x

Iklan

nardi hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

JURUS NGAWUR YANG TERSTRUKTUR

Sebuah Konsep Indah mengenai cara bertahan di Era VUCA. Cara berjaya dengan tindakan ngawur yang terstruktur. Pasti Bermanfaat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TERKADANG NGAWUR ADALAH PILIHAN TERBAIK

 

Just Do It is better than doing nothing

Good Job Nike

 

(ada baiknya sebelum membaca tulisan ini anda melihat video dibawah ini terlebih dahulu)

https://www.youtube.com/watch?v=9UPTNttVNyE&t=

Kita mulai tulisan ini dengan ilustrasi tanya jawab antara saya (Mr.NH) dengan paijo (P)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

P          : Bagaimana cara menembak dalam gelap?

Mr. NH  : Tergantung?

P          : Kok tergantung??

Mr. NH  : Ada sasarannya , atau tidak?

P          : Ada dong!! (mulai kesal)

Mr. NH  : Sabar dulu om, pertanyaan berikutnya , Harus Kena Ga?

P          : (MAKIN KESEL) Ya Haruslah…..gimana sih…

Mr. NH  : Good…soalnya kalau tidak harus kena mending tidak usah menembak karena hanya akan buang peluru saja. Kalau harus kena lain ceritanya.

P          : Iya gitu doang, anak kecil juga tahu….

Mr. NH  : Untuk menembak di tempat yang gelap, ada sasarannya, dan harus kena solusinya mudah

  1. AKTIF Menembak (otomatis miliki banyak peluru)
  2. Sesuaikan arah sasaran , coba kiri, kanan atas, geser dstnya sampai akhirnya…(intinya ADAPT)
  3. KENA….(ACHIEVE) apabila sudah kena. Itulah polanya…

P          : Ooooo

Mr. NH  : Paham Ora Jo?

P          : diam saja….(entah paham atau tidak…yasudahlah)

 

BLUEPRINT KEYAKINAN YANG SALAH MENGENAI NOTHING TO LOSE

 

Mari kita pahami terlebih dahulu bahwasanya ada blueprint yang seringkali salah mengenai mencapai mimpi, tujuan, target. Banyak yang beranggapan bahwa ungkapan “Nothing to lose” artinya adalah kalau mimpi atau target tidak tercapai artinya yasudah, iklaskan, mungkin belum jodoh dll.

Bagi saya ini tidak pas, karena istilah nothing to lose itu akan lebih pas apabila diucapkan oleh seseorang yang baru saja mengalami kegagalan dan  ingin melupakan perjuangan yang pernah dilakukan untuk segera memulai lagi dengan cara lain.

Saya ambil contoh seseorang yang ingin mencoba membuat suatu penemuan, Kemudian pada saat perumusan dia menemukan banyak masalah dan tantangan yang muncul, singkat cerita akhirnya ia mengurungkan niatnya untuk melanjutkan penemuan tersebut sembari mengatakan “Baru ide ini, tidak ada modal yang keluar, nothing to lose lah”  ini adalah blueprint keyakinan yang sangat berbahaya.

Saya katakan berbahaya karena mentalitas ini membuat kita seperti kasus tanya jawab diatas ; Menembak ditempat yang gelap, ada targetnya namun tidak harus kena.

Sementara apabila blueprint keyakinan kita benar, maka bisa dipastikan kita memiliki peluru yang cukup banyak untuk menembak ditempat yang gelap.

BAIK, apabila mengenai keyakinan ini sudah tidak ada masalah, artinya kita mampu untuk menempatkan nothing to lose kita pada tempat yang tepat mari kita lanjutkan membaca.

 

DARKNESS WORLD

            Darkness World disini bukanlah sesuatu yang horror namun cukup menyeramkan, disini saya sedang berbicara mengenai dampak dari VUCA (silahkan tonton video diatas untuk memahaminya). Dunia yang menjadi semakin unpredictable ini membuat kita ibarat menembak target ditempat yang gelap. Setelah kita pastikan ada targetnya dan harus kena maka kunci berikutnya adalah 3A (Active, Adapt, Achieve)

Silahkan lihat Video 3A dibawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=q2bfHzK6HLc&t

 

3A

ACTIVE ADAPT ACHIEVE

ACTIVE artinya kita harus bergerak dengan lincah, mencoba segala macam cara, memiliki peluru yang tidak terbatas (untuk itulah blueprint keyakinan kita harus dibenahi terlebih dahulu).

Selain amunisi , aktif juga harus didukung dengan kesediaan untuk mencoba semua posisi, semua arah, dan semua angle. Artinya AKTIF disini adalah sebuah komitmen untuk senantiasa mencoba, pantang untuk menyerah, dan mampu mengatakan NEXT setiap kali gagal.

Dengan aktif mencoba (dibaca NGAWUR) kita akan banyak mengalami kegagalan, banyak menemukan keberhasilan, dan akhirnya dari kedua hal tersebut kita akan mampu untuk bergerak maju.

ADAPT artinya adalah kemampuan kita untuk menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri disini adalah dengan memahami jalan kegagalan dan mengingat pola keberhasilan. Dengan terus-menerus mengikuti pola keberhasilan maka kita akan sampai ke suatu tempat yang dinamakan PENCAPAIAN (ACHIVE)

 

HOW TO “NEXT”

NEXT ini adalah ilmu pelengkap dari 3A, kata NEXT adalah kata super yang senantiasa kita ucapkan manakala kita mengalami suatu kegagalan saat mencoba suatu metode.

Yang sangat wajib diingat adalah sebelum ucapkan NEXT, senantiasa pahami sebab dari kegagalan, supaya jangan sampai kita seperti keledai yang terjebak di lubang yang sama.

Jadi NEXT memiliki 2 proses :

  1. Pertama, Ingat dan Pahami Penyebab Kegagalan
  2. Kedua, Petakan dan Polakan Keberhasilan demi Keberhasilan.

 

PADA AKHIRNYA….

Saya ingin mengajak setiap pembaca tulisan ini untuk senantiasa mencoba. Mencoba itu idealnya adalah hingga berhasil. Keberhasilan di jaman VUCA ini adalah keberhasilan yang didapatkan oleh seseorang yang mau melangkah dan terus mencoba.

 Terkadang Ngawur adalah Pilihan Terbaik,  tentunya ngawur yang terstruktur dengan keyakinan yang benar dan metode yang tepat ; adalah cara terbaik untuk menemukan pola dari VUCA dan akhirnya melampauinya.

 

MASALAHMU BERKAH SESAMAMU

Apabila ada yang ingin bertanya atau berkeluh kesah mengenai SDM, Perusahaan, atau Marketing.

Berikut email saya : nardihidayat@jendelanusantara.co.id

Semua email akan masuk ke Kotak Masuk Pribadi dan saya usahakan sesegera mungkin untuk membalas dengan solusi terbaik versi saya.

Bagi kasus yang sekiranya menarik akan saya buatkan videonya juga.

Apabila keilmuan saya kurang untuk menjawab, akan saya ajak rekan saya yang lebih kompeten untuk menjawab.

 

 

Apabila ada yang bertanya berapa biayanya? Biayanya sangat mahal , yaitu dengan memastikan diri mengamalkan ilmu dan menjadi lebih dahsyat dan luar biasa.

Sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang dipraktekkan.

Salam Sukses Luar Biasa.

 

Nardi Hidayat

PT Jendela Nusantara

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik nardi hidayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler