x

Iklan

Kevin Putra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Helm SNI Terbaik Untuk Kenyamanan Anda

Helm yang sudah SNI akan menjaga Anda ketika berkendara. Ini bukan tentang takut ditilang di jalan karena tidak menggunakan helm.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Helm merupakan salah satu piranti keamanan yang harus Anda kenakan saat menggunakan kendaraan bermotor. Penggunaan helm sendiri sudah masuk dalam undang-undang ketika menggunakan kendaraan bermotor. Helm SNI merupakan helm yang disarankan.

Helm yang sudah sesuai dengan standar nasional Indonesia akan menjaga Anda ketika berkendara. Ini bukan tentang takut ditilang di jalan karena tidak menggunakan helm. Penggunaan helm sebenarnya merupakan salah satu cara untuk melindungi Anda.

Selain digunakan sebagai salah satu safety riding, helm memang memiliki banyak manfaat. Anda yang berkendara jarak jauh pasti akan membutuhkan helm. Helm berfungsi untuk melindungi wajah Anda dari terpaan angin, debu, dan membuat wajah Anda menjadi lebih aman dari kotoran selama berada di jalan. Bayangkan saja jika Anda berkendara tanpa menggunakan helm. Selain penampilan Anda menjadi berantakan, mata anda bisa-bisa merah karena kotoran selama di jalan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bermacam-macam helm dijual sesuai dengan keunggulannya masing-masing. Merk dan harganya pun sangat bervariasi. Hal yang terpenting yang perlu Anda lakukan dalam memilih helm adalah mengecek apakah helm tersebut sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia belum. Helm SNI harus menjadi prioritas utama bagi Anda. Jangan asal memilih helm dengan model yang unik namun tidak sesuai dengan standar Nasional.  Simaklah tips dalam memilih helm berikut.

Tips Memilih Helm SNI Terbaik

Ada berbagai jenis helm SNI yang dijual di tanah air. Beberapa helm tersebut adalah helm half face, helm full face, helm ¾ modular helmet, dan terakhir adalah helm flip up. Ketika Anda menggunakan helm, yang harus Anda perhatikan adalah kenyamanan Anda saat menggunakannya serta tingkat keamanannya. Siapa lagi nantinya yang akan menjaga keamanan Anda kalau bukan Anda sendiri. Jadi, simaklah tips untuk memilih helm berikut

Sesuaikan ukuran helm dengan ukuran kepala Anda.

Helm SNI dijual dalam berbagai macam ukuran. Untuk memberikan kenyamanan saat digunakan, maka Anda perlu memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala Anda. Jika bagian helm sudah menekan bagian pipi serta bagian dahi ketika digunakan, itu sudah merupakan kriteria yang bagus. Cobalah untuk mengenakannya. Anda bisa menahannya selama 30 detik. Jika pelipis Anda terasa sakit, maka gantilah ukurannya.

Pada umumnya, terdapat empat ukuran helm yang bisa Anda pilih. Terdapat ukuran S yang memiliki ukuran 55 hingga 56 cm. Untuk ukuran M memiliki ukuran 57 hingga 5 cm. Ukuran ketiga adalah ukuran L dengan ukuran 59 hingga 60 cm. Terakhir ukuran yang paling besar adalah ukuran XL dengan ukuran 61-62 cm.

Pilih helm dengan kaca yang bening

Kaca helm memang terbagi menjadi beberapa tipe. Salah satu tipenya adalah tipe visor atau tipe bening. Dengan menggunakan kaca helm yang bening, maka tidak akan ada penghalang saat malam hari. Jalan yang akan Anda lalui juga terlihat jelas sesuai dengan aslinya.

Jika Anda merasa terlalu silau jika kaca bening digunakan pada siang hari, Anda bisa mengantisipasinya dengan kaca mata hitam. Atau, ada pula helm yang dilengkapi dengan kaca bening dan kaca hitam.

Pilihlah helm yang tidak terlalu berat

Meskipun sama sama helm SNI, berat helm memang berbeda-beda tergantung variasi, model, dan merk dari helm tersebut. Pilihlah berat yang standar saja alias tidak terlalu berat. Helm yang terlalu berat tidak nyaman untuk digunakan. Sebagus-bagusnya helm yang Anda pilih jika bobotnya terlalu berat maka tidak akan nyaman untuk digunakan. Jadi, pilihlah yang ringan namun sudah berstandar Nasional.

Pilihlah helm yang baru dibandingkan helm yang second

Helm SNI baru tidak memiliki harga yang terlalu mahal kok. Jadi, akan lebih baik untuk membeli helm yang baru. Helm murah yang dijual di pinggiran memang menarik hati. Namun, Anda tidak mengetahui apakah helm tersebut pernah terjatuh atau pun terbentur. Jadi, akan lebih baik untuk memilih helm yang baru untuk kualitas yang lebih awet.

Lihat pengaman kunci bagian leher

Ini menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih helm SNI. Komponen yang sangat penting ini tidak boleh dinomorduakan. Coba bayangkan, bagaimana jika helm Anda terlepas sendiri kemudian terjatuh. Ini akan sangat berbahaya.Oleh karena itu, Anda bisa memilih desain kunci bagian leher helm yang tidak mudah lepas.

Masing-masing helm memang memiliki desain kunci tersendiri. Oleh karena itu, janganlah ragu untuk bertanya ketika Anda bingung dalam menggunakan desain kunci  tersebut. Tanyakan saja kepada penjualnya tentang cara menggunakannya.

Periksalah bagian baut yang menahan kaca helm

Kaca pada helm pada umumnya dikencangkan dengan menggunakan baut. Bagian ini merupakan bagian yang riskan akan kerusakan. Anda bisa memilih helm yang telah dilengkapi dengan pengait kaca yang kuat. Kuatnya pengait kaca akan membuat helm tersebut tidak terbuka dengan mudah meskipun Anda berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Ini akan menambah kenyamanan bagi Anda.

Pilihlah helm bersertifikasi

Helm SNI dijual dengan model yang bervariasi. Ada produk yang asli dan tentu saja ada produk yang palsu alias KW. Oleh karena itu, Anda bisa memeriksa apakah helm tersebut telah memiliki sertifikasi atau belum. Sertifikasi seperti SNELL dan SNI merupakan sertifikasi yang menyatakan bahwa helm tersebut nyaman dan aman untuk digunakan.

Perhatikan cara membuka dan menutup helm

Seperti yang telah disampaikan bahwa helm SNI memiliki ragam variasi yang berbeda-beda. Anda bisa mengecek mekanisme atau cara membuka dan menutup helm. Ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Jangan sampai ketika terjatuh helm ini bisa terbuka dengan lebar. Ini merupakan hal yang membahayakan. Jadi, pilihlah helm dengan flip atau sistem buka tutup yang nyaman dan kuat. Dengan demikian, helm tidak akan terbuka ketika terjatuh.

Harga yang sesuai

Masing-masing helm memiliki harganya tersendiri. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan budget yang Anda miliki. Kini helm bersertifikat SNI sudah banyak dijual dengan harga yang murah. Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga 200 ribuan.

Harga yang diberikan tersebut sudah sesuai mengingat semakin banyaknya pengendara motor di era ini. Jadi, sesuaikan saja harga helm yang akan Anda beli dengan budget yang Anda miliki. Jadi, jangan menunggu membeli helm yang mewah ya. Beli saja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda pun bisa membawa pulang helm SNI yang sangat aman untuk digunakan. Terdapat pilihan merk yang unggul dan berkualitas yang bisa Anda dapatkan di bhinneka.com. Produk helm SNI seperti WTO helmet baik untuk anak-anak maupun dewasa tersedia. Anda bisa memilih sesuai dengan warna kesukaan Anda. Desainnya yang keren akan membuat Anda semakin bergaya ketika berkendara. 

Ikuti tulisan menarik Kevin Putra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu