x

Iklan

Shelvi Simatupang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengatur Keuangan Saat Lebaran Idul Fitri

Mengatur keuangan saat lebaran Idul Fitri adalah hal yang tepat. Lebaran Idul Fitri adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh penganut agama Islam

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lebaran Idul Fitri adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh penganut agama Islam di penjuru dunia. Setelah melaksanakan puasa selama satu bulan, akhirnya mereka merasakan apa itu yang namanya kemenangan, kemenangan akan menahan hawa nafsu dan juga kemenangan untuk pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Lebaran merupakan momen yang tidak bisa digantikan dengan momen apapun. Anda bisa berkumpul saling silahturahmi bersama keluaga dan sahabat. Mereka yang biasanya sibuk dengan urusannya masing-masing dapat dikumpulkan di saat waktu yang sama yakni saat lebaran Idul Fitri tiba.

Inilah yang menjadi titik awal adanya budaya mudik di Indonesia. Banyak sekali dari Anda yang mencoba peruntungan yang lebih baik di kota orang, meninggalkan keluarga dan juga sahabat tercinta di kota asal. Apabila Anda merupakan salah satu dari mereka yang ikut dalam budaya mudik, ada baiknya jika Anda mengatur keuangan Anda. Saat lebaran seperti ini, pengeluaran biasanya akan membengkak daripada biasa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ongkos mudik, membeli baju baru, membeli oleh-oleh, dan memberikan santunan kepada keluarga, biasanya dilakukan oleh Anda yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan lebih. Untuk itu, Anda harus padai mengatur keuangan Anda.

Mengatur keuangan saat lebaran tidaklah mudah untuk dilakukan. Momen yang terjadi satu tahun sekali ini tekadang membuat banyak orang berpikir bahwa tidak masalah jika mengeluarkan banyak uang, toh ini Cuma setahun satu kali. Hal inilah yang terkadang membuat Anda kalap saat setelah merayakan lebaran, ada yang harus Anda bayarkan namun uang di atm sudah habis. Nah, di bawah ini ada beberapa langkah untuk menahan dan mengatur keuangan Anda saat momen lebaran tiba.

1. Catat pengeluaran.

Jauh-jauh hari sebelum hari raya lebaran tiba, ada baiknya jika Anda melakukan perencanaan pengeluaran. Catat semua barang-barang dan kebutuhan yang akan Anda keluarkan saat lebaran tiba. Usahakan semua kebutuhan sudah tercatat dengan baik agar tidak ada biaya tambahan yang dikeluarkan saat lebaran. 

Jika pengeluaran sudah terlalu over, dan tidak sempat berkunjung ke saudara lainnya, maka solusi yang bisa direkomendasikan bisa ucapan selamat hari raya idul fitri.

2. Gunakan uang THR untuk mudik.

Bagi Anda yang bekerja, biasanya akan menerima uang Tunjangan Hari Raya (THR). THR ini adalah uang diluar gaji pokok Anda yang diberikan sebagai bonus. Gunakan saja uang ini untuk membiayai serba-serbi lebaran.

3. Bawa uang tunai secukupnya.

Membawa uang tunai secara berlebih biasanya akan membuat Anda membeli sesuatu tanpa perhitungan. Barang apa yang ada di depan mata akan Anda beli karena Anda memiliki uang tunai untuk membelinya.

Semua tips-tips di atas akan sangat membantu Anda dalam mengatur uang disaat lebaran tiba. Namun perlu diingat bahwa, tips ini bisa berhasil apabila Anda disiplin dalam melaksanakannya. Dengan menejemen yang baik, pengeluaran Anda tetap terkontrol dan tidak akan membuat kantong jebol.

Ikuti tulisan menarik Shelvi Simatupang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB