x

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Untung Rugi Memiliki Toko Online

beberapa alasan seseorang mendirikan sebuah toko online beserta untung dan ruginya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di indonesia akhir-akhir ini semakin marak dengan tumbuhnya penetrasi jaringan internet dari perkotaan bahkan sampai ke desa-desa dan pelosok daerah terpencil. Di perkotaan, pertumbuhan internet sudah masuk jaringan 4G, sedangkan di desa dan pelosok terpencil, jaringan 3G sudah masuk.

Hal ini tentu saja sangat bagus bagi masyarakat baik kelas bawah, menengah maupun kelas atas. Bagi masyarakat, dengan luasnya jangkauan internet memudahkan mereka dalam mengakses segala hal seperti pendidikan, ekonomi, sosial bahkan bisnis.

Saat ini internet sudah bisa akses dengan banyak device seperti komputer dekstop, notebook, netbook, tablet, bahkan smartphone yang bisa dibawa kemana-mana. Asal di tempat tersebut ada jaringan internet, maka kita bisa melakukan browsing dimanapun dan kapapun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jaringan internet yang semakin luas membuat banyak orang baik orang awam, politikus maupun bisnisman berlomba-lomba memanfaatkannya untuk kepentingan mereka. Untuk masyarakat awam mungkin hanya sekedar untuk mencari informasi atau berita, politikus untuk berkampanye meningkatkan citra diri di hadapan publik, sedangkan bisnisman menggunakan internet untuk meningkatkan keuntungan bisnis mereka.

Untuk kali ini kita akan bahas keuntungan dan kerugiaan yang didapatkan jika seseorang mendirikan toko online. Untuk zaman maju seperti sekarang ini toko online ibarat jamur di musim hujan. Banyak orang berlomba-lomba mendirikan toko online untuk memperluas usaha dagang mereka dari usaha jual sembako sampai jual barang mewah seperti mobil dan rumah, semua masuk ke toko online. Lalu apa saja keuntungan dan kerugian dari mendirikan toko online?

Keuntungan Memiliki Toko Online

  1. Yang paling umum adalah memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan dari bisnis mereka. Dengan toko online, membuat usaha pemiliknya lebih luas, dari tingkat lokal mampu merambah pangsa pasar regional bahkan internasional.
  2. Modal yang dikeluarkan untuk mendirikan toko online relatif lebih sedikit dibandingkan harus sewa toko atau mendirikan toko sendiri. Cukup bermodalkan sewa hosting dan pembelian domain sudah bisa membuat sebuah toko online.
  3. Dengan toko online memungkin pemiliknya menggaet pangsa pasar baru atau konsumen baru lebih banyak dari sebelumnya, ini selaras dengan point 1.
  4. Mengurus toko online dirasa lebih fleksibel atau lebih mudah dibandingkan dengan toko offline. Bahkan sewaktu sedang jalan-jalanpun, sebuah toko online masih bisa kita handle.
  5. Lebih sedikit karyawan sehingga biasa pengeluaran untuk gaji karyawan bisa dihemat. Karyawan bisa digaji dengan sistem target penjualan sehingga membuat mereka lebih bersemangat dalam bekerja.

Kerugian Memiliki Toko Online

  1. Harus memiliki kemampuan untuk mengelola toko online, jika belum mampu maka harus menyewa seornag developer untuk untuk membuatkan toko online.
  2. Harus punya kemampuan seo dasar agar barang yang dijual bisa ditemukan konsumen. Seo on page sangat penting dalam membangun toko online.
  3. Persaingan harga di toko online sejenis sangat kompetitif sehingga harus sangat berhati-hati dalam mematok harga, perhatikan harga yang diterapkan pesaing anda.
  4. Pemilik toko online setidaknya harus memiliki pengetahuan dalam pengelolaan toko online sehingga bisa mengajarkan ilmunya kepada karyawan yang direkturnya.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugiaan dalam mendirikan sebuah toko online. Sebagai contoh toko online yang selalu up to date bisa dilihat di online shop Tenggok.com. Tenggok.com adalaj ecommerce yang menyediakan fasilitas toko online gratis bagi pelaku usaha, khususnya UKM di seluruh Indonesia. Jadi apakah anda sudah siap melebarkan sayap ke bisnis e-commerce?

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB