x

Iklan

falgema simanjuntak

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Indonesia Darurat Hoax! Mari Bersikap Bijak Melawan Hoax

berita bohong alias hoax kian lama kian berkembang luas dan mengeregoti berbagai golongan masyarakat indonesia. mari bersama memberantas hoax

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

indonesia sebuah negara yang amat besar dengan segala sumber daya yang melimpah, kalimat itu merupakan ungkapan yang memiliki kebanggan tersendiri akan negara indonesia. Namun disisi lain indonesia darurat akan berita bohong atau yang sering di sebut dengan "Hoax". Mendengar kata hoax bukanlah hal yang langkah didengar di telinga masyarakat indonesia, Hoax kian lama kian menggerogoti pemikiran diberbagai golongan, baik golongan tua, golongan muda bahkan anak anak. Media sosial menjadi sala satu jalan dan alat yang ampuh untuk menyebarkan berita hoax, baik media sosial berupa twitter, facebook atau media sosial lainnya. perkembangan tehnologi yang  semakin canggih  mempermudah jalannya penyebaran hoax tersebut dikalangan masyarakat. kebayakan hoax itu terjadi karena perkembangan media sosial yang tidak di imbangin oleh pengetahuan dan penyaringan.

Munculnya suatu berita yang menyangkut tentang hal yang sedang viral di perbincangkan di indonesia menjadi sala satu sasaran utama perkembangan hoax. berita tersebut akan meluas di masyarakat walau belum tentu benar adanya. dan masyarakat luas menerima begitu saja berita tersebut tanpa menelaah terlebih dahulu dan hal itu yang mengakibatkan munculnya pendapat pendapat baru yang bertentangan yang tidak akan menyelesaikan permasalahan. oleh karena itu mari bersifat bijak dalam menerima informasi, apabila ada berita yang muncul ada baiknya menunggu kebenaraanya terlebih dahulu, melakukan penyaringan terlebih dahulu dan tidak tergesa gesa untuk percaya terhadap berita, memastikan link yang di gunakan resmi atau berusaha mencari kebenaraanya dari berita lainnya yang lebih mengetahui dalam bidang tersebut sebelum memberi tanggaban atau menyebar luaskan berita. selain dari pada itu kita juga dapat mengimbangi tehnologi dengan imu pengetahuan. Seiring perkembangan jaman ilmu pengetahuan akan semakin canggih,maka untuk dapat mengimbanginya kita harus membekali diri kita dengan pengetahuan dan wawsan yang luas. Mari bertidak Mari bersama melawan hoax, mari bersama memberantas berita bohong, jangan biarkan hoax semakin lama semakin meraja lela di negeri tercinta indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik falgema simanjuntak lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler