x

Iklan

Afif Saputra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Keberlangsungan Hidup Spesies Baru Orangutan Terancam

Sayangnya deforestasi dan kebakaran hutan bisa mengancam setiap spesies baru yang ditemukan di hutan Indonesia untuk bertahan hidup.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peneliti mengumumkan penemuan sebuah spesies baru orangutan di Sumatera Utara. Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) [1] adalah sebuah tambahan spesies baru di kelompok kecil ‘great apes’ dalam kurun waktu satu abad terakhir, bergabung bersama orangutan Sumatera, orangutan Kalimantan, manusia, gorila, bonobo, dan simpanse. [1]

Populasi orangutan Tapanuli secara genetik dan morfologi diperkirakan kurang dari 800 individu yang tersisa, terkonsentrasi di sejumlah kecil fragmen hutan dengan luas sekitar 1.000 kilometer persegi di kabupaten Tapanuli Tengah, Utara, dan Selatan. Habitat perbukitan mereka kini terancam oleh pembangunan industri dan pertanian, termasuk pengembangan pembangkit listrik tenaga air yang dapat berdampak hingga delapan persen dari habitat mereka yang tersisa, demikian kata peneliti.

"Sayangnya deforestasi dan kebakaran hutan bisa mengancam setiap spesies baru yang ditemukan di hutan Indonesia untuk bertahan hidup. Ketika keanekaragaman habitat di Indonesia terus memberikan kejutan kepada kita, begitu pula dengan kurangnya proteksi dari pemerintah," ujar Ratri Kusumohartono, Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bulan Agustus lalu, KLHK menerbitkan sebuah laporan orangutan Sumatera dan Kalimantan yang menyebutkan populasi orangutan menyusut dari survei sebelumnya yang dilakukan tahun 2004 dan mengatakan kerusakan habitat sebagai salah satu penyebab utama [2]. Jumlah orangutan ditaksir kini sebanyak 0,13 hingga 0,47 individu per kilometer persegi. Menurun dari 0,45 hingga 0,76 individu per kilometer persegi.

"Perusahaan terus melakukan ekspansi bisnis sawit dan kertasnya di hutan dan lahan gambut di mana beberapa wilayah merupakan habitat terakhir orangutan. Sejumlah orangutan yang tersisa seperti di hutan di Batang Toru-Sumatera Utara dan Sungai Putri-Kalimantan Barat seharusnya bebas dari industri apa pun bila kita ingin menyelamatkan satwa Indonesia yang paling ikonik ini," tambah Ratri.

Orangutan Tapanuli baru ditemukan para peneliti di akhir 1990-an. Dalam publikasi mereka mengenai deskripsi spesies baru ini, peneliti menggunakan perbandingan genetik untuk memperkirakan bahwa orangutan Tapanuli terpisah dari orangutan Sumatera sekitar 3,38 juta tahun silam. Orangutan Tapanuli memiliki perbedaan dalam pola makan, suara, ukuran dan bentuk tengkorak, dan warna dan model rambut, diantara aspek unik dalam hal perilaku dan penampilan.

 

Catatan:

[1] ‘Morphometric, Behavioral, and Genomic Evidence for a New Orangutan Species’, Current Biology (journal) http://www.cell.com/current-biology/fulltext/S0960-9822(17)31245-9

[2] Siaran pers terkait laporan Population and Habitat Viability Assessment (PHVA) Orangutan Indonesia Tahun 2016 http://www.greenpeace.org/seasia/id/press/releases/Pemerintah-Tidak-Serius-Melindungi-Orangutan/

Ikuti tulisan menarik Afif Saputra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu