Tabek Sarojo, Agam, Sumatera Barat. Marshanda lahir di Jakarta , pada  Agustus 1989;  Sulung dari tiga bersaudara.

 Sayang rumah tangganya bersama Riyanti tidak berlangsung lama. Sekitar lima belas tahun lalu Irwan terpaksa bercerai dengan ibu Marshanda. Dikala itu Marshanda masih kecil, usianya  sekitar 5 tahun. Waktu itu Marshanda belum mengerti apa apa tentang kekisruhan  kehidupan rumah tangga orang tuanya

 Kepada pengurus , Panti Sosial,  Irwan jga mengakui dia tidak menyesali perpisahan dengan Riyanti, yang ia sesalkannya mengapa ia tidak bisa membahagiakan anak anaknya. Irwan juga mengaku bahwa ia sekali kali pernah berkumunikasi dengan Marshanda. Tapi ia tidak pernah menceriterakan tentang kondisi ekonominya yang parah.  Menurut Irwan, Marshanda tidak tahu. Marshanda melihat Irwan baik baik saja.

 “Tapi pertemuan  dengan Marshanda itu sudah lama sekali“  Kata Irwan seraya mengenang masa lalunya.

 Setelah berpisah dengan ibunya Marshanda, Irwan Yusuf  sempat berganti ganti usaha. Namun usahanya selalu berakhir dengan kegagalan. Terakhir ia bekerja di bengkel di kawasan Bangka, bergaji pas-pasan. Sampai akhirnya, bengkel tersebut bangkrut, Irwan mengaku tidak mendapat pesangon.

 Dari pengakuan Irwan tersebut , sudah tiga bulan terakhir ia mengemis. Ia  terapksa mengemis  untuk sekedar bisa membeli makanan. Ia juga mengaku tak bisa lagi membayar sewa rumah yang ia kontrak. Ia kerap bermalam dibantaran anak  kali kerukut Mampang. Dan bila hujan ia sering bermalam di Mushola di kawasan  Jalan Bangka Jakarta Selatan sampai ia diciduk petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Selatan.  .

 Kisah Artis Marshanda

 Seperti diketahui Marshanda saat ini  menyandang predikat artis papan atas , bintang sinetron, bintang iklan, penyanyi, dan presenter kebangaan Indonesia.Sudah puluhan senetron dan Film Layar lebar di bintanginya.

 Marshanda  memulai kariernya keartisannya , sejak ia masih anak anak . ia membintangi  dunia iklan sejak kelas 1 SD ,  Selanjutnya terus menerus karier Marshanda menanjak dan banyak  membintangi sejumlah iklan televisi, media cetak, maupun layar lebar.

 Setelah orang tuanya bercerai marshanda dan adiknya, ikut keluarga dari pihak ibunya. Karena Marshanda turut  ibunya, tentu saja semua aktivitas  keartisannya di  manejeri  pihak keluarga ibunya hingga Marshanda menikah.

Mashanda menikah dengan temannya sesama  artis  bernama Ben Kasyafani   pada tanggal 2 April 2011 .  Resepsi pernikahan mereka pun digelar sangat mewah dan megah di Hotel Sofyan Betawi yang merupakan hotel milik keluarga dari pihak  ibu Marshanda.

Dari pernikahan itu Marshanda dikurniai seorang putri bernama Sienna Ben Kasyafani. Sayangnya  Marshanda dan Ben Kasyafani kini sudah  bercerai.

 Pertengkaran Marshanda dengan  ibunya (Riyanti Sofyan )

 Kasus pertengkaran Marshanda dengan ibunya Riyanti Sofyan pernah menghiasi sejumlah halaman media sosial,  baik elektonik maun cetak.

Menurut pengakuan Marshanda pertengkarannya dengan Ibunya, Riyanti Sofyan  sebenarnya pertengkaran  biasa saja , Pertengkaran dalam keluarga. Hanya kebetulan Marshanda  pigur publik , pertengkaran itu  ramai diberitakan di media sosial.

 Menurut Marshanda pertengkaran antara dirinya  dengan  ibu kandung itu,  hanyalah mis komunikasi. Setelah Marshanda  menikah , ia  ingin mandiri dan pisah rumah dari ibunya.  Tapi ternyata ibu, Riyanti Sofyan tidak berkenan. sehingga terjadilah keributan keluarga.  Puncak pertengkaran tersebut ,  kuasa hukum Marshanda , OC Kaligis sempat melaporkan Riyanti Sofyan  ke Polsek Menteng  Jakarta pusat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Menurut kuasa hukum Marshanda OC Kaligis , pertengkaran ibu dan anak tersebut, bukan hanya masalah Marshanda ingin pisah rumah. tapi lebih ketidak transparanan Riyanti Sofyan sebagai Manejer Marshanda atas penghasilan keartisan Marshanda selama ini, juga ada waris yang seharus menjadi hak Marshanda  tapi dikangkangi ibunya. .

 Kini Marshanda sudah berbaikan lagi dengan Ibunya. Marshanda  sudah minta maaf.  Kini setiap ada waktu luang ia sering bertandang ketempat ibunya. Hubungan antara anak dan ibu itu kini sudah terjalin kembali,

Pasca bertemunya kembali Marshanda dengan papanya (Irwan Yusuf )

Keluarga Irwan Yusuf terdiri, adik Irwan, tante, kakek Marshanda dan Artis Marshanda sudah  membawa pulang  Irwan Yusuf dari Panti Sosial di Jakarta  Timur. Rupanya sebagaimana adat Minangkabau , Irwan Yusuf masih memiliki keluarga besar di perantauan. Baik keluarga besar Marshanda dari pihak ibu maupun keluarga besar dari pihak  Irwan Yusuf . Keluarga besar Irwan Yusuf termasuk golongan berpunya. Maklum pada umumnya para para perantau  berasal dari tanah Minangkabau kebanyakan bergerak dibidang perdagangan.

Mengapa terjadi kasus Irwan Yusuf yang sempat digelandang sebagai pengemis oleh Petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Selatan.

Itu semua tidak lebih karena kurangnya komunikasi Irwan Yusuf dengan keluarga besarnya. Irwan Yusuf ingin membuktikan dirinya bisa eksis diJakarta. Ia sedapat mungkin menghindari pertolongan dari kerabatnya.

Irwan Yusuf , tegar . Ketegaran dan kegigihan Irwan Yusuf itulah yang membuat Marshanda kagum akan figgur papanya. Marshanda  sama sekali tidak merasa malu mengakui Irwan sebagai papanya,  Hanya saja memang manusia bisa berusaha, tapi Allah SWT yang menentukannnya. Menurut Marshanda  Kebangkrutan usaha Irwan tidak lebih hayalah “ Takdir dari Allah SWT. “

Karena Irwan masih memiliki keluarga besar di Jakarta, Oleh karena itulah  , Marshanda sempat berucap sebelum ia membawa ayahnya tinggal  bersamanya, ia harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan keluarga besar papanya.

Setelah kejadian itu, sepertinya baik Marshanda maupun keluarga Irwan Yusuf sudah menyediakan tempat  yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal Irwan Yusuf di Jakarta.

Setelah pertemuan Marshanda dengan Irwan Yusuf  di Panti Sosial Cipayung Jakarta Timur. Marshanda banyak mencurahkan kebahagiaanya  di instagramnya. Marshanda mencurahkan ia merasakan bahwa perasaan papanya Irwan Yusuf sama dengan perasaanya. Irwan Yusuf selaku papanya juga sangat kangen kepadanya setelah sekian tahun tak bertemu.

Terakhir Marshanda bertemu Irwan Yususf sekitar 5 tahun lalu, saat itu  dia baru tamat SMA,

 Pada cuitannya, Marshanda sempat mengenang masa jaya  Irwan Yusuf , dulu Irwan Yusuf merupakan kebanggaan keluarga Marshanda dari pihak ayahnya.  Irwan Yusuf termasuk salah seorang pekerja keras. Usaha Irwan Yusuf cukup berhasil dan berkembang. Namun  nasib berkata lain. Usaha yang dirintis  bertahun tahun hanya dalam sekejap membawa  bangkrut.

 Dari situlah menurut marshanda sang ayah  sempat melewati masa-masa sulit dalam hidupnya. Karir dan bisnis yang dirintis selama bertahun-tahun bangkrut begitu saja, hingga menyebabkan Irwan jatuh miskin dan menjadi pengemis.

 

Namun sebaliknya Marshanda Justru  bangga dengan kondisi ayahnya  sekarang. Tidak ada yang harus ditutupi . Menurut Marshanda manusia boleh berusaha, tapi Allah SWT  lah yang menentukan. Ini sudah takdirnya. Meski sekarang Irwan Yusuf sulit, Marshanda tetap menghormatinya  sebagai orang tua yang membanggakan .

“ Seperti apa adanya," Tegas Marshanda

 Rupa Marshanda paham betul bagaimana cara bakti seorang anak kepada orang tua. Ia tidak mau mengulangi kisah dan lagenda kampung halamannya Sumatera Barat. Ia tahu betul ceritera tentang”  Si Malin Kundang “ Seorang anak yang pergi merantau, ketika  berhasil, dengan diiringi kapal miliknya , sempat singgah di kampung  kelahirannya.

 Mendengar Si Malin Kundang datang sudah menjadi Saudagar kaya, ibunya  tergopoh gopoh  datang ke kapal si Malin kundang seraya tak lupa membawa bekal  makan kesukaannya. Namun apa yang terjadi. Karena malu dengan isterinya anak orang kaya raya dari daerah seberang. Ia menolak mengakui Ibunya. Malin Kundang seolah olah tak kenal dengan ibu kandungnya. Walaupun  orang  tua renta sudah menjelaskan  bahwa ia adalah ibunya. Namun Si malin kundang tak bergeming. Si Malin kundang tidak mau mengakui ibunya yang  sudah bersusah payah melahirkan  dan membesarkannya . Bahkan Si Malin Kundang sempat memerintahkan pengawalnya  mengusir orang tua renata dari kampung yang sudah memalukannya.

 Apa mau dikata karena karena sangat kecewa atas sikap si Malin Kundang kepadanya, tanpa sadar ibunya menyumpahi si Malin Kundang agar ia menjadi batu.

 Atas sumpah ibunya dan atas izin Allah SWT , maka Simalin Kundang serta seisi kapalnya seketika menjadi batu.    

 Tentu saja Marshanda tidak mau   mengulangi kisah tragis  Si  Malin kundang yang durhaka keoada ibunya.. Sebagai “ bau bau  “ orang Minang Kabau   , Marshanda paham betul kisah ini.

 Kini lengkaplah sudah kebahagiaan Marshanda hubungan dengan ibunya kandungnya yang sempat kisruh itu  kini terjalin mesra kembali dan puncaknya Marshanda juga  dapat berkumpul lagi dengan ayah nya yang sudah lama dirindukannya “  Irwan Yusuf “.

Yang banyak dipuji publik atas sikap Marshanda .Begitu ia melihat  photo Irwan Yusuf yang dikirim link temannya, seketika itu juga ia mengakui , bahwa benar si pengemis Irwan Yusuf adalah papanya. Ia tidak malu mengakui si gelandangan dan pengemis kumal “ Irwan Yusuf “ sebagai papanya.

 Hikmah yang terdalam yang dapat dipetik dari kebesaran jiwa Marshanda bahwa apapun profesi Irwan Yusuf, ayahnya  perlu dihormati. Papanya perlu  juga menerima kasih sayang darinya. Kegagalan hidup Irwan Yusuf tidak lebih hanyalah karena takdir.

Marshanda paham benar , Irwan Yusuf sudah berjuang keras dalam usahanya , Manusia boleh berusaha , namun Allah Swt yang menentukannya.

 Berbahagialah Irwan Yusuf memiliki putri seperti Marshanda seorang artis cantik, ternama, kaya, berjiwa besar dan berbakti kepada orang tuanya.

 Pengakuan Marshanda yang tidak malu malu , Irwan Yusuf si gelandangan dekil kedapatan sedang ngemis di Jalan Bangka Jakarta Selatan itu adalah papanya. Pengakuan tulus dari hati yang paling dalam seorang Marshanda  berbuah pengormatan, pujian dan doa kepada Marshanda dan keluarga. Semoga Allah Swt meridoi pertemuan Marshnada dan papanya Irwan Yusuf.... Amin.

 

 

 

Sumber :

http://kaltim.tribunnews.com/2016/03/28/pria-ini-mengaku-orangtua-marshanda-katanya-cerai-belasan-tahun-silam-mengemis-untuk-makan

https://metro.tempo.co/read/news/2016/03/27/064757253/begini-curahan-hati-rindu-marshanda-kepada-sosok-ayahnya

https://metro.tempo.co/read/news/2016/03/27/064757252/pengemis-ngaku-ayah-marshanda-sudah-3-bulan-jadi-gelandangan

 

 

"Papa tetap papa. Aku sayang papa dan terima dia apa adanya. Kalau ada yang bilang ini aib, menurutku enggak," kata Marshanda di Panti Sosial Bina Insan Daya Bangun 2, Cipa

Ikuti tulisan menarik Andi Ansyori lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu