Lomba Blog Indonesiana 'Mengenang Gie'

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Soe Hok-Gie meninggalkan jejak sejarah amat besar bagi Indonesia. Lomba blog untuk mengenang 47 tahun meninggalnya Gie.

Tahun ini, tepatnya 16 Desember esok, genap 47 tahun Soe Hok-Gie meninggal. Di usia yang begitu muda, Gie meninggalkan jejak sejarah amat besar bagi Indonesia. Tulisan-tulisan kritisnya--yang menjadikan ia salah satu sosok penting dalam gerakan mahasiswa 1966--masih amat relevan untuk kebangsaan dan kebhinekaan Indonesia.

Soe Hok-Gie adalah sosok asing bagi generasi milenium sampai ia menjadi populer setelah dipersonifikasikan begitu apik dalam film 'GIE' garapan sutradara Riri Riza. Sejak itu, sosoknya yang kritis terhadap penyelenggara negara, peka terhadap ketimpangan sosial, dan begitu menikmati kehidupan alam bebas menjadi salah satu referensi wajib bagi para altruis muda di Nusantara. Majalah TEMPO Edisi Khusus GIE, terbitan Oktober 2016, yang terjual habis menegaskan hal tersebut.

Bertepatan dengan 47 tahun meninggalnya Soe Hok-Gie, Indonesia sedang ramai oleh terangkatnya lagi isu-isu panas seputar kebhinekaan. Berefleksi dari hal ini, Indonesiana mengajak Anda semua untuk membagikan kenangan tentang sosok Gie--tentang bagaimana kisah-kisahnya mempengaruhi cara pandang Anda tentang hidup sebagai orang Indonesia. Tak ada salahnya kita membuat resolusi akhir tahun lebih awal--tentang masing-masing kita dan negeri yang damai dalam perbedaan.

Anda dapat membagikan apapun kenangan tentang Gie, pandangan, dan harapan Anda di Indonesia. Pastikan beberapa hal berikut sebelum Anda menayangkan tulisan.

- Memiliki akun di Indonesiana. Jika belum, silakan baca tutorial membuat akun Indonesiana

- Menayangkan tulisan yang orisinal (hasil karya sendiri)

- Memberi judul yang unik dan representatif terhadap isi tulisan

- Membubuhkan 'mengenang gie' (tanpa tanda petik) pada kolom tag.

Lomba blog 'Mengenang Gie' berlangsung selama 8-14 Desember 2016. Indonesiana menyediakan paket masing-masing berisi tiga buku seri terbitan TEMPO untuk tiga tulisan terbaik.

 

Lomba blog ini merupakan gelaran pembuka dalam rangkaian acara Indonesiana 'Surat-surat Perlawanan Gie'. Indonesiana segera membuka pendaftaran bagi Anda yang tak ingin melewatkan acara yang akan dilangsungkan pada 16 Desember 2016, sejak sore hari hingga selesai di kantor Majalah TEMPO, bilangan Palmerah Barat, Jakarta. Segera bagikan kenangan Gie Anda di Indonesiana dan jangan lupa atur waktu Anda untuk datang di acara Jumat pekan depan.

Tunggu informasi selengkapnya.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Indonesiana

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua