x

Iklan

Prabu Bathara Kresno

PNS Kementerian Sosial RI
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kolaborasi Kemensos dan Kementan Tanggulangi Kemiskinan

Kemensos membuat gebrakan dengan melakukan kerjasama dengan Kementan tanggulangi kemiskinan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jakarta (19/3/2018) -  Kementerian Sosial (Kemensos) membuat gebrakan dengan melakukan kolaborasi kerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menanggulangi kemiskinan. 

Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan “Kemensos akan bekerja sama dengan Kementan dalam melakukan upaya pengentasan kemiskinan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).” 

"Ini merupakan sinergi antar kementerian, atas arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menekan angka kemiskinan. Beliau tegas berpesan bahwa jangan sampai ada anak-anak bangsa yang tidak tertangani dan setiap ada masalah dengan rakyat, Negara harus hadir," ujar Mensos usai membuka Coaching Fasilitator Bimbingan Pemantapan SDM PKH di Harris Vertu Hotel Jakarta, Senin (19/3).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Upaya Kemensos bersama Kementan merupakan bagian dari mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo," tuturnya. 

Nawacita yang dimaksud adalah poin ke-3 adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. 

Kemudian Nawacita poin ke-5 yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program "Indonesia Pintar"; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program "Indonesia Kerja" dan "Indonesia Sejahtera" dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam sambutannya menyatakan siap memberikan dukungan kepada Kemensos.

“Saya harapkan, dalam waktu dekat ia berharap kerja sama ini dapat segera direalisasikan,” ujar Amran.

Bentuk kerja sama yang akan dilakukan, lanjutnya, dalam bentuk pemberian bibit pertanian gratis untuk KPM PKH yang bergerak bidang pertanian dan perkebunan. Kementan juga akan memberikan bantuan bibit ayam sebanyak 10 juta ekor untuk mendorong KPM PKH berternak. 

"Misalnya di Kawasan Timur Indonesia kita akan berikan bibit rempah-rempah, kakao, dan cengkeh. Kemudian untuk wilayah lainnya ada juga bibit jagung, padi, dan kedelai. Jadi kita sesuaikan bantuannya dengan kondisi di mana KPM PKH berada," terangnya. 

Sementara itu, kehadiran Amran atas undangan langsung oleh Mensos tampak membuat peserta terkejut sekaligus senang. Saat Mensos memasuki ruangan bersama Mentan, peserta kegiatan seketika berdiri dan menyambut dengan tepuk tangan riuh. 

"Saya senang dapat hadir di sini dan harapannya kolaborasi dua kementerian ini semakin efektif dalam mempercepat penanganan kemiskinan terutama para petani," tutur Amran. 

Untuk diketahui saat ini jumlah keseluruhan SDM Pelaksana PKH pada tahun 2018 sebanyak 40.413 orang. Sementara Jumlah Penyuluh Pertanian mencapai 44 ribu yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia.  

Mensos mengatakan Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan secara tegas meminta agar program prioritas nasional khususnya yang berada di bawah tugas dan tanggung jawab Kementerian Sosial dikawal dengan serius dan sungguh-sungguh. 

PKH, lanjutnya, menjadi salah satu dari 12 Program Unggulan Presiden Joko Widodo dan merupakan program nasional dengan 10 juta penerima manfaat pada tahun 2018. Sebanyak 11 program lain yang juga menjadi program unggulan adalah Sertifikasi Tanah, Perhutanan Sosial, Penanggulangan Asap Sumatera dan Kalimantan, Elektrifikasi, Sejuta Rumah, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Start-Up, Dana Desa, Infrastruktur, Waduk dan Irigasi, dan Bank Wakaf Mikro. PKH termasuk dalam program unggulan katagori Program Perlindungan dan Jaminan Sosial yang di dalamnya juga terdapat Program Indonesia Pintar (PIP) dan Program Indonesia Sehat (PIS). (KAS/JSK)

Ikuti tulisan menarik Prabu Bathara Kresno lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB