x

Iklan

Fatima Az Zahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Makassar Jadi Kota Percontohan Berbagai Program Inovatif

Makassar di bawah kepemimpinan Muhammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto telah beberapa kali memperoleh sejumlah penghargaan dan apresiasi atas program-programnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Makassar di bawah kepemimpinan Muhammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto telah beberapa kali memperoleh sejumlah penghargaan dan apresiasi atas program-program inovasinya, baik dari dalam maupun luar negeri.

Makassar juga terbukti beberapa kali menjadi pilot project terkait prestasi dari program-programnya dalam memajukan kota. Makassar pertama kali menjadi pilot project program bank sampah nasional, yakni pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadikan kota Makassar sebagai proyek percontohan dalam pengelolaan sampah yang menghasilkan nilai ekonomis.

Makassar juga menjadi pilot project pemberlakuan dana investasi real estate (DIRE) di Indonesia, yakni sebuah kebijakan nasional yang hanya bisa dilaksanakan di kota yang memang ekonominya sedang menggeliat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahkan, Makassar bersama DKI Jakarta juga menjadi pilot project penelitian kebijakan perubahan iklim (climate change) perkotaan yang berspektif gender. Penelitian ini dilakukan sejumlah aktivis perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi dan berkedudukan di Makassar, Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Dan baru-baru ini, Makassar kembali menjadi pilot project e-voucher bantuan pangan yang merupakan bagian dari reformasi penyaluran raskin (beras miskin) di tingkat kota Makassar. Sebagai pilot project, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersiap mengubah program pemberian raskin menjadi voucher pangan yang akan disampaikan langsung kepada rumah tangga sasaran.

Penggunaan voucher pangan ini memungkinkan masyarakat pra sejahtera memiliki lebih banyak pilihan saat membeli sembako di pasar atau toko dengan kualitas lebih baik. Selain itu, voucher pangan ini juga memungkinkan masyarakat memperoleh nutrisi lebih seimbang, tidak hanya karbohidrat namun juga protein.

Program ini juga menjadi salah satu komponen kebijakan penanggulangan kemiskinan yang diharapkan mampu menciptakn lingkungan kondusif bagi peningkatan pendapatan serta ketahanan pangan untuk keluarga pra sejahtera dan menciptakan efektifitas pelayanan sosial dasar bagi keluarga pra sejahtera.

“E-voucher didesain untuk memudahkan pemerintah mengontrol penyaluran bantuan bahan pangan dan meningkatkan ketepatan kelompok sasaran,” ujar Danny. Ia juga menuturkan bahwa e-voucher ini juga dapat mendrong usaha eceran masyarakat menjadi agen penyalur.

 

Ikuti tulisan menarik Fatima Az Zahra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu