x

Iklan

viafahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pentingnya Bahasa Arab

Mempelajari bahasa Arab tidak kalah pentingnya seperti mempelajari bahasa Inggris, karena kini bahasa Arab menjadi bahasa yang mendunia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

            Dengan sederhana, bahasa dapat diartikan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas di dalam hati. Akan tetapi lebih jauh bahasa bahasa ialah alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi, dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan. Di dalam studi sosiolinguistik, bahasa diartikan sebagai sebuah sistem lambang yang berupa bunyi, bersifat arbitrer, produktif, dinamis, beragam dan manusiawi.

            Bahasa ialah sebuah sistem, itu artinya, bahasa dibentuk oleh sejumlah komponen yang berpola dengan tetap dan dapat dikaidahkan. Sistem bahasa berupa lambang-lambang bunyi, setiap lambang bahasa akan melambangkan sesuatu yang disebut makna atau konsep. Karena setiap lambang bunyi itu mepunyai atau menyatakan suatu konsep atau makna, maka dapat disimpulkan bahwa setiap suatu ujaran bahasa mempunyai arti.

             Bahasa merupakan sarana untuk mempermudah terjadinya sebuah interaksi di antara manusia. Allah menciptakan manusia dengan perbedaan suku, ras, bahasa dan keanekaragaman yang lain. Karena perbedaan tersebut, kita harus saling mengenal dengan yang lain. Bahasa Internasional kita adalah bahasa Indonesia, dari Sabang hingga Merauke terdapat ribuan ragam bahasa, namun untuk mempermudah komunikasi dengan suku yang lain, dengan menggunakan bahasa Indonesia. Ada beberapa fungsi bahasa yakni:

  1. 1.     Fungsi Personal atau Pribadi
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Artinya, si penutur menyatakan sikap terhadap apa yang dituturkannya. Si penutur tidak hanya mengungkapkan emosi lewat bahasa, namun juga memperlihatkan emosi itu sewaktu menyampaikan tuturannya.

  1. 2.     Fungsi Direktif

Dilihat dari sudut pendengar atau lawan bicara, bahasa berfungsi secara direktif, yakni mengatur tingkah laku pendengar.

  1. 3.     Fungsi Fatik

Jika dilihat segi kontak antara penutur dan pendengar, maka bahasa bersifat fatik. Itu artinya bahasa berfungsi menjalin hubungan, memelihara, memperlihatkan perasaan bersahabat atau solidaritas sosial.

  1. 4.     Fungsi Referensial

Fungsi referensial ini yang melahirkan paham tradisional bahwa bahasa itu ialah alat untuk menyatakan pikiran, untuk menyatakan bagaimana si penutur tentang dunia di sekelilingnya.

  1. 5.     Fungsi Metalingual atau Metalinguistik

Fungsinya di sini bahasa digunakan untuk membicarakan atau menjelaskan bahasa. Hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran bahasa di mana kaidah-kaidah bahasa dijelaskan dengan bahasa.

  1. 6.     Fungsi Imajinatif

Fungsi imajinasi ini biasanya berupa karya seni seperti puisi, cerita, dongeng dan sebagainya yang digunakan untuk kesenangan penutur atau para pendengarnya.             

Nah, mari kita coba memperluas kawasan, bahasa Internasional yang kita kenal adalah bahasa Inggris. Digunakan para turis untuk berkomunikasi saat berkunjung ke negara lain. Selain itu, juga mempermudah dalam kejelasan berjalannya sebuah komunikasi tersebut.

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, tapi masih ada lagi bahasa yang mendunia, yakni bahasa Arab. Hampir dalam satu abad yang lalu, bahas aArab merupakan bahasa yang terpenting dalam kehidupan, mencuat melebihi bahasa yang lain. Karena pada saat itu kehidupan islam atau negara islam sangat memprioritaskan bahasa Arab tersebut.

Mungkin di zaman sekarang orang banyak berburu atau ingin bisa menguasai bahasa Inggris. Tetapi bahasa Arab juga harus diprioritaskan, karena:

1.      Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an

Di seluruh dunia mushaf Al-Qur’an pasti menggunakan bahasa Arab, hanya saja diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa agar mudah dipahami.

2.      Banyak sejarah-sejarah menggunakan bahasa Arab, khususnya sejarah islam dan peradabannya.

3.      Bahasa Arab merupakan bahasa akhirat, kita mati dan berada di dalam kubur bersama malaikat, kita ditanyai juga dengan bahasa Arab  “(?? ???? ) atau siapa tuhanmu?”

Tapi, sesuai denga fakta yang ada, semakin berkembangnya zaman ini semakin sedikit pula orang yang peduli yang mau mendalami bahasa Arab. Hanya di pesantren-pesantren taupun sekolah yang berbasis islam saja yang mau menjadikan bahasa Arab sebagai mata pembelajaran. Padahal kita sudah tau bahwa belajar bahasa Arab juga pentinguntuk kedepannya. Banyak kita jumpai buku-buku mengenai kesehatan, praktikum, pemdalaman agama juga menggunakan bahasa Arab.

Jadi, bahas Arab sangatlah penting bagi kehidupan kita, karena islam saat islam sudah tegak kembali, bahasa Arab akan menjadi prioritas dalam kehidupan. Karen asesungguhnya bahasa itu mudah untuk dipelajari jika terdapat kemauan dalam diri ini.

 

Ikuti tulisan menarik viafahra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler