x

Iklan

gorilnakal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ayo Sholat Tahajud Karena Berdalil Dan Penuh Keutamaan

Yuk kita Sholat Tahajud, namun agar lebih meykinkan pelajari dulu dalil dan keutamaannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sholat merupakan tiang agama, dan hukumnya wajib dikerjakan, karena perkara Sholat amatlah penting didaulat sebagai tiang agama. Islam memilih kata "dirikanlah" Sholat ketika memerintahkan umat untuk menunaikannya.

Hal ini membuktikan bahwa Sholat itu ibarat sebuah bangunan dimana harus berdiri dan setiap waktu merupakan bagian-bagian dari bangunan tersebut yang harus dilaksanakan untuk memastikan bangunan tersebut berdiri.

Dalam Islam, setiap umat Islam wajib melaksanakan sholat fardhu sebanyak 5 waktu setiap harinya. Ini ibadah yang tiada dalil apapun untuk melalaikannya, kecuali tertidur atau terlupa, namun wajib hukumnya tuk melaksanakannya ketika terjaga dan teringat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain Sholat Fardhu, Islam juga menghadiahi umatnya berupa Sholat Sunnah yang dapat dimanfaatkan sebagai tambahan terhadap Sholat Fardhu.

Salah satu dari sekian Sholat Sunnah ialah Tahajud merupakan Sholat yang amat besar manfaatnya karena dilaksanakan disaat malam---paling utama sepertiga malam---disaat lelapnya manusia tertidur.

Tahajud sendiri berarti meninggalkan tempat tidur, menggambarkan orang tersebut meninggalkan kenikmatan tidur dan diwaktu nikmatnya tidur untuk beribadah kepada Allah Ta'ala.

Dalil-dalil mengenai Sholat Nafilah yang satu ini sudahlah jelas, tiada keraguan seharusnya bagi siapapun untuk mengerjakan, namun terasa berat karena waktunya.

Adapun dalil melaksanakan Sholat Tahajud adalah:

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (AL ISRAA’ (17) :79).

Sudah jelas sekali bukan dalil untuk mengerjakannya? Dan jika masih tidak mau melaksanakannya tentunya kelewatan.

Lalu bagaimana dengan keutaman Sholat Tahajud?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (kemudian) Dia berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’” (as-Shahih Bukhari wa Muslim).

Keutamaan Sholat Sunnah ini dikerjakan dimana Allah Ta'ala menurunkan RahmatNya sebanyak-banyaknya dan berikrar siapapun yang berdoa padaNya akan terkabul, meminta padaNya akan diberi begitupun yang memohon ampunan padaNya, diampuni.

Sungguh luar biasa bukan? Nah diartikel yang singkat ini saya ingin mengajak saudara dan saudari seiman untuk melaksanakan Sholat Sunnah yang luar biasa penuh keutamaan ini karena sayang sekali dimana pada waktu-waktu Allah Ta'ala berikrar akan mengabulkan, memberikan dan mengampuni namun kita malah lewatkan dengan tertidur apalagi malah sedang berlaku maksiat Nauzubillah Minzalik.

Nah sekarang pertanyaannya apakah anda sudah yakin betapa utamanya Sholat ini? Saya berharap sudah, jika begitu saatnya untuk melaksanakannya malam ini, dan dijadikan amalan rutin, setuju?

Apabila saudara atau saudari seiman belum mengetahui mengenai tuntunannya silahkan pelajari di tata cara sholat Tahajud, disitu Insya Allah anda akan dapati panduan secara tuntas dan lugas mengenai cara melaksanakannya dan Insya Allah sesuai tuntunan Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wa Ala Alihi Wassallam.

Kenapa saya memberitakan ini? Insya Allah jika anda praktekan saya mendapatkan kucuran pahalanya karena memberitakan ini. Dan posting ini yang sebagai dakwah Islam jika tetap tayang selamanya dan ada yang mengikuti ajakan saya Insya Allah menjadi pahala Jariyah buat saya.

Insya Allah bermanfaat buat semua yang membaca artikel ini dan tentu saja saya berharap begitu dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel saya selanjutnya.

Ikuti tulisan menarik gorilnakal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu