x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Babinsa Kintelan Koramil Puri Bantu Petani Panen Jagung

Mojokerto, -Babinsa KintelanKoramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Serda Yudi Setiyanto melaksanakan pendampingan sekaligus membantu petani saat panen

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, -Babinsa KintelanKoramil 0815/04 Puri Kodim 0815 Mojokerto Serda Yudi Setiyanto melaksanakan pendampingan sekaligus membantu petani saat panen jagung di Dusun Sumberejo Desa Kintelan Kecamatan Puri Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (30/11/2018).

Pantauan Babinsa setempat, Serda Yudi Setiyanto, panen jagung varietas Super Hibrida BISI-18 yang berumur 110 hari berlangsung di lahan seluas 0,5 hektar milik Khoirul, Poktan Marsudi Mulyo-2 Dusun Sumberejo Desa Kintelan, perkiraan hasil mencapai 4,6 ton dan dalam satu hektar diprediksikan mencapai 9,2 ton.

Menurut Babinsa, hasil panen tersebut tergolong maksimal, padahal saat masa pertumbuhan di lokasi tersebut pasokan air mulai berkurang sehingga untuk mengatasinya menggunakan pompanisasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara pemilik lahan, Khoirul, yang berada di lokasi mengatakan, hasil panen ini tergolong bagus. Dirinya juga sangat senang karena saat panen mendapat pendampingan dan dibantu Babinsa.  “Terima kasih untuk Babinsa dan PPL yang selalu aktif mendampingi petani,” ungkapnya.

Masih di wilayah Puri, kegiatan panen jagung juga berlangsung di Dusun Geger Desa Plososari.  Panen jagung di lahan seluas 0,7 hektar, milik Sutarno, yang ditanami jenis jagung Pioneer-21 berumur 110 hari menghasilkan 6,16 ton dan diprediksikan dalam satu hektar mencapai 8,8 ton.  Di lokasi ini, panen jagung mendapat pendampingan dari Babinsa Plososari Sertu Imran.

Terpisah, Danramil 0815/04 Puri Kapten Inf Sumiarso mengungkapkan, pendampingan ketahanan pangan ini merupakan tugas tambahan Babinsa guna memaksimalkan pencapaian swasembada pangan di wilayah.

“Ini bentuk peran serta TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah guna mendukung dan mensukseskan swasembada pangan yang ditargetkan Dinas Pertanian maupun Kementan RI,” ungkapnya.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler