x

Iklan

Prabu Bathara Kresno

PNS Kementerian Sosial RI
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kemensos: 'November Tuntas' di Wilayah Blankspot Area

Kemensos Pastikan Penyaluran PKH di Wilayah Blankspot Area

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jakarta (31/10/2017) – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan “kehadiran semua pejabat tinggi pratama di lingkungan Kemensos merupakan komitmen kami untuk memaksimalkan november tuntas.” Hal tersebut disampaikan, Khofifah, pada kesempatan rapat Percepatan Penyaluran PKH Tahap IV “November Tuntas” di kantor Kementerian Sosial, Jakarta (31/10).

Kesuksesan "Agustus Tuntas" yang dilaksanakan Kementerian Sosial (Kemensos) telah memacu kinerja semua pihak untuk menyukseskan "November Tuntas" yang merupakan  konsistensi dalam menyukseskan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2017 ini. Selain itu, juga sebagai persiapan menyukseskan perluasan jangkauan PKH menjadi 10 juta penerima manfaat PKH.

Khofifah juga menyampaikan, “apa yang sudah kita lakukan saat ini sudah on the track, efektifitas ketepatan sasaran dan penurunan kemiskinan dan gini rasio. Tapi kita akan terus memaksimalkan efektifitas terutama dari targetingnya."

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rapat yang juga dihadiri oleh para Pejabat Eselon I dan Pejabat Eselon II dilingkungan Kemensos, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan unsur Himbara (BNI, BRI, BTN dan Mandiri). Mengusung konsep untuk menyusul sukses "Agustus Tuntas" dalam penyaluran bantuan sosial PKH non tunai pada bulan november mendatang, dengan menurunkan seluruh pejabat Eselon I dan pejabat Eselon II untuk memantau secara langsung pencairan PKH tahap IV dilapangan.

"Format pelaksanaan november tuntas sudah mengerucut dan dalam pelaksanaannya akan turun bersama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara), “ ujar Khofifah.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat, menyampaikan "kali ini, para pejabat Eselon I dan Eselon II di lingkungan Kemensos akan di turunkan ke daerah-daerah sulit, daerah remote atau daerah dengan area blankspot."

Selain itu, kesiapan pelaksanaan November Tuntas juga akan memaksimalkan  inovasi teknologi penyaluran bantuan sosial non tunai secara offline dengan menggunakan mesin “EDC Offline” yang telah launching pertama kali oleh Menteri Sosial di Pacet, Kabupaten Mojokerto (22/10) yang lalu, untuk dapat menjangkau penyaluran PKH di wilayah blankspot area.

Sebagaimana diketahui, bahwa selama ini penyaluran bantuan sosial non tunai PKH menggunakan mesin EDC online yang sangat mengandalkan sinyal selular. Namun, dengan keberadaan EDC offline ini, maka hambatan tersebut dapat teratasi.

 "Mohon para penanggung jawab yang sudah ditunjuk agar segera melakukan langkah-langkah koordinasi kepada pihak terkait agar pelaksanaan penyaluran bantuan sosial PKH tahap IV tepat waktu" harap Harry.

Pelaksanaan “November Tuntas” direncanakan akan mulai dilaksanakan pada tanggal 6 November 2017. (KAS/JSK)

 

Ikuti tulisan menarik Prabu Bathara Kresno lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler