x

Iklan

Siti ulan Dari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 April 2024

Jumat, 26 April 2024 07:15 WIB

Cara Teknologi Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia

Salah satu aspek penting dari peran teknologi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat adalah akses informasi yang lebih cepat dan luas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada saat ini perkembangan teknologi semakin pesat sehingga semakin cepat dan mudah dalam mengakses komunikasi dan memperoleh informasi. Hampir seluruh manusia di Indonesia bahkan dunia menginginkan segala sesuatu yang menjadi lebih praktis. Kemajuan teknologi ini sudah menyatu dalam  kehidupan sehari-hari.

Namun, terlepas dari kecangihan fitur yang ditawarkan di era digital saat ini, dan dibalik semua kecanggihan teknologi ini hal tersebut pasti akan membawa dampak positif dan negatif bagi manusia. Maka dari itu, literasi digital ini sangat diperlukan sebagai acuan agar lebih terarah dalam penggunaan teknologi, khususnya informasi dalam berkomunikasi, seperti contohnya: media online, pesan instan, email dll. Keterampilan komunikasi ini sangat penting bagi remaja untuk memahami cara berkomunikasi dengan orang lain secara kehidupan online.

Bahkan literasi digital ini sangat penting bagi kehidupan sehari-hari agar generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa paham dan mengerti  mana informasi yang harus diterima dan yang harus dicari kembali sumber kebenarannya. Sebab, semakin cangih teknologi dan informasi semakin banyak pula oknum yang tidak bertanggung jawab dengan informasi yang mereka posting.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan badan pusat statistik (BPS) mencatat, persentase penggunan telepon genggam di Indonesia mencapai 67,88% pada 2022, angka ini meningkat 2,01% poin dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 65,87%.

Kemajuan teknologi komunikasi internet, selain memberikan dampak positf bagi generasi muda khususnya pelajar atau mahasiswa, juga membawa dampak negatif yang sulit di hindari. Sehingga dapat menimbulkan permasalahan dan kekhawatiran bagi kalangan orang tua dan masyarakat. Mengingat dampak negatif ini dapat mengakibatkan melemahnya ketahan sosial dan budaya, maka diperlukan cara untuk mencegah kelemahan moral generasi muda sebagai generasi muda.

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghadapi dampak negatif pengguna internet. Pertama, mengatur waktu penggunaan internet, menggunakan internet yang berlebihan dapat menyebabkan masalah, seperti kecanduan internet, penurunan prestasi akademik, dan gangguan dalam tidur. Oleh karena itu, penting untuk mengatur penggunaan internet. Kedua, menghindari konten yang tidak pantas atau berbahaya. Internet adalah tempat yang  luas beragam, dan ada banyak konten yang tidak pantas atau berbahaya, oleh karena itu, penting untuk menghindari konten ini dan menggunakan internet yang hal-hal positif dan bermanfaat. Generasi muda harus di dorong untuk membedakan antara informasi yang dapat dipercaya dan yang tidak, dan mengembangkan pemikiran kritis yang diperlukan untuk menafsirkan informasi dengan bijak.

Dampak positif dari literasi digital untuk masyarakat, pelajar, mahasiswa agar mempermudah mencari data dan informasi dari berbagai media, untuk membantu proses pembelajaran agar dapat membedakan sumber-sumber pelajar yang benar dan dapat memberikan yang bermanfaat.

Teknologi memiliki peran besar dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, tetapi penggunaanya harus diatur dengan bijak untuk meminimalkan dampak negatif.

Ikuti tulisan menarik Siti ulan Dari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan