x

Iklan

wono catur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Material Batu Kapur Ideal untuk Pondasi Rabat Beton

Jalan dukuh Selowire yang akan dirabat beton kini sedang diurug personil Koramil 18/Winong dengan menggunakan batu kapur agar pondasi lebih padat/kuat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PATI-Menganalisa kelayakan tanah yang distabilkan dengan batu kapur sebagai lapisan pondasi bawah pada suatu pekerjaan jalan. Menggunakan material batu/tanah kapur sebagai bahan urugan, karena batu kapur memiliki daya dukung yang cukup memadai sebagai dasaran rabat/cor beton.

Seperti yang dilakukan personil TNI Koramil 18/Winong pagi ini, Rabu (28/03/18). Dipimpin Pelda Sutar melaksanakan pengurugan sebagian ruas jalan yang rencana akan dirabat beton dalam program TMMD di desa Godo Kecamatan Winong. Mereka mengurug jalan dengan menggunakan batu kapur sebagai pondasi rabat beton. Batu kapur didapat disekitar dukuh Selowire sehingga material pengurugan mudah sekali didapat.

Menurut keterangan Bati Tuud Koramil 18/Winong, pada timbunan tanah untuk pembangunan sebuah pekerjaan jalan harus dipadatkan, dengan bertujuan untuk menambah volumenya. Pemadatan berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tanah. "Dengan demikian akan mendukung rabat beton diatasnya serta mengurangi penurunan tanah yang tentunya tidak kita inginkan, "jelasnya. (Wono/Jasm)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik wono catur lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler