x

Iklan

Iwan Singadinata

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pramuka Kwarcab Tasikmalaya Peringati Hari Sumpah Pemuda

Ruhimat dengan semangat tinggi mengemukakan bahwa “Pramuka tidak pernah melakukan perbuatan yang tercela di perjalanan hidup bangsa ini”.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gerakan pramuka ketika melakukan upacara apapun, pramuka selalu beda dengan organisasi yang lain, gerakan pramuka selalu mengisi dengan kegiatan yang lebih baik dan “Pramuka tidak pernah melakukan perbuatan yang tercela di perjalanan hidup bangsa ini”.

 

Ketua DPRD yang juga Kakwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, H.Ruhimat SPd,MPd. Melaksanakan dan menjadi inspektur upacara peringatan sumpah pemuda ke 89 bertempat dilapangan parkir Gedung Pramuka Mangunreja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam memberikan amanah sambutannya didepan adik-adik peserta upacara mengatakan, bahwa gerakan pramuka ketika melakukan upacara apapun, termasuk malaksanakan peringatan pada hari ini (29/10/17), pramuka selalu beda dengan organisasi yang lain, gerakan pramuka selalu mengisi dengan kegiatan yang lebih baik.

Dan menurutnya yang paling dibanggakan, untuk pertama kalinya gerakan pramuka diberi kepercayaan dan pengakuan penuh dari Lembaga BAWASLU Republik Indonesia dalam rangka pelaksanaan Pilgub Jawa Barat tahun 2018, Pramuka satu-satunya ormas yang dilibatkan untuk melakukan pengawasan, Pramuka dalam sejarah perjuangan Republik dari dahulu hingga kini, Ruhimat dengan semangat tinggi mengemukakan bahwa “Pramuka tidak pernah melakukan perbuatan yang tercela di perjalanan hidup bangsa ini”.

Pengabdian Pramuka ditatar sunda khususnya di kabupaten Tasikmalaya, sudah menunjukan eksistensinya, disamping itu juga dalam rangka Raida dan penerimaan  sako setelah ikut raida di provinsi jawa barat nanti, setahap demi setahap gerakan pramuka harus bisa membuktikan dan mewujudkan cita-citanya, bukan hanya bisa sekedar upacara, perkemahan atau disini senang disana senang, kader pramuka sudah mulai mengenalkan dan tercium masyarakat dalam melangkah pasti memperlihatkan ketangguhan kepemimpinan dan kemandiriannya.

Ruhimat mendengar dalam pelaksanaan peringatan Sumpah Pemuda kali ini, salah satu kadernya sampai memecahkan tabungannya untuk mensukseskan acara besar ini, diakui karena memang  anggaran dan kegiatannya selalu mandiri, jangankan pengorbanan materi serta harta benda nyawapun rela kita korbankan  demi kepentingan bangsa dan Negara.

Diingatkan pula bahwa para pendahulu bersumpah untuk kejayaan bangsa, jangan coba-coba untuk menghianati atas sumpah kita yang diucapkan di hari sumpah pemuda, karena merupakan konsekwensi yang besar pada amanah para pemuda terdahulu dan pertanggung jawaban di akhirat nanti, ungkapnya.

Engkos Koswara Ssos,MSi. Wakakwarcab, selaku panitya pelaksana, mengatakan bahwa kegiatan peringatan  sumpah pemuda juga akan dilakukan pengukuhan peserta raimuna daerah dan penerimaan  anggota baru bagi satuan komunitas pramuka seni religi serta sosialisasi Panwaslu, yang jelas bagaimana peran pramuka di masyarakat bisa meneladani kiprahnya dalam berbangsa dan bernegara sebagai wujud satu nusa, satu bangsa, satu bahasa dan kesetiaan pada NKRI.

Singaparna, kabupaten Tasikmalaya.(29/10/2017)

Iwan Singadinata

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Iwan Singadinata lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu