x

Iklan

Yusfi Wawan Sepriyadi

085951756703
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Temuan Purbakala , Butuh Perhatian Pemda Brebes

Temuan Purbakala oleh Tim Buton yang di Kordinatori Oleh H.Rizal Rafli Bumiayu Jumat (20/05).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berdasarkan sejarah geologinya bahwasanya pada daerah tempat diketemukannya fosil fosil vertebrata oleh (Van Koeningswald ) pada tahun 1920. hasil penemuan tersebut berupa Gading Gajah jenis  Stegodon yang sekarang di Museum Geologi Bandung .Berdasarkan kajian pustaka peneliti terdahulu daerah Bumiayu termasuk Sub Cekungan Barat yang merupakan bagian dari Cekungan Serayu.

 

Hasil temuan dari Tim Buton keterdapatan fosil tersebut banyak di dapat di daerah Formasi Kaliglagah  diperkirakan pada Pliosen Akhir atau Plistosen Awal (Van Koeningswald vide Teer Haar, 1934). Saya rasa ini perlu adanya penelitin lanjutan , usaha untuk menemukan jejak purbakala tersebut tim buton terus melakukan pencarian di daerah tersebut.Dengan Adanya penemuan purbakala  sudah seharusnya  Pemda Kabupaten Brebes memberikan perhatian serta mendukung untuk dijadikan cagar budaya ataupun Museum Purbakala untuk pelestarian dan pengembangan ilmu pengetahuan tentunya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Tak sedikit para peneliti yang berkunjung ke musium mini ini, diantaranya dari Balai Arkeologi Yogkakarta, Balai Arkeologi Sangiran dan sebelumnya juga sudah dipresentasikan di Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta selain itu juga dari Unpad  kemungkinan akan datang "Kata Rizal Rafli selaku kordinator Tim.

 

Saya selaku geologist ketika melihat hal ini, sangat terenyuh  namun juga prihatin

Saya sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Brebes untuk dapat mensuport atas temuan temuan tersebut. Upaya untuk bekerjasama dengan pihak pemerintah daerahpun sudah diupayakan  namun hingga hari ini belum ada tanggapan atas usaha usaha yang dilakukan oleh pihak pemda.(Yusfi)

Ikuti tulisan menarik Yusfi Wawan Sepriyadi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu