x

Iklan

Mas Santri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mau Hidup Hemat ? Coba Cara Cerdas Mengatur Finansial Ini

Pastinya kamu tidak ingin pengelolaan keuanganmu berantakan, coba 10 tips cerdas yang bisa kamu gunakan untuk pengelolaan keuangan pribadi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penghasilan sebagai pekerja dengan cara apapun yang diperoleh tidak akan pernah memenuhi kebutuhan secara memadai, jika tidak menghentikan kata tersebut memuaskan.

Di sisi lain meningkatnya biaya hidup semakin tak terbendung. Jika Anda tidak pintar mengelola keuangan maka bukan keuntungan yang bisa diraih tapi hutang yang terakumulasi.

Pastinya kamu tidak ingin pengelolaan keuanganmu berantakan, coba 10 tips cerdas yang bisa kamu gunakan untuk pengelolaan keuangan pribadi:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Menetapkan Tujuan Keuangan

Bagi beberapa orang, tidak ada yang lebih menarik daripada menyisihkan sejumlah uang untuk membeli rumah dengan tiga kamar tidur berpagar putih. Mimpi lain terbang melintasi dunia.

Memang benar jika memiliki tujuan yang pastinya akan mempermudah pengelolaan keuangan pribadi. Ini juga akan menjadi motivasi untuk mengumpulkan penghasilan.

2. Buat Rencana Biaya

Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka atas tiga hal penting: makanan, perumahan, dan transportasi. Ada juga pembayaran hutang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang pilihan seperti hiburan.

Anda harus membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan distribusi setiap pos.

3. Tahan Melawan Pencobaan atas Penawaran Jual

Toko itu dibuat untuk menguras kantong pembeli. Penawaran promosi seperti diskon, hadiah hiburan adalah beberapa teknik yang digunakan penjual untuk menarik konsumen.

Tapi jika kita tahu trik mereka, itu akan memungkinkan kita untuk menahan godaan dari tawaran tersebut. Hal yang lebih mudah adalah dengan segera mengatakan tidak pada semua penawaran.

4. Melacak Biaya Pribadi

Melihat history pengeluaran selama 2 minggu juga dapat menyaring biaya yang tidak perlu, seperti halnya biaya makan atau taksi hotel.

5. Menemukan Produk serupa yang Menawarkan Harga Murah

Harga produk di toko bisa jadi jauh lebih mahal dari harga awal produk. Apabila kamu ingin membeli suatu produk dan melihat harga yang lebih murah di tempat lain, silakan pindah ke toko.

6. Lakukan Riset Online Sebelum Mengunjungi Store

Situs ulasan produk, dan gudang diskon online sering memberikan informasi tentang bagaimana dan di mana menemukan penawaran terbaik.

Apalagi jika ada penawaran pengiriman gratis, bisa melakukan pembelian secara online sebagai pilihan.

7. Temukan Lebih Banyak Pendapatan Dari Satu Sumber

Pada saat ini apapun bisa terjadi. Kurangnya keamanan kerja di pasaran saat ini membuat siapa pun kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji.

Namun hal ini dikoreksi jika ada sumber pendapatan kedua. Carilah ide tentang bagaimana menghasilkan lebih banyak uang.

8. Mulailah Bisnis Sendiri

Seperti di Amerika, resesi tersebut mengilhami banyak orang untuk mengeksplorasi kewiraswastaan, sebagai cara untuk mendapatkan kembali kendali atas kehidupan finansial mereka.

Bahkan bisnis yang tergolong kecil sekalipun, seperti blog yang menghasilkan uang melalui iklan atau kebun yang menghasilkan bunga, bisa berubah menjadi sumber keamanan finansial.

9. Negosiasikan Bayar Kembali

Banyak pekerja merasa beruntung memiliki pekerjaan dalam kondisi saat ini. Tapi terkadang meminta kenaikan gaji bisa menjadi langkah yang lebih cerdas.

Jika Anda baru saja mengganti pekerjaan, menerima promosi, atau menyadari bahwa membayar rendah dibandingkan rekan kerja lainnya, mungkin sudah waktunya untuk duduk dengan atasan Anda dan meminta kenaikan gaji.

10. Jangan Menghindari Hutang

Utang memiliki reputasi buruk karena dianggap menyebabkan kebangkrutan. Tapi mengambil kredit dengan manajemen yang tepat ternyata bermanfaat.

Kredit memungkinkan orang membeli rumah atau membayar kebutuhan mendesak lainnya. Tapi tetap evaluasi keputusan tentang hutang ini dengan mempertimbangkan dampaknya dengan hati-hati.

Ikuti tulisan menarik Mas Santri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB