x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips 'Membujuk' Persalinan Normal untuk Janin yang Dikandung

Alasan ingin persalinan normal, tips persalinan normal

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setelah mendapatkan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa dengan memberikan kehamilan, maka tugas selanjutnya adalah dengan menjaga kandungan tersebut sampai dengan waktu persalinan. Berbagai keluhan maupun gangguan selama 9 bulan lamanya akan dijalani oleh ibu hamil. Selain itu, beban pikiran tentang proses persalinan akan terus menghantui hampir setiap harinya. Sang ibu tentu akan terus berpikir dan mempertimbangankan apakah akan menggunakan persalinan normal atau dengan bedah cesar.

Bagi kalangan ekonominya menengah ke bawah pilihan persalinan normal merupakan dambaan bagi mereka. Berbagai upaya pun akan dilakukan supaya bisa persalinan normal.  Apabila dokter atau bidan telah memperkirakan tanggal kelahiran bayi dan ibu hamil tidak kunjung menampakkan seperti tanda yang akan melahirkan, maka hal ini dapat membuat ibu semakin tidak tenang. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya ibu hamil melakukan cara yang dapat merangsang persalinan agar cepat tiba. Untuk itu penting bagi ibu hamil mengetahui berbagai tips untuk merangsang persalinan, yaitu :

1. Jalan kaki santai.

Jalan kaki merupakan olahraga murah. Tidak memerlukan biaya atau aturan khusus. Berjalan kaki menjelang persalinan merupakan salah satu cara untuk merangsang persalinan. Akan tetapi, jaraknya jangan terlalu jauh dan jangan terlalu lelah. Ketika berjalan atur posisi tubuh dengan benar, tubuh tetap tegak, dan tidak terlalu condong ke arah belakang.

2. Melakukan hubungan intim bersama suami.

Perlu diketahui bahwa cairan yang dihasilkan seorang pria mengandung prostaglandins yang dapat membantu leher rahim menjadi lunak juga siap untuk segera membuka. Kandungan yang terkandung dalam sperma juga dapat membantu merangsang munculnya kontraksi pada rahim serta membuat leher rahim melemas.

3. Menstimulasi pada puting payudara.

Melakukan kegiatan stimulasi pada putting payudara ini juga dikatakan dapat melepaskan oksitosin yang bisa merangsang rahim untuk berkontraksi. Kegiatan ini juga bisa anda lakukan sendiri atau meminta bantuan suami. Namun, sebaiknya kegiatan ini tidak dilakukan dengan berlebihan sebab bisa mengakibatkan kontraksi yang sangat panjang, kuat serta mengganggu aliran darah pada janin. Lakukan kegiatan ini dengan fokus pada salah satu payudara terlebih dulu selama kurang lebih lima menit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

4. Lakukan birthing balls.

Dalam melakukan birthing balls ibu hamil  dapat melakukannya dengan duduk pada bola yang sangat lentur serta lembut sambil menggerakan tubuh. Gerakan tubuh ibu hamil dapat mendorong bayi beralih pada posisi yang sangat baik.

5. Hilangkan rasa cemas atau stress.

Ketika mendekati persalinan persaan cemas atau stress merupakan sesuatu yang sangat wajar. Akan tetapi, jangan sampai terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Untuk mengurangi kecemasan yang dirasakan ibu hamil bisa membaginya atau bercerita pada suami atau orang terdekat. Agendakanlah berbagai aktivitas yang bisa membuat ibu hamil merasa terhibur dan tidak stress.

6. Senam hamil.

Banyak sekali manffat yang bisa diambilo dari senam hamil apalagi dilakukan dengan rutin dan di bimbing oleh instruktur yang ahli. Manfaat dari senam hamil sendiri yaitu untuk membantu dalam melemaskan daerah pada jalan lahir bayi, membuat lancar penurunan pada bagian bawah bayi menuju jalan lahir, membantu kontraksi rahim agar lebih efektif serta membantu proses persalinan menjadi lebih lancar dan juga mudah.

7. Melakukan pijat refleksi.

Perlu diketahui bahwa pijat refleksi ini bisa berguna untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh ibu hamil. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk merangsang dalam proses persalinan. Ada baiknya tindakan seperti ini dilakukan atas pengawasan dokter pribadi yang mengetahui tentang teknik pijat refleksi.

Inilah beberapa tips alami untuk merangsang janin lahir secara alami. Bisa diartikan tips di atas tersebut adalah untuk “membujuk” janin supaya bisa lahir normal. 

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu