x

Iklan

hadi kesumo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Manfaat Internet (YOUTUBE) Dalam Proses Belajar Masa Kini

Di masa kini kemajuan teknologi sudah berkembang luas di berbagai kalangan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pemanfaatan media dalam pembelajaran keterampilan berbahasa berbasis TIK sangat diperlukan bagi pengembangan wawasan serta pencarian informasi sehingga siswa akan lebih semangat karena dengan inovasi baru siswa dapat mengubah pola pikir yang kaku menjadi terbuka.

 

Dengan demikian media merupakan alat yang harus ada disekolah. Memanfaatkan media pembelajaran dikelas sangat menguntungkan bagi siswa serta guru. Di masa kini kemajuan teknologi sudah berkembang luas di berbagai kalangan. Sebagai contoh, masyarakat saat ini cenderung menggunakan teknologi dalam beraktifitas dan mencari informasi pekerjaan, menyelesaikan pekerjaan bahkan mencari informasi melalui internet. Internet telah berkembang dengan pesat. Melalui media internet, setiap orang dapat mengakses berbagai informasi yang bermanfaat untuk pengembangan setiap individu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Berbagai informasi yang terdapat di internet dapat dipergunakan untuk bahan pengajaran. Bahan pengajaran melalui internet umum nya lebih up to date , sehingga banyak peserta didik yang tertarik untuk membaca dan mengakses nya. Salah satu media pembelajaran yang dimaksud adalah Youtube. Di Indonesia sendiri belum begitu banyak sekolah yang menerapkan teknologi di dalam kelasnya. Ketika teknologi mulai dipasang pastinya mereka akan mau mencoba memakainya.

 

Tetapi kalau mereka tidak mengerti bagaimana bisa untuk memanfaatkannya dengan baik. Lebih buruk lagi kalau ada sekolah yang sudah ada teknologi yang bisa dipakai tetapi tidak bisa dipakai seluruhnya oleh para guru. Karena bisa saja mereka tidak mengerti menggunakannya, atau saja karena mereka mengambil sikap antipati dalam penerapan teknologi dalam pembelajaran di kelas. Masih ada banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas teknologi untuk bisa mengakses ke dunia pendidikan yang lebih luas. Padahal kalau tidak ada teknologi sendiri maka kita seperti terputus dari dunia. Masih ada banyak sekolah, terutama bagian pedalaman yang miskin teknologi. Jika hal ini terjadi, maka pembelajaran di dalam kelas sendiri bisa tidak maksimal karena terbatasnya fasilitas teknologi.

 

Mungkin untuk menemukan seorang guru yang memanfaatkan teknologi di Indonesia sendiri sangatlah sulit. Padahal manfaat yang akan kita rasakan kalau kita bisa memaksimalkan penggunaan teknologi di dalam kelas pastinya akan berdampak begitu besar dan positif dalam kehidupan kita.

 

Biasanya kalau guru hanya menjelaskan secara lisan atau secara visual pastinya murid tidak akan memperhatikan penjelasannya atau sampai tidur mungkin. Bagaimana kalau guru mengikuti perkembangan teknologi dengan memanfaatkan hal-hal yang murid sukai. Kalau materi diubah ke dalam bentuk yang lebih seru, sehingga murid lebih tertarik pada saat pembelajarannya. Misalnya seperti membuat power point untuk menjelaskan materi. Guru juga tidak hanya menulis powerpoint tersebut secara biasa, tetapi memasukan animasi atau gambar-gambar unik agar siswa tertarik dan tidak mudah bosan mendengarkan penjelasan materi dari guru.

 

Banyak sekali sebenarnya manfaat teknologi bagi media pembelajaran siswa. Apalagi pada era ini hampir semua peserta didik memiliki handphone. Selain digunakan untuk komunikasi handphone juga bisa di gunakan untuk mencari materi pelajaran di google. Sudah saatnya bagi para pendidik untuk memanfaatkan youtube sebesar-besarnya. Bukan hanya untuk mencari video, namun juga untuk mengunggah video-video yang dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran. Upaya optimalisasi youtube dalam dunia pendidikan dengan demikian dapat dilakukan dalam dua cara. Pertama, youtube dapat digunakan untuk mencari dan mengunduh video-video yang relefan dalam proses pembelajaran. Kedua kita bisa mencari materi pembelajaran di youtube dalam bentuk powerpoint dan sejenisnya yang lebih mudah di mengerti oleh siswa.

 

Salah satu contoh nya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Teks Berita dimana siswa di tuntut untuk mencari tau berita atau isu yang sedang hangat diperbincangkan di lingkungan sekitar. Beberapa siswa memiliki minat baca yang rendah sehingga siswa lebih suka menyimak. Dalam menyimak tersebut siswa bisa mencari berita di youtube. Karna biasanya tayangan berita di televisi akan tayang juga di konten youtube masing-masing chanel.

 

 

Biodata Penulis

Nama                  : Tiwi Nurul Khakiki

Tempat Tanggal Lahir  : Karawang, 16 Mei 1995

Alamat                : Jl. Industri No 29 Cikarang Bekasi

Pendidikan            : Sekolah Pasca Sarjana Uhamka

                        Prodi Bahasa Indonesia (1709057016)

Ikuti tulisan menarik hadi kesumo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB